Profile Kampung Cai Ranca Upas Bandung

Kampung Cai Ranca Upas Bandung

Kampung Cai Ranca Upas Bandung

“Wisata Alam Terbuka”

Ranca Upas atau populer dengan nama Kampung Cai Ranca Upas adalah salah satu tempat wisata terbaik di Bandung Selatan dan merupakan kawasan bumi perkemahan terpopuler bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kampung Cai Ranca Upas, begitu banyak orang menyebutnya, adalah sebuah perkampungan yang terletak di tengah-tengah hutan dengan ragam keindahan yang menyejukkan mata. Tempat wisata ini terletak tepat di Desa Alam Endah, Kecamatan Ranca Upas. Berjarak sekitar 50 kilometer di arah selatan dari pusat kota Bandung dan 10 km dari Situ Patenggang dan Kawah Putih.

Wisata di Bandung Selatan ini berada pada ketinggian 1700 meter di atas permukaan air laut, sehingga suhu udara di kawasan wisata yang masih sangat alami ini begitu dingin dan ekstrim berkisar di 17 oC - 20 oC. Bahkan apabila di malam hari, suhu di sini bisa mencapai suhu terendah di bawah 0 derajat oC.

 

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Wisata Kampung Cai Ranca Upas

Untuk dapat memasuki kawasan Wisata Alam Kampung Cai Ranca Upas, anda bisa datang kapanpun atau buka 24 jam. Sebaiknya anda tidak datang malam hari, karena anda akan melewati kawasan Hutan Ciwidey yang sangat sepi dan jarak antara perkemahan dengan pintu masuk sekitar 1 km.

Jika ingin masuk ke wisata ini, harga tiket masuknya adalah sebesar :

Karcis Tanda Masuk :

  1. Masuk Kawasan          : Rp. 15.000/ orang
  2. Camping                      : Rp. 12.000/ orang/ malam
  3. Roda 2                        : Rp. 2.000
  4. Roda 4                        : Rp. 5.000
  5. Parkir bus                    : Rp. 20.000

 

Biaya Perlengkapan Kemah (/ Malam) :

  1. Booking Area               : Rp. 500.000
  2. Matras                         : Rp. 10.000
  3. Sleeping Bag               : Rp. 20.000
  4. Kayu Bakar                 : Rp. 15.000

Zona Wisata Alam Wisata Kampung Cai Ranca Upas

Dihiasi Hijaunya Teh dan Pepohonan

 

 

Perjalanan menuju ke Wisata Alam Kampung Cai Ranca Upas begitu menyenangkan dan menyejukkan, diawali dengan perjalanan ke Ciwidey dari Kota Bandung dimana anda memerlukan waktu sekitar 1,5 - 2 jam perjalanan.

Akses ke Ciwidey begitu berliku dan naik turun tetapi jalannya bagus. Sinar mentari yang tak mampu menerobos pekatnya awan kelabu menambah sejuknya udara di Ciwidey. Di sepanjang perjalanan, kita akan ditemani oleh pemandangan yang didominasi oleh hijaunya kebun teh dan pepohonan.

Setelah memasuki wilayah Ciwidey atas, anda akan memasuki hutan pinus. Di daerah ini, udara sangat menyegarkan untuk dihirup karena sudah mulai menapak ketinggian di atas 1700 meter.

Beberapa ratus meter selepas gerbang obyek Wisata Kawah Putih, di kanan jalan terlihat gerbang lain bertuliskan Kampung Cai Ranca Upas. Barisan pohon jati menyambut kedatangan kita bagaikan pagar betis berbaris rapi di kiri kanan jalan. Setelah kira-kira 300 meter dari gapura, kita akan menjumpai loket masuk ke Wisata Alam Kampung Cai Ranca Upas, lalu kita membayar tiket untuk masuk ke kawasan ini.

 

 

 

Area Perkemahan Ranca Upas

 

 

Ranca Upas  memiliki luas area yang sangat luas sekitar 215 Hektar. Sebagai salah satu kawasan Hutan lindung di Bandung, kawasan Wisata Alam Kampung Cai Ranca Upas merupakan tempat konservasi berbagai macam tumbuhan flora langka seperti Jamuju, Huru, Hamirug, Kihujan, Kitambang serta  aneka Fauna seperti Burung dan Rusa.

Keberadaannya di lereng Gunung Patuha, membuat wisata alam ini menawarkan indahnya pemandangan alam yang dipadukan dengan hawa sejuk yang menyegarkan tubuh. Riuh dan penatnya kehidupan kota dapat terlupakan sejenak saat berwisata disini.

 

 

Ranca Upas sering digunakan sebagai bumi perkemahan. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang sengaja datang untuk berkemah di kawasan Ranca Upas.

Sesampainya di tempat ini, anda bisa memarkirkan kendaraan dimana saja, sebaiknya parkirkan kendaraan anda dekat dengan tenda yang akan anda dirikan. Begitu anda turun dari mobil, mata anda akan dimanjakan dengan area perkemahan yang sangat luas, sehingga anda bisa dengan leluasa mencari tempat perkemahan sesuai dengan yang kalian inginkan. Biasanya, banyak pengunjung memilih tempat di pinggiran danau yang menambah nuansa romantis saat berkemah di Wisata Alam Kampung Cai Ranca Upas.

 

 

Keheningan malam mulai menyambut kedatangan kita, ditemani dengan dinginnya suhu di tempat ini. Jika anda berkemah di Ranca Upas, jangan khawatir jika anda tidak membawa peralatan yang lengkap, sebab fasilitas di Ranca Upas tersedia begitu lengkap, mulai dari penyewaan perlengkapan berkemah seperti tenda, matras, dan sleeping bag hingga kebutuhan makan sudah tersedia di sana. Banyak pilihan warung yang menjajakan aneka makanan dan minuman. Jika udara terlalu dingin, anda juga bisa membeli kayu bakar dan minyak tanah di warung tersebut, lalu menyalakan api unggu di depan tanda anda untuk menghangatkan tubuh. Satu ikat kayu bakar Rp. 12.000-Rp. 15.000 dan satu botol minyak tanah berkisar Rp. 15.000-Rp. 20.000.

 

Kolam Pemandian Air Panas dan Waterboom

 

 

Setelah kita terbangun dari tidur di dalam tenda, maka kawasan yang terkenal dengan hawa dinginnya ini membuat tubuh kita ingin segera mendatangi kolam renang serta pemandian air panas dengan fasilitas waterboom. Anda bisa menikmati sensasi bermain air dan berenang di kolam pemandian air panas di tengah kawasan hutan yang sangat indah dan tentunya sangat dingin bersama keluarga ataupun rekan anda.

Dengan biaya Rp. 15.000/ orang dan saat pukul 07:00 WIB kolam ini dibuka, maka anda bisa masuk dan merendamkan diri anda ke air hangat ditambah dengan waterboom yang tiap berapa menit sekali meluap dan menumpahkan isinya berupa air hangat asli pegunungan.

 

 

Penangkaran Rusa

 

 

Penangkaran rusa merupakan salah satu ikon objek Wisata Alam Kampung Cai Ranca Upas di Bandung Selatan yang memang dikenal sebagai kawasan konservasi fauna jenis rusa.

Begitu anda menuju ke pintu masuk, maka terdapat papan bertuliskan “Himbauan” yang berisi peringatan kepada pengunjung sebelum masuk ke wilayah penangkaran. Jangan lupa, jika anda ingin masuk dan memberi makan langsung rusa-rusa tersebut, maka anda bisa membeli wortel di meja depan dengan harga Rp. 10.000/ kantung.

Menikmati suasana dingin alam pegunungan yang menghampar, sambil melihat serta memberi makanan kepada hewan rusa bisa menjadi sensasi tersendiri bagi anda.

 

 

Selain berkemah kalian juga bisa melihat rusa-rusa jawa yang berada di penangkaran tidak jauh dari bumi perkemahan, kalian bisa memberi makan rusa-rusa dengan wortel dan sayuran yang sudah disediakan oleh petugas setempat.

 

 

Penangkaran ini terletak bersebelahan dengan kolam air hangat. Tiang-tiang kayu berjalin kawat memagari kawanan Rusa Jawa. Di ujung jembatan kayu terdapat anjungan kecil untuk kita berinteraksi dengan mahluk bertanduk yang unik ini. Ulurkan wortel di tangan anda, maka kawanan rusa ini akan mendatangi anda sebab rusa disini sudah tak asing dengan kehadiran manusia-manusia.

Namun memang tidak dianjurkan bagi anda untuk berada terlalu dekat dengan kawanan ini. Jika memang ingin menyapa lebih dekat, ada baiknya anda meminta izin terlebih dahulu kepada penjaga. Bagaimanapun uniknya rusa-rusa ini, Ranca Upas adalah penangkaran dengan upaya mengembalikan populasi Rusa Jawa yang hampir punah. Jadi sebaiknya anda lebih bijak menaati peraturan yang ada seperti menjaga kebersihan di area penangkaran, tidak memberikan makan kepada rusa-rusa selain pakan yang dijual di loket depan serta tidak turun dari anjungan jika tidak didampingi oleh petugas.

 

 

Beberapa kegiatan yang disukai lainnya, misalnya aktivitas trekking di bukit, bermain paint ball, hingga bersepeda.

 

Fun Adventure & Games

 

 

Jika anda ingin bermain dan menjelajahi kawasan Wisata Alam Kampung Cai Ranca Upas ini, maka pihak pengelola telah menyediakan fasilitas Fun Adventure seperti kegiatan Outbond yang sangat seru dan menantang serta banyak disukai para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini, seperti anak sekolah, pesantren, dan lembaga lainnya.

Di kawasan ini, anda bisa bermain bersama keluarga atau rekan anda di wahana flyng fox, sepeda gunung, dan wahana lainnya. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat fasilitas bermain bagi anak anda, jadi anda tidak perlu khawatir jika anak anda bosan jika berkunjung ke sini.

 

 

Tips Berwisata

                Agar wisata anda ke kawasan Wisata Alam Kampung Cai Ranca Upas ini lebih nyaman, ada beberapa tips - tips yang bisa dijadikan referensi anda jika berwisata di kawasan ini. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda gunakan :

  1. Cek kendaraan anda yang akan digunakan karena anda akan melalui medan yang menanjak dan berliku-liku.
  2. Bawalah jaket/sweater/syal, dan sleeping bag karena udara yang dingin.
  3. Berhati-hati dengan barang bawaan anda, simpan di tempat yang aman.
  4. Ikuti dan patuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola.
  5. Jagalah kebersihan di Wisata Alam Kampung Cai Ranca Upas dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  6. Bawalah obat-obatan atau kotak P3K jika anda ingin berkemah.
  7. Jika anda ingin berkunjung ke tempat ini saat libur panjang, sebaiknya anda booking terlebih dahulu.

 

Menjelajahi bumi perkemahan Kampung Cai Ranca Upas hingga ke sudut-sudutnya memberikan kesan tersendiri bagi anda. Luas area, sejuknya udara, hewan-hewan yang berkeliaran dengan bebas, memberikan sensasi petualangan di dalam hutan dan akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Fasilitas yang lengkap berupa jalan menuju ke Ranca Upas yang sudah diaspal halus, toilet, dan musholla yang sangat layak serta warung-warung penyedia kebutuhan logistik tersdia untuk menyambut kedatangan apa.

Ingin merasakan sensasi tersebut?

Kunjungi Wisata Alam Kampung Cai Ranca Upas di Bandung Selatan, rasakan sensasinya, bagikan pengalamannya.

 

Kontak Wisata Alam Ranca Upas

  1. Email : marketing.rancaupas.com@gmail.com
  2. Telp     : 0852-2000-0743 (Ridwan)

 

 

 

Transportasi Menuju Wisata Alam Wisata Kampung Cai Ranca Upas

Kendaraan Pribadi

                Jarak dari pusat Kota Bandung ke lokasi wisata Ranca Upas berjarak sekitar 48 km dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam. Berikut rute wisata Ranca Upas yang bisa anda lewati jika berangkat dari Jakarta

  1. Jakarta – Cipularang – Pintu Tol Kopo – Soreang – Ciwidey – Wisata Alam Kampung Cai Ranca Upas.
  2. Jakarta – Cipularang – Tol Buah Batu – Banjaran – Soreang – Ciwidey – Wisata Alam Kampung Cai Ranca Upas.
  3. Jakarta – Cipularang – Leuwi Gajah – Soreang – Ciwidey – Wisata Alam Kampung Cai Ranca Upas. 

 

Kendaraan Umum

Rute dimulai dari Terminal Leuwi Panjang Bandung. Minibus Jurusan Leuwi Panjang  - Ciwidey (Rp. 6.000) – Angkutan Kota ke Wisata Alam Kampung Cai Ranca Upas (Rp. 10.000).

 

Kembali ke:

Wisata di Bandung

Wisata di Jawa Barat

Wisata di Nusantara

Informasi tempat wisata dan lainnya bisa di akses dengan mudah menggunakan aplikasi IPD Belajasaku,bisa pilih sesuai propinsi.Bagi pengguna android silahkan downlod aplikasinya klik logo di bawah ini

Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas Bandung