Menghindari Adanya Bahan Kimia Yang Mungkin Masih Menempel pada Buah dan Sayuran

Ditulis oleh Administrator pada Kamis, 04 Februari 2016 | Dilihat 2233 kali
Menghindari Adanya Bahan Kimia Yang Mungkin Masih Menempel pada Buah dan Sayuran

 

Mengapa ada Bahan Kimia?

Dunia pertanian dan perkebunan saat ini dengan dukungan teknologi mampu menghasilkan produk-produk pertanian dalam jumlah yang besar sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan di seluruh dunia. Akan tetapi, ada faktor yang tidak dapat dihindari yaitu digunakannya bahan kimia dalam bentuk pupuk dan pestisida untuk membantu pertumbuhan dan melindungi tanaman dari serangan hama.

Sayangnya bahan kimia ini ada kemungkinan masih menempel pada buah dan sayuran, bahkan hingga akhirnya sampai ke tangan konsumen.

Bahan kimia ini pada dasarnya tidak untuk dikonsumsi oleh manusia karena dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya. Akan tetapi kita tidak bisa menghindari hal ini. Kita tidak bisa membuat para petani untuk tidak memakai bahan kimia. Pertanian organik sebagai solusi sehat pada saat ini masih belum mampu memenuhi kebutuhan yang ada.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan membersihkan sisa-sisa bahan kimia yang mungkin masih menempel sehingga kita bisa terhindar dari hal yang tidak diinginkan dalam jangka panjang.

Bagaimana Menghindarinya?

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan saat mulai mengolah bahan makanan tersebut untuk memastikan bahwa makanan tersebut telah terbebas dari bahan kimia apapun dan siap untuk dikonsumsi.
 

Tahap Persiapan

  1. Kumpulkan sayur-sayuran pada tempat atau wadah yang bersih.
  2. Sangat dianjurkan wadah tersebut memiliki lubang-lubang air dibawahnya semacam saringan.
  3. Wadah tersebut bertujuan air yang disiramkan dari kran air akan langsung terbuang kebawah, sehingga mengurangi kemungkinan bahan kimia pindah ke sisi makanan yang lain.
  4. Selain itu dengan mentiriskan sayuran akan membuat makanan jadi lebih segar karena kadar air tidak terlalu berlebih.
  5. Saat mencuci sayuran hijau anda juga harus lebih teliti karena ada kemungkinan lebih banyak kotoran terakumulasi di dalamnya.

Bagaimana dengan Buah-buahan?

  1. Untuk buah-buahan hampir sama halnya dengan sayuran hanya saja usaha lebih agar kebersihannya lebih maksimal. Misal: tomat, Tomat mempunyai kulit tebal dan karenanya mesti dibersihkan dengan sikat yang didesain khusus untuk makanan mentah sebelum mencucinya.
  2. Buah mesti dicuci, bahkan saat Anda tak sedang memakannya. Kulit buah di permukaan mungkin saja mempunyai sebagian bakteri yang dapat serta berguna untuk dikonsumsi.
  3. Anda juga bisa menggunakan cuka, bahkan jus lemon dan garam digunakan sebagai penangkal bakteri yang negatif dan membersihkannya.
  4. Caranya, dalam mangkok penuh air tambahkan sedikit garam serta lemon jus. Masukkan buah atau sayuran dalam mangkok ini selama 15 menit. Basuh serta keringkan, baru kemudian siap untuk dikonsumsi.

Pengolahan

  1. Setelah selesai mencuci sayuran atau buah-buahan maka siapkan lap dan talenan bersih untuk memotong.
  2. Bila terdapat bagian sayuran atau buah-buahan yang sudah tidak bagus pastikan untuk memotong atau mengupasnya supaya anda terhindar dari bakteri yang mungkin menempel di bagian tersebut.

Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat bagi anda untuk menghindari masuknya kandungan kimia pada tanaman kedalam tubuh tanpa mengurani manfaat dari buah dan sayur untuk kesehatan.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Salam pencerahan,

Rubrik Freezpage

InfoPromoDiskon.com

Tag: info kesehatan, buah segar, sayuran segar

 
;
;

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer