Profile Danau Sebedang Sambas

Danau Sebedang Sambas

Danau Sebedang Sambas

Satu-satunya Danau di Sambas

 

 

Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat memiliki sebuah danau yang sangat mempesona. Danau ini dinamakan Danau Sebedang, sebuah danau yang memiliki panorama alam yang sangat indah dan menawan.

Danau Sebedang merupakan tempat tujuan wisata yang terletak di Desa Sebedang, Kecamatan Sebawi, kira-kira 12 km dari Ibukota Kabupaten Sambas. Danau Sebedang yang cukup luas ini, dikelilingi oleh pegunungan dan bukit yang menyuguhkan pemandangan menarik.

Jam Buka Danau Sebedang Sambas

Danau Sebedang Sambas terbuka bagi masyarakat umum dan tidak memiliki jam buka pada umumnya. Anda hanya perlu membayar Rp. 6.000/ orang.

Jika anda ingin berfoto dengan view yang bagus, sebaiknya anda datang pada pagi hari, sebab embun di pegunungan masih ada dan pada sore hari menjelang senja.

Berwisata ke Danau Sebedang Sambas

Antara Pemandian Sultan dan Bujang Nadi Dare Nandung

 

 

Setiap tempat pastinya memiliki cerita tertentu di dalamnya. Begitu juga danau ini. Bagi anda yang ingin mengunjunginnya, tentunya perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cerita rakyat setempat mengenai tempat ini.

Terdapat satu cerita rakyat tentang seorang pangeran di Danau Sebedang ini yang bagi sebagian masyarakat Kalimantan Barat sudah tidak asing dengan cerita ini.

Diceritakan seorang pangeran bernama Bujang Nadi yang merupakan seorang putra dari Raja Sambas. Bujang Nadi berjuluk Tan Unggal karena giginya yang hanya satu (tunggal) dan Dare Nang Dung mempunyai cerita cinta terlarang karena karena keduanya adalah saudara sedarah. Akhirnya, hal tersebut membuat Bujang Nadi dan Dare Nang Dung harus dikubur hidup-hidup di sekitar Danau Sebedang sebagai hukuman karena telah menjalin cinta terlarang.

Selain itu, terdapat juga cerita masyarakat setempat, dimana Danau Sebedang pada zaman dahulu merupakan tempat pemandian sultan-sultan sambas, yaitu sultan Istana Alwatzikubillah. Dijadikan tempat pemandian karena kejernihan airnya dan pemandangannya yang juga menakjubkan.

Namun, cerita rakyat tersebut biarlah menjadi bumbu pelengkap dari keindahan danau ini yang begitu memesona. Saatnya bagi anda menjelajah danau ini.

 

Disambut oleh Pepohonan

 

 

           Danau sebedang berada di Desa Sebedang, Kabupaten Sambas dan memiliki jarak tempuh ± 12 km dari pusat Ibukota Kabupaten Sambas.

Begitu kita masuk ke dalam lokasi ini, maka kita akan melalui jalan beraspal panjang sekitar 500 meter dan dapat dilalui dengan motor maupun mobil. Setelah melewati gerbang yang menandakan anda telah memasuki daerah Danau Sebedang, maka anda akan meneruskan perjalanan ke dalam hingga terdapat tanda ucapan

 

 

 

Selamat Datang Di Danau Wisata Sejarah Sebedang”.

 

Di kiri dan kanan jalan tersebut, kita akan disambut oleh pepohonan rimbun yang indah.

 

 

Danau Sebedang merupakan objek wisata yang mempunyai keindahan alam yang khas. Jika anda mengendarai sepeda motor atau mobil, anda akan menikmati pemandangan yang begitu eksotis.

Setelah 15 menit anda menikmati perjalanan menuju ke dalam, maka anda akan menyusuri lereng pegunungan di danau ini. Sekali lagi, anda akan diperlihatkan dengan deretan pepohonan dan terpian bukit yang begitu indah.

Lalu, anda akan melewati jalan di sekitar pinggiran Danau Sebedang, namun karena masih tertutupi oleh pepohonan, anda belum bisa melihat wujud dari danau ini, sehingga setelah beberapa menit anda akan menyaksikan keindahan danaunya.

 

 

Hamparan perairan danau ini dikelilingi oleh perbukitan yang hijau, sebagian merupakan hutan kayu belian .

 

Pesona Tak Terlupakan

 

Begitu anda turun dari kendaraan, anda akan melihat luas danau ini mencapai 1 kilometer persegi yang dikelilingi oleh perbukitan yang sangat mempesona dengan ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut.

Tapak demi tapak anda berjalan menikmati keelokkan danau ini, maka anda juga bisa memilih untuk bersantai di shelter-shelter yang tersedia, atau sambil duduk lesehan di atas tikar yang disewakan.

Jika anda telah puas duduk di shelter menikmati kepermaian alamnya, anda juga bisa menelusuri rimba menuju puncak Bukit Amor yang berada di sebelah selatan danau untuk menikmati perkampungan yang indah dari ketinggiannya.

 

 

Keseruan berwisata di Danau Sebedang tidak sampai disitu saja. Anda yang ingin merasakan dan menikmati kesejukan air danau, maka anda bisa langsung untuk berenang di danau ini.

Selain itu, bagi anda yang hobi memancing telah tersedia berbagai perlengkapan memancing yang dapat anda sewa dengan harga yang terjangkau. Anda hanya tinggal duduk di shelter sambil menikmati keindahan dan kesejukan Danau Sebedang, lalu menunggu hasil pancingan karena danau ini merupakan rumah bagi banyak ikan. Beberapa ikan yang anda dapatkan dari hasil pancingan bisa langsung dibakar dan dinikmati di tepian Danau Sebedang.

Sore harinya, eksotisme kawasan Danau Sebedang kian terasa, ditambah dengan dayungan sampan anda untuk mengelilingi kawasan ini. Lihatlah air yang jernih dan luasnya danau yang dikelilingi bukit-bukit ditambah sejuknya udara yang anda hirup, membuat Danau Sebedang menjadi sebuah pesona alam yang takkan terlupakan.

 

Transportasi Menuju Pantai Temajuk Sambas

Kendaraan Pribadi

           Jika memulai perjalanan dari Bandara Supadio, Kabupaten Kubu Raya, maka anda bisa memulai perjalanan dari Kota Pontianak – Kota Sambas -  Jalan H. Uray Bawadi – Jalan Moh. Hambal – Jalan Ps. Ikan Lama– Jalan Pembangunan – Belok Kanan ke Sepuk Tanjung – Belok Kiri – Sebelah Kanan Anda adalah Danau Sebedang. Waktu tempuh dari Kota Pontianak jika tanpa hambatan macet sekitar 5 Jam 13 Menit / 223 Km.

 

Jika memulai perjalanan dari Kota Singkawang, maka anda bisa memulai perjalanan dari Kota Singkawang – Kota Sambas -  Jalan H. Uray Bawadi – Jalan Moh. Hambal – Jalan Ps. Ikan Lama– Jalan Pembangunan – Belok Kanan ke Sepuk Tanjung – Belok Kiri – Sebelah Kanan Anda adalah Danau Sebedang.. Waktu tempuh dari Kota Singkawang jika tanpa hambatan macet sekitar 1 Jam 35 menit / 59,8 Km.

 

Lihat Map :

Peta Lokasi Danau Sebedang

Kembali ke:

Wisata di Sambas

Wisata di Kalimantan Barat

Wisata di Nusantara

Informasi tempat wisata dan lainnya bisa di akses dengan mudah menggunakan aplikasi IPD Belajasaku,bisa di pilih sesuai propinsinya.Bagi pengguna android silahkan downlod klik logo di bawah ini

Danau Sebedang Sambas
Danau Sebedang Sambas
Danau Sebedang Sambas
Danau Sebedang Sambas
Danau Sebedang Sambas
Danau Sebedang Sambas
Danau Sebedang Sambas
Danau Sebedang Sambas
Danau Sebedang Sambas
Danau Sebedang Sambas
Danau Sebedang Sambas
Danau Sebedang Sambas
Danau Sebedang Sambas
Danau Sebedang Sambas
Danau Sebedang Sambas