Profile Floating Market Lembang Bandung

Floating Market Lembang Bandung

Floating Market Lembang Bandung

Floating Market Lembang Bandung

“Sensasi Belanja Terapung”

     

Wisata daerah Lembang Bandung memiliki ciri khas wisata alam bernuansa pegunungan yang indah dan eksotis serta memiliki udara yang segar dan sejuk, maka banyak sekali tempat wisata bermunculan di Lembang, Bandung. Beberapa di antaranya seperti De’ Ranch Lembang Bandung yang terkenal akan konsep koboinya, Kebun Begonia Lembang yang terkenal akan hamparan bunga-bunga indahnya, serta terdapat satu tempat wisata di Lembang Bandung yang populer karena menyajikan konsep unik dan berbeda dengan tempat-tempat wisata di Lembang pada umumnya. Wisata ini bernama wisata Floating Market Lembang Bandung, terkenal akan penyajian konsep wisatanya yang menggabungkan antara eksotisme dan keindahan alam Lembang dengan pasar terapung tradisional layaknya pasar apung di Bangkok, Thailand serta di Langkat, Sumatera Utara.

Jam Buka dan Tiket Masuk Floating Market Lembang Bandung

Kawasan Wisata Floating Market Lembang Bandung buka setiap hari termasuk saat hari libur. Sedangkan untuk waktu berkunjung, anda akan diberikan waktu yang berbeda, di antaranya  pukul :

  1. Senin – Jumat             : 09.00 – 17.00 WIB
  2. Sabtu – Minggu/ Libur  : 09.00 – 20.00 WIB

Jadi anda bisa datang pada jam-jam operasional tersebut. Sebaiknya anda datang pagi hari di saat udara sedang sejuk ditemani dengan nuansa indah di tempat ini, serta anda bisa menikmati wisata ini lebih lama. Untuk dapat memasuki wisata ini serta menikmati wahana yang ada, anda harus membayar tiket sebesar :

Harga Tiket Masuk Floating Market Lembang

No

Hari

Jam Buka

Harga Tiket

1

Senin – Jumat 

09.00 – 17.00 WIB

Rp. 15.000/ orang

2

Sabtu – Minggu/ Libur

09.00 – 20.00 WIB

Rp. 15.000/ orang

3

Parkir Motor

-

Rp. 5.000

4

Parkir Mobil

-

Rp. 30.000

Menariknya, dari harga tiket yang tergolong murah untuk masuk ke Floating Market Lembang Bandung, anda bisa menukarkannya dengan minuman ringan (soft drink) lemon tea, hot chocolate, atau hot cappucino di tempat yang telah disediakan pihak pengelola. Sedangkan untuk harga permainan dan wahana di sini, anda bisa membeli tiketnya dengan harga :

Harga Tiket Wahana Floating Market Lembang

No

Nama Wahana

Harga Sewa

Keterangan

1

Jasa Penyeberangan Danau

Rp. 1.000

1 X Seberang / Orang

2

Taman Kelinci

Rp. 20.000

Untuk 1 Orang

3

Taman Miniatur Kereta Api

Rp. 20.000

Untuk 1 Orang

4

Outbound Anak

Rp. 25.000

Untuk 1 Orang

5

Sepeda Air (Water Cycle)

Rp. 50.000

Untuk 2 Orang/ 30 Menit

6

Kano

Rp. 50.000

Untuk 2 Orang/ 30 Menit

7

Sampan (Dinghy)

Rp. 70.000

Untuk 4 Orang/ 30 Menit

8

Lokomotif Mini

Rp. 25.000

Untuk 1 Orang

9

Becak & Mobil Mini

Rp. 20.000

Untuk 1 Orang

10

Mancing Magnet

Rp. 20.000

Untuk 1 Orang

11

Kampung Kandang

Rp. 20.000

Untuk 1 Orang/ 30 Menit

12

Hijab Swimming Pool

Rp. 50.000

Khusus untuk Wanita

13

Kereta Air

Rp. 20.000

Untuk 1 Orang/ 20 Menit

14

Paddle Boat

Rp. 30.000

Untuk 1 Orang/ 30 Menit

Catatan : Harga sewaktu-waktu bisa berubah

 

Berwisata ke Floating Market Lembang Bandung

Apung dan Dayung

Floating Market Bandung adalah wisata alam yang ada di Lembang dengan suasana pedesaan yang sejuk dan alami. Objek wisata yang berlokasi di Jalan Grand Hotel No 33 E, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini memiliki model tempat pasar terapung seperti pasar apung di Bangkok, Thailand. Floating Market Lembang Bandung saat ini menjadi salah satu daftar kunjungan wisata yang wajib untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara yang akan rekreasi ke Kota Bandung. Selain pasar apung, Floating Market Lembang Bandung juga menyediakan berbagai macam permainan anak-anak dan dewasa seperti outbound, sepeda air, dan perahu air. Floating Market Lembang juga menyediakan wahana berupa becak dan mobil mini serta miniatur kereta api yang bisa dibeli dan dijadikan buah tangan oleh anda. Wisata ini merupakan wisata yang berada satu grup dengan Farmhouse Lembang Bandung dan De’ Ranch Lembang, sehingga ketika anda membeli tiket masuk, anda akan diberikan minuman gratis oleh pihak pengelola seperti wisata di kedua tempat tersebut.

Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan di Wisata Floating Market Lembang Bandung ?

 

Tukar Koinnya Dulu

Begitu anda turun dari kendaraan di area parkir, terdapat tiga pilihan pintu masuk ke area Floating Market Lembang, yaitu lewat pendopo depan, lewat belakang masuk ke area restoran, dan terakhir langsung masuk ke area pasar terapungnya. Sebaiknya anda masuk melalui pendopo depan karena dekat dengan tempat parkir anda. Begitu anda masuk ke dalam pendopo dan membeli tiket, anda bisa menukarkan satu tiket masuk dengan satu minuman panas, sangat pas untuk menghangatkan tubuh di daerah Lembang yang begitu dingin. Tempat penukaran tiket dengan minuman hangat tidak hanya ada di pendopo, namun anda bisa menemukan beberapa stand untuk menukarkan minuman hangat. Di Floating Market Lembang, anda akan berbelanja tidak menggunakan uang. Bisa? Tentu bisa, karena tempat ini memiliki ciri khas wisata yang harus menggunakan uang koin khusus. Di dalam pendopo terdapat tempat penukaran koin dan reservasi, nantinya koin tersebut akan digunakan untuk masuk ke suatu wahana atau menikmati jajanan di area pasar terapung.

Floating Market Lembang Bandung menyediakan koin dengan 4 tipe, yaitu Rp. 5.000 (kuning), Rp. 10.000 (biru), Rp. 50.000 (pink), dan Rp. 100.000 (oranye). Tukarkan uang tunai anda dengan koin tersebut. Rata-rata makanan yang dijual di wisata ini berkisar antara Rp. 15.000 untuk makanan ringan dan di atas Rp. 20.000 untuk makanan berat. Sebaiknya anda menukarkan koinnya dalam jumlah kecil terlebih dahulu. Jika nantinya telah habis digunakan, baru anda tukarkan lagi. Sebab, koin yang sudah anda beli tidak dapat diuangkan kembali. Namun, koin-koin tersebut tidak akan kadaluarsa, artinya anda dapat membawa pulang koin yang sudah anda beli, jadi jika anda kembali lagi ke Floating Market Lembang, anda masih bisa menggunakannya.

 

Dayung Sampannya Ya

Setelah anda menukarkan koin di pendopo utama, mata anda akan disuguhkan langsung dengan pemandangan danau serta area pejalan kaki yang bersih dan hijau. Bagi anda ingin menyeberang danau menuju area pasar terapung, anda bisa menggunakan jasa perahu penyeberangan dengan membayar Rp.1.000 per orang atau menyewa sampan, lalu anda mendayung sampan itu menuju ke pasar terapung. Di perjalanan ke pasar terapung, anda bisa berhenti di tengah danau lalu berfoto di depan tulisan “Floating Market Lembang”. Anda juga bisa berjalan untuk menuju ke pasar apung. Langkah demi langkah kaki menuju ke sana, anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah, udara yang sejuk, area yang bersih dan pastinya memuaskan anda berkunjung ke wisata ini.

Sesampainya anda di pasar apung, anda akan menjumpai aneka jajanan yang tersedia di Floating Market Lembang. Setiap perahu yang ada di tempat ini, memiliki jenis jajanan yang berbeda, sehingga anda bisa berjalan santai sambil melihat dan memilih jajanan yang ingin dicoba untuk menemani wisata anda di Floating Market Lembang. Lebih dari 40 buah perahu tertata secara rapi dan teratur. Tidak seperti pasar tradisional pada umumnya, pasar apung Floating Market Lembang menyediakan berbagai jajanan makanan seperti surabi, siomay, batagor, karedok, dimsum, mie kocok, bakpao, sate, dan jajanan lainnya yang begitu banyak.

 

 Jangan Lupa Coba Wahana di Darat dan di Air

Taman Miniatur Kereta Api Floating Market Lembang merupakan lokasi terbaik yang seru untuk berfoto di wisata ini. Miniatur ini dibuat sedemikian detil, dimana setiap bagiannya seperti stasiun, kereta api, pemandangan sekitar rel kereta, dan bangunan lainnya dibuat sangat mirip dengan kenyataannya, yaitu miniatur rute kereta api di Padalarang, lengkap dengan jembatan Cikubangnya. Jika anda berfoto di taman miniatur ini, anda akan merasakan sensasi yang keren, seakan-akan anda merupakan raksasa yang ada di film-film. Pengerjaannya yang sangat detil menghasilkan karya seni yang pantas dilihat oleh pengunjung bahkan anda akan dibawa ke dalam kehidupan Taman Miniatur Kereta Api ini.

Begitu anda masuk ke taman ini, anda akan terpesona oleh atraksi menarik ini. Apalagi untuk anak-anak yang mengunjungi, tentu akan menjadi sebuah pengalaman yang unik, berbeda, sekaligus media edukasi bagi mereka untuk mengetahui sistem dari perkeretaapian. Miniatur Kereta Api ini memiliki ukuran yang lebih kecil perbandingannya sekitar 1 : 24 dari kereta api sungguhan. Selain kereta api, terdapat ornamen-ornamen yang melengkapinya mulai dari rel kereta api, lembah, stasiun kereta api, pegunungan, menara pengawas, pom bensin, terowongan, dan ornamen lainnya. Selesainya anda dari lokasi taman miniatur ini, anda bisa membeli oleh-oleh berupa cinderamata yang sangat khas sebagai tanda bahwa anda telah berkunjung ke Taman Miniatur Kereta Api Floating Market Lembang.

Lokasi lainnya yang berada di Floating Market Lembang adalah taman kelinci, khususnya tempat ini merupakan lokasi unggulan untuk mengabadikan kegiatan liburan buah hati anda yang berinteraksi dengan kelinci-kelinci lucu. Dengan biaya masuk sebesar Rp. 20.000/ orang, anda bisa mendapatkan 2 wortel dan memberikannya kepada kelinci-kelinci lucu tersebut. Jangan lupa, keluarkan kamera anda dan abadikan momen di saat anda berinteraksi dengan kelinci-kelinci itu atau anda bisa selfie sambil menggendong kelinci yang gemuk itu.

Taman Batu yang ada di jalur dekat toilet dan parkiran motor merupakan titik terbaik lainnya untuk berfoto. Konsep taman yang berisi fosil kayu dan bebatuan ditata sedemikian rupa sehingga memberi kesan alami. Saat pandangan pertama anda di taman ini, anda akan terbawa pada nuansa taman di Jepang yang memang banyak mengandung unsur batu, tanaman, dan air. Susunan batu-batuan marmer berdiri kokoh dengan warna khas yang anggun dipadu dengan taman-taman indah, bunga yang bermekaran, ditambah dengan gemercik air membuat siapapun tenang dan rileks berada di sini. Terdapat pula sebuah batu yang di atasnya mengeluarkan air hingga jatuh ke kolam yang melingkupi semua bebatuan di Taman Batu Floating Market Lembang ini. Di titik inilah banyak pengunjung berfoto selfie, jangan lupa, anda juga harus berfoto di tempat ini.

Selain itu, Floating Market Lembang Bandung juga menyediakan arena bermain becak mini yang unik dan lucu. Dengan membayar biaya Rp. 20.000 untuk menyewa becak mini ini, maka anda diberikan kesempatan empat kali untuk memutari trek becak mini. Banyak wahana-wahana lainnya yang akan kita temui, seperti flying fox, outbound, ATV, dan lainnya. Di area danaunya, anda bisa menyewa sepeda air, kano, atau perahu dayung, biaya sewa sudah termasuk pelampung. Tempat penyewaan transportasi air tersebut terhubung dengan pasar terapungnya, jadi anda bisa mencoba wahana di air sambil berbelanja. Belum lengkap rasanya jika mengunjungi Lembang tanpa singgah berlibur ke Floating Market Lembang Bandung. Wisata yang punya cara unik untuk berbelanja, wisata yang memiliki konsep menukarkan uang kita menjadi uang coin, dan wisata yang menggabungkan perpaduan alam dan pasar apung, ya, Floating Market Lembang Bandung namanya.

 

Fasilitas di Wisata Floating Market Lembang Bandung

Karena telah dikembangkan sebagai kawasan wisata terpadu, Wisata Floating Market Lembang Bandung mempunyai fasilitas yang lengkap seperti :

  1. Tempat Penjualan Oleh-oleh
  2. Mushola
  3. Tempat Makan
  4. Tempat Parkir
  5. Toilet
  6. Saung
  7. Gazebo
  8. Pasar Apung
  9. Wahana Darat
  10. Wahana Air

 

Kontak Wisata Floating Market Lembang Bandung

  1. Alamat : Jalan Grand Hotel Nomor 33, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, 40391.
  2. Telp     : (022) 278-7766

 

Transportasi Menuju Wisata Floating Market Lembang Bandung

Kendaraan Pribadi

                Jarak dari pusat Kota Bandung ke lokasi Wisata Floating Market Lembang Bandung berjarak sekitar 17 km dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit. Berikut rute Wisata Floating Market Lembang Bandung yang bisa anda lewati jika berangkat dari Bandung :

  1. Jalan Baranang Siang – Jalan Sunda – Jalan Sumatera – Jalan Merdeka – Jalan Setiabudhi – Jalan Raya Lembang – Jalan Baruajak – Jalan Mutiara 1 – Jalan Grand Hotel – sebelah Kanan Floating Market Lembang Bandung
  2. Jalan Baranang Siang – Jalan Sunda – Jalan Ir. H. Djuanda – Jalan Dago Giri – Jalan Buniwangi – Jalan Buka Nagara – Jalan Raya Maribaya Lembang – Jalan Mutiara 1 – Jalan Grand Hotel – sebelah Kanan Floating Market Lembang Bandung

 

Kendaraan Umum

  1. Rute dimulai dari Dago – Naik angkot Hijau ke Caheum – Ciroyom – Cihampelas – turun di pertigaan Gandok – Naik angkot Caheum – Ledeng – Naik angkot ke Lembang – Minta Turun di Floating Market Lembang Bandung
  2. Rute dimulai dari Stasiun Bandung/ Bandara Hussein Sastra Nagara/ Cipaganti – Naik angkot Stasiun Hall – Lembang - Minta Turun di Floating Market Lembang Bandung

 

Kembali ke:

Wisata di Bandung

Wisata di Jawa Barat

Wisata di Nusantara

Informasi tempat wisata dan lainnya bisa di akses dengan mudah menggunakan aplikasi IPD Belajasaku,bisa di pilih sesuai propinsi.Bagi pengguna android silahkan downlod klik logo di bawah ini

Floating Market Lembang Bandung
Floating Market Lembang Bandung
Floating Market Lembang Bandung
Floating Market Lembang Bandung
Floating Market Lembang Bandung
Floating Market Lembang Bandung
Floating Market Lembang Bandung
Floating Market Lembang Bandung
Floating Market Lembang Bandung
Floating Market Lembang Bandung
Floating Market Lembang Bandung
Floating Market Lembang Bandung
Floating Market Lembang Bandung
Floating Market Lembang Bandung
Floating Market Lembang Bandung
Floating Market Lembang Bandung
Floating Market Lembang Bandung
Floating Market Lembang Bandung
Floating Market Lembang Bandung
Floating Market Lembang Bandung
Floating Market Lembang Bandung
Floating Market Lembang Bandung