Indikasi Kebocoran Instalasi listrik pada kWh-Meter

Ditulis oleh Administrator2 pada Rabu, 21 Agustus 2019 | Dilihat 3806 kali
Indikasi Kebocoran Instalasi listrik pada kWh-Meter

 

Indikasi Kebocoran Instalasi listrik pada kWh-Meter

Pada tiap rumah memiliki kWh-Meter sebagai alat pengukur penggunaan konsumsi listrik di rumahnya. Pada umumnya kWh-Meter sangat jarang mengalami masalah, akan tetapi bagaimana bila kWh-Meter di rumahmu mengalami masalah? Dan masalah apa saja yang bisa terjadi pada kWh-Meter ini?

Berikut ini ulasannya

Saya mau bertanya, saat saya panggil petugas PLN karena ada masalah listrik di rumah saya yang putus aliran. Ketika petugas tiba, dilihatnya kWh Meter langsung divonis bahwa ada kebocoran daya di instalasi rumah saya. Dijelaskan bahwa terlihat dari lampu kuning indikator yang ada di kWh-meter menyala. kWh-meter saya adalah Smart Meter SMI-200S. Solusi sementara adalah kabel grounding di kWh-meter dilepas sehingga lampu kuning indikator mati.

Pertanyaan saya adalah :

  1. Apa yg dimaksud kebocoran daya?
  2. Apa Solusi sesungguhnya untuk mengatasi hal tersebut?

Sebagai catatan bahwa di rumah saya tidah ditemukan instalasi grounding, dan kabel grounding (hijau kuning) digabung dengan kabel netral dari jaringan.

Kebocoran Pada Instalasi Listrik

Arus bocor atau kebocoran listrik adalah adanya pemindahan energi listrik secara bertahap melampaui ambang batas kemampuan tahanan isolasi dari kabel. Kebocoran listrik bisa terjadi pada listrik 1 phase dan 3 phase.

Baca juga:

Pengertian 1 Phase dalam Kelistrikan

Memahami Sistem 3 Phase dalam Kelistrikan

Solusi Kebocoran Pada Instalasi Listrik

Perlu di pahami bahwa setiap kabel listrik memiliki kemampuan daya hantar arus masing-masing sesuai dengan jenis, ukuran kabel dan isolasi kabel tersebut. Sehingga kemampuan tahanan isolasi pada kabel akan berfariatif. Selain itu ada factor lain yang mempengaruhi kemampuan tahanan isolasi kabel yaitu lama penggunaan kabel dan temperature penggunaan atau penyimpanan kabel yang dipakai. Temperature ini akan sangat mempengaruhi kualitas isolasi kabel. Semakin tinggi temperature yang di terima oleh kabel maka semakin cepat isolasi kabel ini mengalami penurunan dan rusak. Sehingga terjadi kebocoran pada kabel phasa, netral ataupun kabel grounding. Efek yang di timbulkan adalah lampu kuning indikator yang ada di kWh-meter akan menyala di sebabkan oleh kebocoran arus instalasi di rumah.

Selain itu efek lampu kuning indikator yang ada di kWh-meter menyala bisa di sebabkan oleh jaringan baru yang di pasang akan tetapi ada kesalahan pada instalasi tersebut. Dalam hal ini kemungkinan-kemungkinan yang di jelaskan tersebut harus segera diperbaiki.

Pada perumahan yang menggunakan kWh-meter akan tetapi tidak terpasang instalasi grounding, dan kabel grounding akan sangat berbahaya bagi pengguna yang berada di dalam rumah tersebut. Bila terjadi kebocoran listrik maka orang yang bekerja menggunakan listrik ini bisa tersengat listrik. Tidak semua listrik bisa di terima oleh tubuh manusia terlebih anak-anak.

Baca juga:

Seberapa Kuat Manusia Menahan Setrum?

Kesimpulan Kebocoran Pada Instalasi Listrik

Kebocoran listrik di rumah bisa di sebabkan oleh beberapa factor antara lain: terjadi kesalahan instalasi listrik, rendahnya kemampuan daya isolasi kabel tersebut yang di pengaruhi oleh umur dan temperature penyimpanan kabel (seperti: kabel di gunakan berdekatan dengan panas kompor atau panas matahari).

Kabel grounding pada instalasi listrik di rumah sangat perlu dipasang untuk mencegah terjadinya sengatan arus listrik yang bocor. Tidak semua listrik bisa di terima oleh tubuh manusia terlebih anak-anak dan menyebabkan kematian.

Untuk pembahasan lebih mendalam mengenai Smart Meter SMI-200S apa itu fungsi lampu indicator merah, kuning, hijau; cara instalasi grounding sama neutral pada Smart Meter SMI-200S dan cara pelaporan bila terjadi masalah akan di bahas pada artikel berikutnya

Informasi artikel kelistrikan dan penyedia jasa kelistrikan bisa di akses lebih mudah menggunakan aplikasi IPD Belajasaku,bisa di pilih per propinsi.Bagi pengguna android silahkan downlod aplikasinya klik logo di bawah ini

Tag: info pendidikan, listrik, jasa listrik

 
;
;

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer