Cermati Tanggal Kadaluarsa Pada Produk Makanan

Ditulis oleh Administrator pada Senin, 06 Juni 2016 | Dilihat 4804 kali
Cermati Tanggal Kadaluarsa Pada Produk Makanan

 

Apa Bedanya “Gunakan Sebelum” Atau “Baik Digunakan Sebelum”?

Poin penting dalam memilih produk makanan atau obat yang akan dikonsumsi adalah informasi tanggal kadaluarsanya. Informasi ini berguna sebagai petunjuk bagi konsumen mengenai batas waktu makanan tersebut masih dianggap layak untuk dikonsumsi.

Akan tetapi tanggal yang dicantumkan pada kemasan makanan sebetulnya tidak seragam dalam makna informasinya. Ada beberapa istilah yang digunakan produsen mengenai tanggal penggunaan atau konsumsi yang dicantumkan dalam kemasannya. Dan pemahaman akan hal ini cukup penting agar kita tidak salah dalam membuang makanan yang sebetulnya masih layak untuk dikonsumsi. Tentunya hal ini akan sangat baik dalam mengoptimalkan anggaran belanja.

Mari kita ulas lebih lanjut mengenai tanggal yang tertera di kemasan makanan.

Best Before – Baik Digunakan Sebelum

Label “Best Before” atau “Baik Digunakan Sebelum” memberikan makna bahwa produk makanan yang terkandung dalam kemasan ini masih memiliki kualitas terbaik bila dikonsumsi sebelum tanggal yang tertera.

Apabila makanan tersebut dikonsumsi melewati tanggal yang tertera tersebut, maka kualitas terbaik dari produk makanan akan menurun setelah melewat tanggal tersebut. Tetapi belum tentu membahayakan buat kesehatan selama kemasan masih utuh.

Pencantuman label “Best Before” ini bisa ditemukan pada susu kemasan dan produk makanan yang belum dibuka atau masih dalam kemasannya.

Use Before atau Expire Date – Gunakan Sebelum

Label “Use Before” atau “Expire Date” atau “Gunakan Sebelum” atau “Tanggal Kadaluarsa” memberikan informasi bahwa produk yang terkandung dalam kemasan ini tidak aman bila dikonsumsi setelah melewati tanggal yang tercantum.

Ada kemungkinan unsur-unsur dalam kandungan makanan seperti bakteri akan berkembang setelah tanggal kadarluasa ini. Label ini biasanya di gunakan pada produk obat-obatan, daging atau keju.

Dua label diatas, “Best Before” dan “Use Before”, adalah label yang sering kita temukan pada produk makanan. Ada beberapa macam label lainnya yang kadangkala ditemui di beberapa produk :

Pull Date – Batas Sebelum Penarikan

Label “Pull Date” memberikan informasi mengenai tanggal terakhir pembelian produk ini. Dari tanggal terakhir yang tertera di kemasan ini konsumen masih punya banyak waktu untuk mengkonsumsinya tanpa mengalami kerusakan produk yang dibeli. Label “Pull Date” ini sangat jarang ditemui karena tidak tahu secara pasti mengenai estimasi kapan produk ini masih baik digunakan sejak tanggal terakhir yang tertera di kemasan itu.

Pack Date – Tanggal Dikemas

Label “Pack Date” memberikan informasi kapan produk ini dikemas oleh produsen. Konsumen dapat mengetahui apakah produk ini baru dikemas atau sudah lama.

Sell by Date – Tanggal Masuk Toko

Label “Sell by Date” artinya tanggal produk tersebut mulai dijual di toko atau tempat penjualan lainnya

Ada informasi menarik mengenai beberapa jenis produk makanan yang paling banyak dikhawatirkan oleh konsumen apakah masih layak dikonsumsi setelah melewati tanggal kadaluarsa. Menurut ShelfLifeAdvice.com, produk makanan yang paling dikhawatirkan oleh konsumen untuk dikonsumsi setelah tanggal kadaluarsa adalah susu, keju cottage (cottage cheese), mayonnaise, yogurt, dan telur, Informasi di situs tersebut memberi penjelasan yang bermanfaat sebagai berikut :

Susu: Jika dimasukkan dalam mesin pendingin dengan baik, masih akan tetap aman, bergizi, dan lezat sampai kira-kira seminggu setelah tanggal kadaluarsa. Dan kemungkinan akan tetap aman dikonsumsi lebih lama lagi, meskipun ada penurunan dalam nilai nutrsisi dan rasanya.

Cottage cheese: Cottage cheese yang dipasteurisasi bisa bertahan 10-14 hari setelah tanggal kadaluarsa yang tertera.

Mayonnaise: Dalam keadaan tidak dibuka kemasannya, Kraft mayonnaise yang didinginkan bisa disimpan 30 hari setelah tanggal kadaluarsa atau 3-4 bulan setelah dibuka kemasannya. Hal ini menurut perusahaan tersebut (Kraft) pada  ShelfLifeAdvice.

Yogurt: Yogurt akan tetap baik dikonsumsi kira-kira sampai 7 hingga 10 hari setelah tanggal masa berlakunya.

Telur: Telur yang didinginkan dengan benar seharusnya bertahan 3-5 minggu setelah tanggal masa berlakunya penjualan (sell-by date). Hal ini menurut Profesor Joe Regenstein, seorang ilmuwan makanan dari Cornell University. Catatan: penggunaan tanggal penjualan (sell-by date) atau tanggal kadaluarsa (expiration date) bukanlah merupakan persyaratan federal, di A.S.,  tetapi boleh jadi merupakan persyaratan negara bagian, seperti yang tercantum dalam hukum tentang telur di negara bagian di mana telur tersebut dipasarkan.

 

 

Informasi diatas hanya berupa referensi saja. Keputusannya terletak pada anda sebagai konsumen. Tetapi, terlepas dari informasi tanggal kadaluarsa, jika produk makanan tersebut terlihat berjamur, bau apek atau terlihat rusak, maka sebaiknya jangan ambil resiko untuk tidak mengkonsumsinya. Karena ada kemungkinan terjadi kerusakan pada kemasan, penanganan makanan yang tidak benar atau terkontaminasi unsur lainnya seperti bakteri atau jamur.

Beberapa Tips Bermanfaat

Berbelanja produk makanan, baik untuk konsumsi langsung atau untuk disimpan, akan berhubungan dengan anggaran belanja. Pemahaman mengenai label masa berlaku produk akan membantu optimalisasi anggaran karena dapat menghindarkan adanya makanan yang terbuang karena sudah melewati masa kadaluarsanya sebelum sempat dikonsumsi.

Beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat adalah :

  1. Makanan yang memiliki tingkat kandungan air yang cukup tinggi seperti sayuran, susu segar, ikan atau daging, yang tidak dalam kemasan, sebaiknya cepat dikonsumsi atau disimpan dalam mesin pendingin tapi tidak untuk jangka waktu yang lama. Hal ini karena unsur air merupakan tempat yang baik bagi bakteri untuk berkembang biak dengan cepat. Jadi makanan akan lebih cepat membusuk.
  2. Makanan beku juga perlu diperhatikan dalam lamanya waktu perjalanan dari tempat pembelian hingga masuk dalam mesin pendingin di rumah. Jangan sampai temperaturnya mencapai suhu kamar untuk waktu yang cukup lama. Karena walaupun dalam kemasan, unsur air dalam produk ini masih cukup tinggi.
  3. Sebaliknya pada produk makanan kering yang sudah dikemas dengan baik masih cukup panjang waktunya untuk disimpan. Hal terpenting adalah kemasannya jangan sampai rusak.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Tetap sehat dan fit selalu.

Salam sehat untuk anda,

FreezePage – Food and Beverages Dept.

InfoPromoDiskon.com

Tag: info pendidikan

 
;
;

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer