Bagaimana Memastikan System Grounding di Rumah Terpasang dengan Baik

Ditulis oleh Administrator2 pada Minggu, 03 Mei 2020 | Dilihat 31811 kali
Bagaimana Memastikan System Grounding di Rumah Terpasang dengan Baik

 

Bagaimana Memastikan System Grounding di Rumah Terpasang dengan Baik

 

Halo kawan pembaca…selamat berjumpa lagi dalam artikel terbaru di IPD (Infopromodiskon.com). Cukup lama juga setelah artikel terakhir yang dipublish, “Indikasi Kebocoran Instalasi listrik pada kWh-Meter” yang membahas mengenai apa yang dimaksud dengan kebocoran daya dan apa solusinya untuk mengatasi hal tersebut. kami baru bisa merilis artikel lagi.

Sepanjang waktu itu kami melihat artikel tersebut melesat menjadi artikel terpopuler dalam waktu singkat. Beberapa pertanyaan juga kami terima sehubungan dengan tema arde atau grounding ini.

Baca juga:

Fungsi Grounding Pada Instalasi Listrik dan Elektronik

Pertanyaan-pertanyaan tersebut kami rangkum dalam satu pertanyaan umum : Bagaimana memastikan system grounding pada instalasi listrik rumah terpasang dengan baik?

Sebetulnya ini pertanyaan yang sangat wajar, karena masyarakat yang bahkan merasa paling awam dengan listrik pun selalu berinteraksi dengan peralatan listrik. Dan seperti kita ketahui, listrik selalu mempunyai resiko bahaya bila kita tidak tahu apa bahayanya dan bagaimana mengantisipasinya (untuk anda yang baru berkunjung, bisa membaca artikel sebelumnya : “Seberapa Kuat Manusia Menahan Setrum?” untuk menambah referensi).

Sistem grounding atau arde dipasang sebagai pengaman dari bahaya listrik terhadap manusia dan peralatan. Dan system tersebut harus terpasang dengan baik dalam instalasi listrik rumah agar dapat menjalankan fungsinya. Artikel ini mencoba menjelaskannya.

Baiklah, kita kembali ke pertanyaan tadi dan kami coba membahas dengan lebih detail cara-caranya. Kami berusaha memilih cara yang paling mudah dan minim resiko. Jadi langkah-langkah yang dijelaskan bukanlah langkah satu-satunya, karena masih banyak cara lain yang bisa dilakukan. Walaupun dirasa mudah, tetap masih ada resiko tersengat listrik. Jadi untuk itu, kami memberikan beberapa peringatan yang dianggap perlu dan diharapkan untuk pembaca memahami peringatan yang diberikan.

PERHATIAN :

Peringatan ini kami berikan terutama bagi pembaca yang merasa awam dengan listrik dan tidak merasa “confident”. Dalam aspek keselamatan, ilmu dan kepercayaan diri merupakan 2 kunci utama. Orang yang mengerti tetapi tidak “confident” atau tidak mengerti tapi “confident sebaiknya berpikir ulang dalam melanjutkan pekerjaannya karena besar kemungkinan terjadi celaka. Kalo anda merasa seperti itu, disarankan untuk mencari pihak lain yang mengerti listrik atau instalatir listrik yang mempunyai kompetensi. Hal yang terpenting adalah anda cukup mengerti cara-caranya. Itu saja ya uraian mengenai sisi keselamatan dari metode yang dibahas selanjutnya.

Ketahui Lebih Dulu!!

Dalam memastikan bahwa system grounding pada instalasi listrik rumah anda telah terpasang dengan baik, ada 2 bagian utama yang harus kita ketahui :

1. Instalasi arde atau grounding yang ditanam telah terpasang dengan baik dan mempunyai resistansi atau hambatan maksimal 5 Ohm (sesuai yang dinyatakan dalam PUIL : Persyaratan Umum Instalasi Listrik)

2. Kabel yang terpasang dalam system instalasi listrik rumah mempunyai inti kabel grounding didalamnya dan tersambung atau terkoneksi dengan baik sampai stop kontak. Istilah teknis menyebut koneksi ini “bonding”, yaitu koneksi antar kabel grounding, sedangkan istilah “grounding” sendiri digunakan untuk koneksi kabel grounding dengan system grounding yang ditanahkan langsung (seperti grounding rod).

Baca juga:

Pengaturan Warna Kabel Berdasarkan Standar Nasional dan Internasional

 

Memeriksa Instalasi grounding yang ditanam

Untuk memeriksa bagian ini, mau tidak mau harus menggunakan alat yang dinamakan Earth Tester. Alat ini memang tidak umum, karena biasanya hanya digunakan oleh kontraktor atau instalatir yang memasang instalasi grounding. Fungsi alat ini adalah mengukur tahanan atau resistansi arde / grounding yang terpasang. Bila tahanan yang terukur masih lebih besar dari yang diharuskan, maka grounding rod yang ditanam harus ditambahkan agar lebih dalam.

Secara umum kita tidak bisa memeriksa sendiri bagian ini, kecuali anda punya “Earth tester”. Jadi cukup serahkan saja pemeriksaannya kepada kontraktor listrik yang kompeten dan terpercaya. Yang penting anda mengerti parameter yang menjadi patokan.

 

Memeriksa instalasi grounding yang terkoneksi dalam instalasi listrik rumah

Nah, memeriksa bagian ini relatif bisa kita lakukan. Dikatakan relatif karena tergantung dari peralatan yang kita miliki dan kepercayaan diri untuk melakukan.

Yang perlu anda periksa adalah bagian stop kontak, apakah kabel grounding (lebih tepatnya “bonding”) sudah terpasang sampai titik ini. Seperti dijelaskan di awal, secara teknis istilah “bonding” digunakan untuk koneksi antara kabel grounding dengan kabel grounding lain.

Jadi bonding adalah sistem yang terkoneksi di seluruh bagian rumah dan salah satunya berujung pada stop kontak. Sedangkan “grounding” adalah koneksi antara kabel grounding dengan sistem grounding yang ditanam. Warna kabel bonding dan grounding tetap sama, yaitu warna hijau atau kuning-hijau.

Bila salah satu stop kontak tidak terkoneksi kabel bonding, maka fungsi pengaman dari kebocoran arus listrik akibat kegagalan isolasi tidak akan bekerja. Bahasa mudahnya, potensi anda kesetrum saat menggunakan peralatan listrik akan sangat besar.

Alat yang digunakan adalah multitester atau Avometer dan screwdriver (obeng). Dengan multitester, kita bisa melakukan “continuity test” terhadap koneksi kabel bonding setiap stop kontak. Bila tidak punya, obeng masih bisa digunakan untuk memeriksa secara visual apakah kabel bonding sudah terkoneksi atau tidak di dalam stop kontak, walaupun validitas hasilnya masih perlu diuji.

PERHATIAN :

LAKUKAN KEDUA METODE INI DENGAN MEMATIKAN TERLEBIH DAHULU INSTALASI LISTRIK DI RUMAH ANDA DENGAN CARA “SWITCH OFF” CIRCUIT BREAKER DI KWH METER DAN MCB BOX, UNTUK MEMASTIKAN ANDA AMAN DARI BAHAYA LISTRIK

Metode pertama :

Memeriksa koneksi kabel bonding dengan multitester (continuity test)

1. Pastikan listrik di rumah anda sudah dimatikan terlebih dahulu (lihat peringatan diatas). Switch off circuit breaker seperti gambar dibawah.

Pengaman type MCB Box

 

2. Buka tutup MCB box.

3. Pastikan probe dari multitester (kabel warna merah dan hitam) terpasang pada lubang yang bersimbol “V ” untuk probe warna merah dan “COM” untuk probe warna hitam. Contoh yang digunakan adalah multitester tipe digital.

Posisi multimeter check tegangan AC

 

4. Putar selector di multitester ke posisi Voltage AC (symbol “V~”) untuk mengukur tegangan. Lihat gambar diatas.
5. Periksa tegangan di circuit breaker dengan multitester dan pastikan sudah tidak ada tegangan (penunjukan di multitester 0 (nol) volt). Bisa juga gunakan test pen untuk memastikan tidak ada tegangan. Dalam gambar dibawah, periksa setiap titik dari circuit breaker (garis warna merah) untuk memastikan tidak ada tegangan. Pastikan juga circuit breaker sudah switch off (kotak warna biru)

Memeriksa tegangan di MCB box

 

6. Putar selector di multitester ke posisi Ohm (tanda “”) untuk mengukur resistansi.

Posisi multitester dan probe untuk check resistansi

 

7. Hubungkan salah satu probe ke terminal grounding (terminal PE) di MCB box dan probe yang lain ke terminal grounding di stop kontak.

Continuity Test grounding kabel antara MCB Box dan stop kontak

 

8. Lihat pembacaan. Bila hasilnya menunjukkan hampir resitansi yang kecil, hampir mendekati 0 (nol) ohm, maka dipastikan terminal grounding di stop kontak terkoneksi dengan baik ke grounding terminal di MCB Box. Bila hasilnya menunjukkan resistansi dalam satuan kilo-ohm (k) atau mega-ohm (M) maka koneksinya kurang baik atau malah tidak terkoneksi. Contoh hasil pengukuran dari gambar dibawah adalah sebesar 1.2 ohm.

9. Lanjutkan pengukuran dengan stop kontak lain. Bila jarak antara MCB Box dengan stop kontak sudah terlalu jauh, maka bisa dilakukan pengukuran antar stop kontak.

Continuity test kabel grounding antar stop kontak

Contoh visual continuity test koneksi bonding antar stop kontak

 

10. Bila sudah selesai, jangan lupa untuk memasang kembali tutup MCB Box dan switch ON Circuit Breaker agar listrik di rumah anda normal kembali.

Bagaimana bila hasilnya tidak memuaskan atau resistansinya cukup besar. Dalam kasus ini, anda harus melakukan pemeriksaan visual terhadap stop kontak tersebut. Silahkan ikuti metode kedua.

PERHATIAN :

UNTUK MEMASTIKAN MULTITESTER ATAUPUN TEST PEN MASIH BERFUNGSI DENGAN BAIK, SEBELUM ANDA MEMATIKAN INSTALASI LISTRIK RUMAH, TERLEBIH DAHULU LAKUKAN LANGKAH KETIGA DAN KEEMPAT DARI METODE DIATAS, KEMUDIAN COLOK KEDUA PROBE KE MASING-MASING LUBANG DI STOP KONTAK. JIKA PEMBACAAN PADA MULTITESTER ANDA MENUNJUKKAN TEGANGAN +/- 220V, MAKA MULTITESTER BISA DIKATAKAN MASIH BERFUNGSI DENGAN BAIK.

Test multitester untuk memastikan masih berfungsi dengan baik

 

Metode kedua :

Pemeriksaan visual koneksi kabel bonding pada stop kontak

Bila tidak memiliki multitester atau hasil pembacaan dari metode pertama tidak memuaskan, anda pun masih dapat melakukan metode ini.

1. Pastikan listrik di rumah anda sudah dimatikan terlebih dahulu (lihat peringatan diatas).

2. Buka tutup stop kontak dengan obeng (+) pada mur bagian tengah. Lihat gambar dibawah.

Stop Kontak tipe In-Bow yang terpasang di Instalasi Listrik Rumah

 

3. Perhatikan terminal kabel grounding di stop kontak (ada di bagian tengah) dan lihat apakah ada kabel grounding (warna hijau atau kuning-hijau) terkoneksi disana.

Contoh koneksi kabel grounding di stop kontak (lingkaran merah)

 

4. Bila ada terkoneksi, kemungkinan besar system bonding di stop kontak sudah terpasang. Bila tidak ditemukan, kemungkinan besar kabel grounding / bonding tidak dikoneksi.

Contoh stop kontak yang tidak terkoneksi kabel grounding / bonding

 

5. Pasang kembali tutup stop kontak dan lanjutkan dengan stop kontak lainnya.

6. Bila sudah selesai, jangan lupa switch ON Circuit Breaker agar listrik di rumah anda normal kembali.

Dari kedua metode ini, bisa kita kita perbandingkan kelebihan dan kekurangan masing-masing agar lebih jelas bagi pembaca, yaitu :

1. Metode pertama jelas membutuhkan alat multitester tetapi hasilnya lebih valid karena ada nilai resistansi (ohm) yang diukur sebagai hasil continuity test. Yang perlu diperhatikan adalah multitester itu masih berfungsi dengan baik.

2. Metode kedua relatif lebih murah dan mudah, cukup menggunakan obeng atau screwdriver. Hanya saja hasil yang dicapai belum tentu sebaik metode pertama. Hal ini karena bisa saja kabel bonding kelihatan terkoneksi di stop kontak tetapi tidak terhubung dengan sistem grounding keseluruhan.

3. Kedua metode tetap memerlukan pengamanan dari bahaya listrik dengan cara mematikan sumber listrik terlebih dahulu.

Beberapa kemungkinan hasil pemeriksaan yang dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Multitester menunjukkan resistansi yang besar tetapi pemeriksaan visual menunjukkan kabel grounding terkoneksi di stop kontak. Untuk hasil seperti ini, kemungkinan kabel grounding putus di tengah jalan atau tidak disambung dalam koneksi di atas plafon.

2. Multitester menunjukkan resistansi yang besar dan pemeriksaan visual menunjukkan kabel grounding tidak terkoneksi di stop kontak. Untuk kasus seperti ini, kabel yang terpasang di stop kontak biasanya hanya berinti dua, yaitu untuk phase dan netral saja (biasanya warna hitam dan biru). Untuk hasil seperti ini, sebaiknya kabel diganti dengan yang berinti tiga yaitu untuk phase, netral dan grounding.

3. Multitester menunjukkan resistansi yang rendah (hampir 0 (nol) ohm) dan pemeriksaan visual menunjukkan kabel grounding terkoneksi di stop kontak. Ini adalah hasil yang kita harapkan.

 

Penutup

Seperti yang telah kami uraikan di bagian awal, satu hal yang perlu diperhatikan adalah kepercayaan diri dalam melakukan metode-metode ini. Bila anda merasa tidak percaya diri, sebaiknya anda menyerahkan kepada orang yang lebih mengerti dan kompeten dalam hal listrik untuk melakukannya. Kita harus selalu berpedoman bahwa keselamatan adalah hal yang utama.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Dan bila ada komentar, saran ataupun koreksi, sangat kami persilahkan.

IPD-Team

Catatan :

Walaupun metode yang dipaparkan dalam artikel ini telah dipilih dengan resiko rendah dan terlihat mudah, mohon untuk tidak melakukan tanpa ilmu dan skill yang memadai. Tulisan ini hanya bersifat penjelasan dan bukan prosedur resmi. Kami menyerahkan tanggung jawab dan resiko sepenuhnya kepada pembaca untuk menilai diri sendiri sebelum melakukan cara-cara yang dijelaskan di atas.

 

BUTUH INFO JASA TERDEKATMU?

IPD Belajasaku Solusinya

DOWNLOAD APLIKASINYA KLIK LOGO DIBAWAH

DOWNLOAD SEKARANG JUGA,NIKMATI MUDAHNYA.

Tag: info pendidikan

 
;
;

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer