Profile Aik Tawas Aik Bara, Desa Air Bara - Bangka Selatan

Aik Tawas Aik Bara, Desa Air Bara - Bangka Selatan

Aik Tawas Aik Bara, Desa Air Bara - Bangka Selatan

Tak akan ada habisnya bila kita membahas pesona alam dari Kota Timah yang beraneka ragam. Bangka Belitung sangat terkenal dengan wisata airnya seperti pantai, danau, air terjun, dan lain-lain. Banyak tempat wisata menyuguhkan keindahannya alamnya masing-masing yang menggambarkan. Meskipun wisata di Bangka Belitung di dominasi dengan wisata pantai, di Provinsi Bangka belitung juga terdapat tempat wisata lain yang tak kalah memukau akan pesonanya.

Destinasi wisata taman alam Aik Tawas Air Bara dapat menjadi daftar penting bila Anda berkunjung ke Bangka Belitung. Meskipun tergolong baru, namun tempat ini sudah ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar.

Baca juga :

Air Terjung Gunung Pading, Desa Mayang - Bangka Selatan

Tarif Masuk & Jam Buka Air Tawas Air Bara

Wisata Air Tawas Air Bara yang terletak di Kabupaten Bangka Selatan ini tidak memiliki jam buka seperti pada umumnya. Jadi anda bisa datang pada pagi hari maupun sore hari, namun jika anda ingin berfoto dengan view yang bagus, sebaiknya anda datang pada pagi hari saat cuaca cerah dan pada sore hari saat langit mulai menunjukan keteduhannya. Jika anda ingin berkunjung, maka anda tidak perlu membeli tiket masuk, alias gratis sebab untuk saat ini Wisata Air Tawas Air Bara belum menerapkan kebijakan tersebut.

Wisata Taman Alam Aik Tawas Air Bara

Pada awalnya, Aik Tawas Air Bara hanyalah kubangan besar yang terbentuk dari sisa-sisa pertambangan timah. Berkat ide kreatif pemerintah Bangka Selatan akhirnya dibuatlah seperti taman, dengan view rawa atau danau bekas pertambangan timah di tambah hijaunya pepohonan sekitar. Tempat wisata yang satu ini mengusung konsep wisata taman alam, sehingga berbeda dengan taman-taman lainnya. Anda dan keluarga dapat berekreasi ala taman sembari menikmati keindahan alam yang disuguhkan tempat wisata ini.

Berbagai fasilitas pun juga dilengkapi, seperti adanya beberapa arena khas taman seperti ayunan, gazebo, bangku-bangku kayu atau jembatan yang ada di pinggir rawa seperti Jembatan Cinta di Hutan Mangrove Desa Tukak, yang menjadikan tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini terlihat begitu cantik. Dan memang sangat cocok buat wisata keluarga, atau spot fotografi yang kekinian. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Air Bara, yang berada di wilayah Kecamatan Air Gegas.

Disini juga terdapat spot-spot foto yang keren dan kekinian karya seni dari kreativitas pemuda desa setempat. Misalnya spot foto berlatar tulisan Aik Tawas, lukisan-lukisan, latar berbentuk kupu-kupu, dan masih banyak lagi. Tentu tempat ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin berfoto baik selfie maupun bersama-sama dengan teman dan keluarga.

Akses jalan menuju ke lokasi ini sangatlah mudah sehingga dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun empat. Tempat wisata ini terletak di Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas. Jika Anda dari Kota Toboali, hanya butuh waktu tempuh sekitar 45 menit untuk sampai ke tempat wisata yang satu ini.

Selain itu, fasilitas seperti penunjuk arah menuju lokasi wisata juga sudah ada sehingga tidak sulit untuk mencari objek wisata ini, bahkan warga setempat dengan senang hati akan memberitahukan letak tempat wisata ini kepada pengunjung yang kebingungan mencarinya. Tidak perlu menunggu lama, segerakanlah diri anda untuk berkunjung ke Taman Alam Aik Tawas.

Baca juga :

Pantai Batu Perahu, Toboali - Bangka Selatan

Transportasi menuju Taman Wisata Aik Tawas Air Bara

Taman wisata Aik Tawas berlokasi di Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke lokasi wisata Aik Tawas berikut adalah beberapa rute yang dapat Anda lalui dari Kota Pangkal Pinang.

Kendaraan Pribadi

Jika memulai perjalanan dari Pangkal Pinang – Ikuti Jalan Permata – Jalan Soekarno Hatta - Jl. Pangkal Pinang - Namang - Jl. Namang - Koba – Jl. Raya Gadung – Desa Air Bara. Waktu tempuh dari Pangkal Pinang jika tanpa hambatan macet sekitar 1 jam 26 menit / 76 Km.

 

Jika memulai perjalanan dari Kota Koba – Jalan Jendral Sudirman – Jalan Namang-Koba – Jalan Kenanga Atas – Jalan Raya Gadung – Desa Air Bara. Waktu tempuh dari Kota Koba jika tanpa hambatan macet sekitar 25 menit / 19 Km.

Lihat Peta :

Lokasi Taman Wisata Aik Tawas Air Bara

Informasi tempat wisata dan lainnya bisa diakses dengan mudah menggunakan aplikasi IPD Belajasaku,bisa di pilih sesuai propinsinya.Bagi pengguna android silahkan downlod klik logo di bawah ini;

Aik Tawas Aik Bara, Desa Air Bara - Bangka Selatan
Aik Tawas Aik Bara, Desa Air Bara - Bangka Selatan
Aik Tawas Aik Bara, Desa Air Bara - Bangka Selatan
Aik Tawas Aik Bara, Desa Air Bara - Bangka Selatan