Fungsi dan Tipe Valve Yang Paling Banyak Digunakan

Ditulis oleh Administrator2 pada Jumat, 14 Oktober 2016 | Dilihat 6249 kali
Fungsi dan Tipe Valve Yang Paling Banyak Digunakan

 

Pengertian Valve

Artikel Freezpage kali ini mencoba membahas mengenai valve dan berbagai tipe yang paling banyak digunakan. Suatu tema yang sangat berbeda dibandingkan dengan artikel sebelumnya, karena rubrik Freezpage sejatinya hanya ingin berbagi informasi dari berbagai sumber dan kontributor untuk memperkaya referensi bersama.

Mungkin sebenarnya kita pernah mendengar istilah Valve dan berbagai tipenya. Valve atau biasa disebut dengan katup adalah sebuah perangkat yang mengatur, mengarahkan atau mengontrol aliran dari suatu fuida (gas atau cairan) melalui pipa atau tubing dengan cara membuka, menutup seluruhnya, atau menutup sebagian saja. Dalam kehidupan sehari-hari, valve juga dikenal dengan nama keran. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai pipa atau tubing dapat dibaca lebih lanjut disini "Perbedaan Tubing dan Pipa".

Karena penggunaan yang begitu luas baik di perumahan atau industri, valve ini adalah salah komponen yang banyak orang sudah sangat familiar dalam penggunaannya. Valve ini banyak digunakan

Untuk bahasan awal, kami akan mengulas tipe valve yang sering kita jumpai pada industri seperti perkapalan, pabrik, minyak dan gas serta lainnya. Walaupun tidak terlalu detail dan hanya terbatas pada beberapa tipe saja, kami berharap mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi referensi yang baik  

Bebeberapa macam valve yang sering digunakan adalah sebagai berikut.

Gate Valve

Bentuk penyekatnya adalah piringan, atau sering disebut disk, yang digerakkan ke atas bawah untuk membuka dan menutup. Biasa digunakan untuk posisi buka atau tutup sempurna dan tidak disarankan untuk posisi terbuka sebagian karena bisa menyebabkan pengikisan pada gate dan pada akhirnya valve tidak dapat bekerja secara optimal.

Gambar. Gate Valve


Globe Valve

Globe Valve adalah valve yang memiliki arah gerak linier dan dirancang sebagai mengatur banyaknya aliran fluida yang mengalir dalam sebuah saluran atau jalur pipa dan juga sebagai stopping (menghentikan aliran fluida). Pada jenis globe valve biasa (konvensional) dapat digunakan sebagai isolasi dan throttling service. Meskipun valve jenis ini menunjukkan sedikit lebih tinggi angka penurunan tekanan di banding dengan valve jenis lain (gate valve, plug dan ball valve).

Gambar. Globe Valve

 

Butterfly Valve

Butterfly Valve adalah valve yang dapat digunakan untuk mengisolasi atau mengatur aliran fluida. Bentuk penyekatnya adalah piringan/disk yang mempunyai sumbu putar di tengahnya. Prinsip kerja valve tipe ini hampir mirip dengan ball valve dimana sama-sama memiliki poros tengah putar yang memungkinkan valve ini menutup dengan cepat. Menurut disainnya, dapat dibagi menjadi concentric dan eccentric. Eccentric memiliki design yang lebih sulit tetapi memiliki fungsi yang lebih baik dari concentric. Bentuknya yang sederhana membuat lebih ringan dibandingkan valve lainnya sehingga dari segi harga dan biaya pemeliharaan relatif lebih murah. Gerak putar valve jenis ini dapat berotasi dengan mudah dan bisa mencapai 90º.

Gambar. Butterfly Valve

 

Ball Valve

Ball valve adalah sebuah valve dengan pengontrol aliran berbentuk disc bulat. Bila dilihat dari penampang melintang bentuknya seperti bola. Bola ini memiliki lubang di tengahnya sehingga ketika posisi lubang tersebut segaris lurus atau sejalan dengan kedua ujung valve/katup, maka aliran akan terjadi. Bila katup tertutup, maka posisi lubang berada tegak lurus terhadap ujung katup, maka aliran fluida akan terhalang atau tertutup.

Gambar. Ball Valve

Check Valve atau Non-Return Valve

Check Valve atau Non-Return Valve memiliki fungsi sebagai mengalirkan fluida hanya ke satu arah saja dan mencegah aliran ke arah sebaliknya. Mempunyai beberapa tipe lagi berdasarkan bagian dalamnya seperti double-plate, swing, tilting dan axial.

Gambar. Check Valave

 

Masih ada beberapa jenis valve lainnya yang biasanya digunakan pada industri. Tetapi tipe valve diatas adalah tipe yang paling umum digunakan. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi yang baik bagi anda.

Salam,

IPD – Rubrik FP

Tag: info pendidikan

 
;
;

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer