Profile Pantai Tanjung Kerasak, Desa Pasir Putih - Bangka Selatan

Pantai Tanjung Kerasak, Desa Pasir Putih - Bangka Selatan

Pantai Tanjung Kerasak, Desa Pasir Putih - Bangka Selatan

Berwisata ke daerah salah satu penghasil timah terbesar di Indonesia, Bangka Belitung, anda akan ditawari dengan segala pesona pantainya yang memukau dan beragam. Daerah yang berjulukan Karibia dari Timur ini memang memiliki sejumlah kawasan pantai dengan pemandangan yang masih alami sehingga wajib untuk anda kunjungi bila sedang berada di Bangka Belitung.

Sebagian besar pantai di Bangka Belitung didominasi dengan keberadaan batuan granit yang berukuran cukup besar, sebut saja Pantai Batu Perahu, Pantai Gunung Namak, Pantai Tanjung Tinggi, dan masih banyak lagi. Namun tahukah anda jika di Pulau Bangka sebelah selatan terdapat juga pantai yang masih alami dan eksotik dengan pesona wisata pantai yang begitu menakjubkan dan tak lupa dengan batuan granitnya yang menawan? Tepatnya di Desa Pasir, Bangka Selatan, anda akan menjumpai pantai yang juga memamerkan kegagahan batu granit khas Bangka Belitung, yakni Pantai Tanjung Kerasak. Sebuah pantai dengan suguhan panorama khas pantai yang memesona ini patut untuk anda tambahkan ke dalam daftar liburan Anda bersama keluarga.

 

Tarif Masuk & Jam Buka Pantai Tanjung Kerasak

Kawasan wisata Pantai Tanjung Kerasak buka setiap hari dengan jam buka atau operasional dari pagi (sunset) hingga menjelang malam (sunrise). Namun, bila di akhir pekan akan ada banyak pengunjung yang berdatangan, sehingga akan menjadi sangat ramai. Untuk biaya masuknya sendiri GRATIS, namun Anda cukup membayar biaya seperti biaya parkir.

Berwisata ke Pantai Tanjung Kerasak

Pantai Tanjung Kerasak adalah salah satu destinasi wisata pantai terbaik di Bangka Belitung. Pantai ini memiliki karakteristik pantai yang landai dengan gelombang yang tenang, sehingga sangat cocok sebagai lokasi liburan anda bersama keluarga. Pantai ini memiliki panaroma yang sangat indah dengan pasirnya yang putih, airnya yang jernih kebiru-biruan, ombak ramah seakan menyapa kecuali pada musim angin barat ombak besar dan bergulung-gulung namun tidak mengurangi pesona pantai.

Sebenarnya ketika anda dalam perjalanan ke lokasi Pantai Tanjung Kerasak ini pun anda sudah disajikan dengan pesona alam yang begitu menyenangkan. Di sepanjang jalan yang sudah beraspal, anda dapat melihat perkebunan kelapa sawit, lada, dan lain-lain milik warga setempat. Suasana perkampungan penduduk yang masih asri sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur menghabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan. Rumah-rumah penduduk yang terbuat dari kayu, hewan-hewan ternak seperti ayam, bebek dan kambing berkeliaran di luar kandang serta ditambah lagi sungai-sungai kecil seakan melengkapi suasana alam pedesaan yang asri dan eksotik.

Begitu tiba di Pantai Tanjung Kerasak anda akan disambut dengan suasana yang sejuk dan teduh karena banyaknya pohon-pohon besar yang tumbuh rimbun seakan terletak di tengah hutan yang masih alami terlebih sepanjang perjalanan menuju pantai anda akan melewati perkampungan dan hutan kecil. Kondisi ini pula yang sering digunakan pengunjung untuk kegiatan berkemah. Di pantai ini juga terdapat beberapa fasilitas yang sangat unik untuk dijadikan sebagai spot foto kekinian seperti gambar di atas. Sungguh menarik bukan?

Baca juga :

Air Terjun Gunung Pading, Desa Maya - Bangka Selatan

Pasir putih pantai seakan menyapa anda begitu tiba di kawasan pantai. Tak lupa bebatuan granit yang berjejer di bibir pantai turut menambah pesona pantai sehingga sangat cocok untuk anda mengambil beberapa momen dengan berfoto ataupun sekadar duduk santai di atasnya. Sunggguh indah bukan? Terlebih adanya air laut dengan gradiasi warna kebiruan seakan mengundang anda yang ingin bermain-main menikmati kesejukan airnya. Tak perlu khawatir, ombak di sekitar pantai cukup ramah bagi anda yang ingin bermain namun tak ada salahnya untuk tetap berhati-hati.

Oh iya... bicara soal namanya, dulunya Pantai Tanjung Kerasak ini tidak termasuk sebagai tujuan wisata di Pulau Bangka dikarenakan kondisinya yang terkesan kotor dengan banyak sekali daun-daun pepohonan yang berguguran disepanjang pantai ini hingga mencapai lutut maka dari itu masyarakat sekitar menyebutnya “kerasak”. Itulah sebabnya mengapa sampai sekarang pantai ini dinamakan Pantai Tanjung Kerasak. Pantai ini justru selalu menjadi tujuan utama wisata pantai di Bangka Belitung.Terlepas dari namanya yang mengandung kesan tidak bersih, pantai ini kini justru selalu menjadi tujuan utama wisata pantai di Bangka Belitung.

Di pantai Tanjung Kerasak juga terdapat fasilitas penunjang yang memadai bagi anda para pengunjung. Anda juga tak perlu khawatir, karena di sini juga terdapat beberapa tempat makan dan minum dengan harga yang cukup ramah bagi dompet anda. Di pantai ini juga terdapat MCK yang cukup bersih sehingga kenyamanan pengunjung cukup terjamin. Sebagai tambahan bagi anda yang ingin berkeliling pantai, anda dapat menyewa boot milik penduduk sekitar dengan kisaran harga yang murah. Gazebo, aneka jajanan dan tempat sampah juga telah tersedia. Penunjuk arah menuju lokasi juga sudah lengkap, Wisatawan tidak akan kesulitan untuk mencari objek wisata tersebut, karena tempatnya sangat populer Di Bangka Belitung.

Masih bingung liburan kali ini mau kemana??

Silahkan kunjungi Pantai Tanjung Kerasak, sebuah destinasi wisata pantai yang ramah dengan suasana pedesaan yang masih kental dengan kearifan lokal masyarakat sekitar. Sebuah lokasi yang menawarkan anda pengalaman wisata pantai yang tidak akan anda dapatkan di pantai-pantai lainnya. Sugguhan pasir putih yang terhampar luas dan laut birunya yang memukau ditambah jejeran bebatuan granit yang menambah pesona Pantai Tanjung Kerasak.

Fasilitas di Pantai Tanjung Kerasak

Terdapat banyak fasilitas bagi Anda para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu di pantai ini untuk berwisata dan tentunya sangat nyaman bagi anda untuk menggunakannya. Beberapa fasilitas tersebut seperti :

  1. Parkiran
  2. MCK atau toilet
  3. Gazebo
  4. Wahana bermain
  5. Spot berfoto
  6. Penunjuk arah menuju pantai
  7. Makanan dan minuman
  8. Dll.

Transportasi menuju Pantai Tanjung Kerasak

Pantai Tanjung Kerasak berada di Desa Pasir Putih, Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung. Pantai Tanjung Kerasak bisa ditempuh dari ibukota Bangka Selatan, Toboali, dengan satu jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor atau berjarak sekitar 30 km. Sementara dari Pangkal Pinang, pantai ini berjarak sekitar 150 km. Berikut adalah beberapa rute yang dapat Anda ambil jika dari kota Pangkal Pinang.

Kendaraan Pribadi

Pangkal Pinang - Jl. Permata ke Jl. Soekarno Hatta - Jalan Raya Sungkap - Jl. NamangKoba - Jl. Raya Gadung - Jl. Mawar di Toboali - Jl. Raya Keposang Toboali - Jl. Raya Sadai - Pasir Putih

Kendaraan Umum

Untuk kendaraan umum, jika anda mulai dari Bandara Depati Amir Pangkal Pinang, anda dapat memesan taksi.

Lihat Peta :

Lokasi Pantai Tanjung Kerasak

Informasi tempat  wisata dan lainnya bisa di akses dengan mudah menggunakan aplikasi IPD Belajasaku,bisa dipilih sesuai propinsi.Bagi pengguna android silahkan downlod aplikasinya klik logo di bawah ini

Pantai Tanjung Kerasak, Desa Pasir Putih - Bangka Selatan
Pantai Tanjung Kerasak, Desa Pasir Putih - Bangka Selatan
Pantai Tanjung Kerasak, Desa Pasir Putih - Bangka Selatan
Pantai Tanjung Kerasak, Desa Pasir Putih - Bangka Selatan
Pantai Tanjung Kerasak, Desa Pasir Putih - Bangka Selatan
Pantai Tanjung Kerasak, Desa Pasir Putih - Bangka Selatan
Pantai Tanjung Kerasak, Desa Pasir Putih - Bangka Selatan
Pantai Tanjung Kerasak, Desa Pasir Putih - Bangka Selatan
Pantai Tanjung Kerasak, Desa Pasir Putih - Bangka Selatan
Pantai Tanjung Kerasak, Desa Pasir Putih - Bangka Selatan