Colokan dan Stop Kontak Tipe N

Ditulis oleh Administrator3 pada Rabu, 11 Januari 2017 | Dilihat 3052 kali
Colokan dan Stop Kontak Tipe N

 

Bentuk Fisik Colokan dan Stop Kontak Tipe “N” dan Negara Pengguna

 

         Colokan? Stop Kontak? Tentu itu adalah dua hal yang tidak asing bagi kehidupan anda. Terlebih saat ini, di dalam kehidupan kita tidak bisa terlepas dari yang namanya listrik. Plug dan socket listrik atau dalam bahasa sehari-hari dikenal dengan colokan dan stop kontak awalnya diciptakan oleh Harvey Hubbel dan dipatenkan pada tahun 1904. Karya Hubbel ini menjadi rujukan pembuatan plug dan soket setelahnya dan pada tahun 1915 penggunaannya semakin tersebar. Berbagai macam inovasi tentang pengembangan colokan dan stop kontak di beberapa negara menyebabkan kita saat ini dapat menjumpai berbagai macam colokan di pasaran. Setelah kita membahas mengenai colokan tipe M yang memiliki tiga bilah koneksi dengan bentuk lingkaran dan terletak membentuk segitiga, lalu bagaimana dengan tipe N yang yang menjadi tipe lainnya dan memiliki tiga bilah berbentuk lingkaran juga namun berukuran lebih kecil? Lihat penjelasan berikut ini.

 

Bentuk Fisik

Colokan ini merupakan tipe yang paling banyak digunakan secara eksklusif di Brazil. Colokan tipe N ini jika kita lihat pada gambar di atas memiliki kemiripan dengan colokan tipe C, yaitu konektor yang berbentuk lingkaran kecil. Namun, yang membedakan penggunaan tipe N dan tipe C adalah bentuk tiga garpu/ koneksi yang dimiliki oleh colokan tipe N dan membentuk segitiga, tetapi pada tipe C hanya terdiri dari dua garpu/koneksi yang terletak sejajar satu sama lain. Colokan dan Stop Kontak tipe N merupakan colokan standar resmi yang digunakan di Brasil. Pada tipe N, ada dua tipe varian yaitu 10 Ampere yang memiliki diameter lingkaran 4 mm dan panjang konektornya sebesar 19 mm.Versi kedua yaitu berkekuatan 20 Ampere, digunakan untuk peralatan berat dan memiliki diameter lingkaran 4,8 mm dan panjang konektornya sebesar 19 mm. Antara satu koneksi/pin dengan koneksi lainnya terpisah dengan jarak sebesar 19 mm. Secara khusus, soket jenis N dirancang untuk mengakomodasi jenis colokan tipe C. Jika dilihat dengan saksama, tipe N terlihat sangat mirip dengan tipe standar J Swiss, namun perbedaannya terletak pada pin bumi yang menghubungkan dua pin daya lebih dekat, yaitu 3 mm bukan 5 mm.

Jenis N sebenarnya terilhami pada standar 230 sistem steker V rumah tangga secara internasional yang disebut dengan IEC 60906 – 1. Pada tahun 1986, International Electrotechnical Commission menerbitkan standar ini untuk menjadi standar umum yang digunakan di seluruh Eropa. Sayangnya, upaya untuk membumikannya sebagai standar Uni Eropa harus ditunda pada pertengahan tahun 1990. Biasanya, jenis colokan dan soket tipe N dan tipe C sering digunakan dalam rangka untuk mengakhiri proliferasi antara soket dan steker yang berbeda jenis. Sehingga, Asosiasi Brasil Standar Teknis (ABNT) memutuskan untuk menetapkan standarisasi tipe N yaitu IEC 60906 – 1. Pada tahun 2001, standar ini diadopsi oleh Brazil sebagai NBR 14.136 dan pelaksanaannya dimulai pada tahun 2007. Bagaimanapun jenisnya, standar Norma in Brasileira (NBR) 14.136 tidak sepenuhnya identik dengan IEC 60906 – 1 : Standar NBR memiliki diameter 4 mm untuk 10 A , sedangkan standar IEC memiliki diameter 4,5 mm dan arus maksimum 16 A pada tipe N.

 

Sedangkan untuk bentuk outlet atau stop kontaknya adalah sebagai berikut :

Gambar di atas merupakan bentuk dari stop kontak untuk colokan tipe N. Stop kontak dan colokan tipe N yang dirancang sangat baru memiliki kekuatan yang lebih kompak dan aman daripada sistem steker/ outlet lain di dunia. Standar yang ditetapkan oleh Brasil pada satu jenis plug tunggal dan socket tipe N, tidak menimbulkan beberapa risiko berbahaya. Mengapa? Karena Brasil adalah salah satu dari sedikit negara yang tidak memiliki tegangan standar, tetapi pada saat yang sama hanya memiliki satu jenis soket dan outlet yang resmi. Dengan kata lain, anda tidak bisa menemukan perbedaan antara jenis berkekuatan 220 V dan jenis yang berkekuatan 127 V.

Mayoritas negara banyak menggunakan tipe N yang berkekuatan 127 V, tetapi beberapa dari mereka juga menggunakan tipe N yang berkekuatan 220 V. Artinya, jika anda membeli pengering rambut di Negara Bagian Minas dengan kekuatan 127 V, lalu dicolokkan ke soket berkekuatan 220 , maka barang tersebut akan hancur/ rusak. Sebaiknya, sebelum membeli, pastikan anda memeriksa tegangan lokal sebelum memasukannya ke dalam stop kontak tipe N, walaupun banyak peralatan yang dijual di Brazil dengan standar tegangan ganda.

Sementara itu, colokan dan stop kontak tipe N memiliki jenis colokan dan stop kontak seperti :

  • IEC 60906-1 (Brazilian 10 A and 20A /250 V)

 

Negara Pengguna Stop Kontak dan Colokan Tipe N

            Tipe colokan dan stop kontak N merupakan tipe perangkat listrik yang banyak tersebar dan digunakan secara eksklusif di negara Brazil. Negara-negara bagian di Brasil secara keseluruhan juga menggunakan tipe N seperti Goias, Sao Paulo, Esprito Santo, Parana, Bahia, dan negara bagian lainnya.

 

Simbol

Simbol grafis ini adalah standar yang digunakan pada gambar arsitektur dan single line diagram untuk mewakili soket. Standar symbol ini digunakan untuk memberikan presepsi yang sama antara pembaca dan penulis/desiner.

Soket listrik umum

Multi Soket

Soket untuk telekomunikasi

Referensi

  • AS/NZS 1102.111:1997 - Graphical symbols for electrotechnical documentation
  • IEC 60617-11:1996 - Graphical symbols for diagrams

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Salam,

FP – Electrical Dept

Rubrik FreezPageInfoPromoDiskon.com

Kembali ke :

Daftar Colokan      

Daftar Negara

Tag: info pendidikan

 
;
;

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer