Nutrisi Yang Bermanfaat Menjaga Kondisi Tubuh Saat Musim Hujan

Ditulis oleh Administrator pada Senin, 01 Februari 2016 | Dilihat 2161 kali
Nutrisi Yang Bermanfaat Menjaga Kondisi Tubuh Saat Musim Hujan

 

Jenis Makanan Apa Saja yang Kita Butuhkan untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh?

Bulan Februari ini sepertinya curah hujan akan semakin meningkat. Cuaca biasanya lebih sering berawan dan kadang-kadang terjadi perubahan ekstrem antara panas dan hujan. Sementara aktifitas kita sehari-hari tetap berjalan, bahkan mungkin lebih padat dibanding bulan sebelumnya. Kondisi cuaca seperti ini cukup berpengaruh pada daya tahan tubuh kita. Dalam mobilitas sehari-hari, sangat besar kemungkinan kita akan menghadapi hujan baik ketika berkendaraan atau berjalan.

Bila tubuh tidak tahan terhadap suhu yang lebih dingin ini, maka terjadi penurunan daya tahan yang membuat kita sangat rentan terserang penyakit seperti flu, batuk, masuk angin dan lainnya. Karena itu butuh perhatian ekstra di bulan ini dalam menjaga daya tahan tubuh kita. Tiga hal yang biasanya disarankan adalah konsumsi makanan dengan nutrisi yang memadai, istirahat yang cukup, dan olahraga teratur.

Untuk porsi makanan, ada beberapa pilihan jenis makanan yang mengandung nutrisi yang diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Jenis makanan yang kaya akan protein, jenis biji-bijian, dan makanan rendah lemak merupakan pilihan utama.

Berikut ini makanan yang mengandung nutrisi untuk menjaga daya tahan tubuh:

Teh

Teh relatif mudah didapatkan dan sebagian besar masyarakat mempunyai tradisi minum teh di waktu pagi dan petang.

Teh sebagai minuman memiliki kandungan antioksidan dan L-theanine. Kandungan dalam teh ini memiliki kemampuan melawan radikal bebas. Selain itu teh ini juga memiliki sifat antivirus dan antibakteri yang kuat, sehingga membantu melawan serangan flu.

Guna menguatkan kekebalan tubuh anda, sebaiknya teh di konsumsi dua hingga lima kali dalam sehari.

Wortel

Wortel termasuk dalam kategori sayuran yang dikenal memiliki khasiat luar biasa. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi wortel ini saat musim hujan.

Wortel memiliki cukup banyak kandungan flavonoid dan anti-inflamasi di dalamnya. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk menjaga sekaligus melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus.

Wortel bisa dikonsumsi dalam bentuk jus atau olahan lainnya tanpa perlu direbus karena akan mengurangi kandungan nutrisi didalamnya. Karena itu usahakan konsumsi wortel dalam menu keseharian anda.

Ubi Jalar

Ubi jalar banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional maupun di supermarket. Tidaklah sulit mendapatkannya karena Indonesia adalah negara tropis yang cukup banyak menghasilkan ubi jalar.

Ubi jalar banyak  mengandung vitamin A yang berguna memperkuat jaringan sel – sel kulit tubuh sehingga kuman tidak mudah masuk ke tubuh melalui jaringan sel kulit.

Madu

Madu sudah tidak asing lagi bagi kita. Madu ini relatif mudah didapatkan, tetapi tantangannya adalah bagaimana mendapatkan madu yang baik. Seringkali toko obat herbal bisa menyediakan madu yang baik, dan juga madu impor berkualitas bisa menjadi pilihan alternatif. Jenis madu bermacam-macam tergantung dari jenis lebahnya dan musim bunganya.

Madu mengandung fruktosa (sekitar 38,5%) dan glukosa (sekitar 31,0%) dan kandungan senyawa yang ada di dalam madu bermanfaat untuk mengatasi penyakit flu dan demam, terlebih disaat musim seperti ini. Sifat anti bakteri dalam kandungan madu akan berfungsi untuk melawan bakteri dan virus.

Sangat disarankan untuk mengkonsumsi madu setiap malam sebelum tidur. Madu ini dapat dikonsumsi dengan mencampurnya ke dalam secangkir susu hangat ataupun roti dan kue.

Buah Berries

Jika anda menyukai buah berries, seperti strawberry, blackberry, blueberry ataupun raspberry, maka anda akan mendapatkan manfaat dari kandungan buah berries untuk menjaga daya tahan tubuh.

Dalam buah berries ini terkandung flavonoid dan vitamin C yang bergunan untuk menjaga stabilitas kesehatan tubuh anda

Ikan

Kita sangat beruntung karena tinggal di wilayah kepulauan yang sangat kaya dengan ikan. Karena ikan kaya akan sumber protein bagi tubuh dan mengandung omega 3 serta selenium.

Protein dan omega 3 ini berguna meningkatkan sirkulasi aliran udara dalam tubuh, mengurangi gejala peradangan, serta berfungsi sebagai pelindung organ dalam yaitu paru-paru dari infeksi pernapasan. Sedangkan selenium berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu selenium berfungsi sebagai anti oksidan yang melindungi tubuh terhadap radikal bebas serta menangkal virus penyebab flu.

Daging ikan yang masih segar memiliki kandungan nutrisi yang lebih optimal saat dikonsumsi. Karena itu kalau memungkinkan pilihlah ikan yang masih hidup saat ingin dikonsumsi.

Demikian uraian singkat ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan juga bisa menjadi referensi anda untuk berbelanja bahan makanan dan buah-buahan di supermarket terdekat.

Salam sehat selalu Indonesiaku,

Tag: buah segar, makanan sehat

 
;
;

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer