Profile Asrinya Alun-Alun Kapuas Pontianak

Asrinya Alun-Alun Kapuas Pontianak

Asrinya Alun-Alun Kapuas Pontianak

Asrinya Alun-Alun Kapuas

 

 

Taman Alun Kapuas merupakan salah satu lokasi wisata taman di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Letaknya yang berada di tempat strategis yaitu di tengah kota tepatnya di Jalan Rahadi Usman, dimana berhadapan dengan Kantor Walikota Pontianak, menjadikan taman ini ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat yang haus akan hiburan yang sejuk nan asri.

Taman ini merupakan open public space yang populer di Kota Pontianak, sebab Taman Alun Kapuas merupakan satu di antara proyek “Waterfront City” dari Pemerintah Kota Pontianak dan letaknya tepat berada di pinggiran Sungai Kapuas, Pontianak.

 

Jam Buka Taman Alun-Alun Kapuas

Taman Alun-Alun Kapuas pada umumnya buka mulai dari jam 06:00-20:00. Jika anda ingin berfoto dengan view yang bagus, sebaiknya anda datang pada sore hari serta malam hari. Sebab, pada malam hari air mancur beserta lampu-lampu taman akan dihidupkan oleh pihak pengelola dan membuat taman ini terasa lebih “hidup”

 

 

Zona Taman Alun-Alun Kapuas

 

 

Taman Alun-Alun Kapuas merupakan taman kota yang menjadi tempat rekreasi keluarga di Kota Pontianak. Mayoritas masyarakat di Kota Pontianak menyebutnya Korem dikarenakan dulu di depan taman terdapat markas Korem.

Begitu memasuki kawasan Alun-alun Kapuas, sepetak taman telah menyambut kedatangan kita di bagian depan. Bunga dan pepohonan rindang menjadi penyejuk mata pada taman bagian depan ini.

Pada hari-hari besar jika ada penyelengaraan suatu acara, maka bagian ini sering digunakan sebagai tempat untuk hiburan bagi masyarakat.

 

 

Begitu memasuki bagian taman alun-alun ini lebih dalam, maka mata kita akan “dijamu” dengan pemandangan akan rindangnya pepohonan nan sejuk, dilengkapi dengan tempat duduk pada sisi-sisi taman yang bisa dijadikan tempat untuk bersantai dan beristirahat. Petakan-petakan yang menjadi lantai dari taman ini menambah kesan indah dan alami yang bisa dirasakan saat kita berkunjung ke taman ini.

Luas Taman Alun-alun Kapuas secara keseluruhan mencapai 3 hektare, dibangun sudah sejak zaman dahulu dan diberi nama Larive Park.

Dalam sejarahnya, taman ini telah mengalami beberapa renovasi. Renovasi pertama dilakukan pada tahun 1999, kedua pada tahun 2011-2012, serta pada tahun 2016 ini pemerintah kota Pontianak masih terus melakukan pembenahan-pembenahan demi meningkatkan kenyamanan para pengunjung.

 

 

Di sisi kanan pada taman ini, kita bisa menikmati taman-taman kecil yang dikelilingi oleh bunga-bunga dan pepohonan rindang. Taman-taman ini diselingi dengan hadirnya jogging track yang biasanya digunakan oleh masyarakat ataupun pengunjung yang ingin lari/jalan santai pada pagi dan sore hari.

Tempat ini juga sering digunakan oleh pengunjung untuk berfoto, sebab memiliki latar belakang pemandangan yang indah dan sejuk. Selain itu, kita juga bisa melakukan terapi kaki pada taman ini, sebab terdapat batuan-batuan kecil yang bisa kita injak tanpa menggunakan alas kaki untuk memberikan pijatan relaksasi pada telapak kaki.

 

 

Di bagian belakang taman ini tepatnya di pinggiran Sungai Kapuas, terdapat air mancur yang dikelilingi dengan anak tangga Taman Alun-alun Kapuas serta ditambah dengan replika Tugu Khatulistiwa yang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Pontianak.

Air mancur ini umumnya akan dihidupkan pada sore hingga malam hari, ditambah dengan lampu yang membuat air mancur ini semakin indah. Jika kita ingin bersantai, maka kita bisa duduk pada anak tangga yang terdapat tepat di depan air mancur ini seraya mencelupkan kaki ke dalam air sungai.

Bagian belakang Taman Alun-alun Kapuas ini begitu luas, kita bisa bersantai dan duduk-duduk di kursi yang telah disediakan.  

 

 

Seraya duduk-duduk bersantai di taman bagian belakang ini, kita bisa menikmati pemandangan tepian Sungai Kapuas dan aktifitas masyarakat lainnya. Kita juga bisa menikmati camilan dan minuman ringan seperti air lidah buaya yang dijual oleh “pedagang apung”.

Bagaikan pasar apung, para pedagang apung ini berjualan menggunakan sampan yang dirubah menjadi kios sederhana. Larangan untuk berjualan di area taman menyebabkan para pedagang membuat inovasi untuk berjualan menggunakan sampan. Tujuan dari pelarangan tersebut agar Alun-alun Kapuas dapat tertata dengan rapi, tidak terkesan kumuh, dan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.

 

Ada Kapal Galaherangnya

 

Selain air mancur dan pedagang apung, di Taman Alun-alun Kapuas juga terdapat kapal galaherang atau biasa disebut dengan kapal bandong. Bagi pengunjung yang ingin melihat pemukiman penduduk di pinggiran Sungai Kapuas dan menyusuri sungai terpanjang di Indonesia ini, maka anda bisa menggunakan jasa kapal ini.

Kapal ini akan mulai berangkat dari Taman Alun-alun Kapuas hingga menyusuri Jembatan Kapuas 1 (Pulang-Pergi), dengan waktu tempuh sekitar 25-30 menit. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 15 ribu per orang.

Seraya anda menikmati pemandangan di sisi kiri dan kanan Sungai Kapuas, maka anda juga bisa menikmati berbagai hidangan makanan dan minuman yang disediakan oleh pihak pengelola kapal.

 

Air Mancur Bisa Menari?

 

 

 

Upaya Pemerintah Kota Pontianak untuk menambah kenyamanan dan memperindah Taman Alun-alun Kapuas terus dilakukan. Salah satu diantaranya adalah membangun tribun yang bisa diduduki oleh pengunjung dan berfoto dengan latar belakang air mancur. Air mancur yang terletak persis di lokasi eks Balai Prajurit ini ditata begitu mengagumkan dengan nuansa modern.

 

 

Apa yang unik?

Ya, uniknya air mancur ini bukan sekadar air mancur biasa. Jika anda berkunjung ke Taman Alun-alun Kapuas pada malam hari, maka anda bisa menyaksikan air mancur yang bisa menari-nari seirama dengan alunan lagu dan bias berbagai lampu warna-warni yang terpancar di antara air mancur tersebut. Banyak pengunjung yang menjadikan latar belakang air mancur bergoyang ini untuk berfoto di depannya.

Masyarakat dan pengunjung yang menyaksikan air mancur ini begitu terhibur, mengingat lagu yang mengiringi di antaranya seperti Gangnam Style, Chaiya-chaiya, dan lagu populer lainnya maupun lagu daerah. Jadwal beroperasi air mancur ini berkisar 15-30 menit, namun pada malam minggu akan dihidupkan selama satu jam.

Tertarik?

Kunjungi Taman Alun-alun Kapuas pada sore dan malam hari. Lihat sekeliling anda, aktifitas masyarakat Sungai Kapuas di depan anda, penyeberangan kapal feri di kanan anda, aktifitas pelabuhan di bagian kiri anda. Rasakan hembusan angin Sungai Kapuas. Ditambah dengan tatanan taman dan pepohonan yang memuaskan. Dilengkapi dengan air mancur menari yang dihias.

 

 

Pada hari-hari besar, di Taman Alun-alun Kapuas biasanya juga dijadikan sebagai tempat pelaksanaan berbagai festival. Seperti Festival Budaya Bumi Khatulistiwa, Earth Hour, Kampanye Forum Anak, Lomba Meriam Karbit, Lomba Layang-layang, dan event lainnya yang berkaitan dengan pariwisata, seni, dan kebudayaan.

 

Transportasi Menuju Taman Alun-alun Kapuas

Kendaraan Pribadi

Jika memulai perjalanan dari Bandara Supadio, Kabupaten Kubu Raya, maka anda bisa memilih untuk melewati Jalan utama Arteri Supadio - Bundaran Jalan belok ke kanan - Jalan Trans Kalimantan - Belok kiri ke Jalan Adi Sucipto – Jalan Imam Bonjol – Jalan Tanjungpura  – Jalan Rahadi Usman – Alun-alun Kapuas di Sebelah Kanan – Waktu tempuh dari Bandara Supadio sekitar 33 menit / 17,7 Km.

Jika anda memulai perjalanan dari Kota Singkawang sebagai salah satu di antara tempat wisata di Kalimantan Barat, maka anda bisa memulai perjalanan dari Kota Singkawang – Kota Pontianak – Jalan Sultan Hamid/ Jembatan Kapuas I – Belok Kanan ke Jalan Tanjungpura – Jalan Rahadi Usman – Alun-alun Kapuas terdapat di Sebelah Kanan. Waktu tempuh dari Kota Singkawang jika tanpa hambatan macet sekitar 3 jam 15 menit / 152 Km.

 

Kembali ke:

Wisata di Pontianak

Wisata di Kalimantan Barat

Wisata di Nusantara

Informasi tempat wisata dan lainnya bisa di akses dengan mudah menggunakan aplikasi IPD Belajasaku,bisa di pilih sesuai propinsinya.Bagi pengguna android silahkan downlod klik logo di bawah ini;

Asrinya Alun-Alun Kapuas Pontianak
Asrinya Alun-Alun Kapuas Pontianak
Asrinya Alun-Alun Kapuas Pontianak
Asrinya Alun-Alun Kapuas Pontianak
Asrinya Alun-Alun Kapuas Pontianak
Asrinya Alun-Alun Kapuas Pontianak
Asrinya Alun-Alun Kapuas Pontianak
Asrinya Alun-Alun Kapuas Pontianak
Asrinya Alun-Alun Kapuas Pontianak
Asrinya Alun-Alun Kapuas Pontianak
Asrinya Alun-Alun Kapuas Pontianak
Asrinya Alun-Alun Kapuas Pontianak
Asrinya Alun-Alun Kapuas Pontianak
Asrinya Alun-Alun Kapuas Pontianak
Asrinya Alun-Alun Kapuas Pontianak
Asrinya Alun-Alun Kapuas Pontianak
Asrinya Alun-Alun Kapuas Pontianak
Asrinya Alun-Alun Kapuas Pontianak
Asrinya Alun-Alun Kapuas Pontianak
Asrinya Alun-Alun Kapuas Pontianak