Profile Bangka Selatan

Sejarah Pembentukan dan Wilayah Administrasi

Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dibentuk pada tanggal 25 Februari 2003 berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2003.

Wilayah Kabupaten Bangka Selatan terletak di bagian selatan di Pulau Bangka. Berbatasan langsung dengan wilayah Bangka Tengah, Kota Pangkalpinang, dan Kabupaten Bangka.

Bangka Selatan memiliki luas daerah lebih kurang 3.607,08 Km2 atau 360.708 Ha dengan wilayah administrasi 8 kecamatan termasuk 3 kelurahan, 50 desa dan 163 dusun.

8 kecamatan, yaitu:

1.       Payung

2.       Simpang Rimba

3.       Toboali

4.       Air Gegas

5.       Lepar Pongok

6.       Tukak Sadai

7.       Pulau Besar

8.       Kepulauan Pongok

Kabupaten Bangka Selatan memiliki wilayah kompleks perkantoran dengan alamat di kompleks perkantoran terpadu Gunung Namak Toboali.

Kabupaten ini merupakan salah satu sentra penghasil beras di provinsi kepulauan Bangka Belitung yang dihasilkan dari wilayah yang dikembangkan dari daerah transmigrasi yaitu wilayah desa Rias. Selain sebagai wilayah penghasil timah, Bangka Selatan juga dikenal sebagai daerah penghasil hasil pertanian umum lain seperti karet, lada dan kelapa sawit.

Sarana Transportasi di kabupaten ini juga makin lengkap dengan adanya bis-bis besar antar kota kabupaten & wisata jalur bersepeda yang memadai.

Sejarah Kota Toboali

Konon menurut cerita,salah satu daerah yang tersisa dan merupakan awal mula berdirinya Kota Toboali, terletak di Kelekak Toboali/Kuburan Keramat (Kelekak Kramat Baher) kurang lebih 5 km kearah selatan kota toboali karena di sebelah Timur terdapat lokasi perkampungan tua yakni kampung Tagag dan sebelah barat ada dusun Baher (BAGGER-Bahasa Belanda), yang menjadi pusat keramaian saat itu.

Pada kisaran abad 17 pertengahan Wilayah Selatan Pulau Bangka ini merupakan daerah persinggahan para pedagang. Berdasarkan fakta sejarah diketahui bahwa timah pertama kali ditemukan pertama kali pada tahun 1709 pada penggalian di sungai Olin Kecamatan Toboali.

 

Wisata

Di kabupaten bangka selatan terdapat beberapa wisata & spot menarik untuk di kunjungi diantaranya adalah:

-Pantai Tanjung Kerasak terletak di Desa Pasir Putih Berjarak kurang lebih 30 Km dari Toboali, dapat di tempuh selama 1 jam perjalanan dengan kendaraan roda dua dan roda empat. Pantai ini memiliki air yang jernih dan pasir yang putih, disekitar pantai merupakan hutan yang masih alami sering digunakan untuk kegiatan berkemah , rekreasi dan olahraga voly pantai . Suasana hutan yang masih alami di sekitaran pantai juga membuat keindahan alam semakin membuat kita betah untuk memanjakan diri disini.

-Pantai Gunung Namak terletak di Kecamatan Taboali Kabupaten Bangka Selatan, berjarak sekitar 18 km dari kota Taboali dan dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan dengan kendaraan roda dua dan empat. Dengan hamparan pantai yang landai dan air laut yang masih sangat biru membuat pantai gunung namak ini sangat cocok sekali untuk menjadi tujuan wisata keluarga. Dan terutama untuk wisatawan yang hobi memancing di laut.

-Pantai Tanjung Timur terletak di kecamatan toboali kabupaten Bangka Selatan, lokasi pantai ini dapat di tempuh selama 45 menit perjalanan dari kota Toboali dengan menggunakan speed boat tradisional rakyat.

 

Sumber : Wikipedia

 

Referensi Belanja-Jasa-Wisata-Kuliner dan Hal Unik Lain di Bangka Selatan

Ensiklopedia ini adalah referensi yang memudahkan dalam mendapatkan informasi seputar kuliner, wisata, belanja, jasa lainnya di kabupaten Bangka Selatan. Karena mungkin saja anda membutuhkan info promo, lokasi dan suatu layanan yang tersedia di wilayah ini.

Klik Kategori yang anda inginkan. Bila belum bisa di klik maka belum ada informasi yang berkaitan atau masih dalam pengembangan.

BELANJA

Pusat Perbelanjaan - Mall

JASA

Percetakan-SouvenirJasa Bangunan-Pagar-Teralis-Kanopi

 

WISATA

 

KULINER

KateringMakanan Ringan-Coklat-Cake-Bread

Resto-Rumah Makan-Pujasera-Fas Food

Kami berharap ketika anda berkunjung saat liburan ataupun pada saat perjalanan dinas, anda bisa memanfaatkan ensiklopedia ini untuk membantu anda mendapatkan informasi menarik dan juga dalam mendapatkan oleh-oleh yang terkenal di kabupaten ini.

Bagi pengusaha/wirausaha yang ingin menampilkan profil usahanya di halaman ini dapat mengisi form ini dengan klik Daftar Profil Anda dibawah ini. Isi dengan sebaik-baiknya sehingga profil anda akan cukup informatif untuk dilihat

Daftar Profil Bisnis-Usaha Anda

Mohon maaf, kategori bisnis yang tidak akan ditampilkan disini adalah yang berhubungan dengan pornografi, prostitusi, bisnis online yang menawarkan keuntungan cepat tanpa bisa dipercaya, menyinggung SARA, perjudian, minuman keras, rokok, obat kuat, hiburan malam, politik praktis dan hal-hal lain yang dapat menimbulkan dampak negatif.

Semoga keberadaan BelaJasaKu (Referensi Kuliner-Wisata-Belanja-Jasa dan hal unik lainnya) Kota Batam ini bermanfaat bagi semua dan berkontribusi dalam membangun jaringan para member di seluruh negeri.

Salam hangat Indonesiaku,

InfoPromoDiskon.com Kabupaten Bangka Selatan