Profile Pantai Temajuk Sambas

Pantai Temajuk Sambas

Pantai Temajuk Sambas

Pantai di Ujung Utara Kalimantan

 

 

Temajuk merupakan desa di bagian utara Provinsi Kalimantan Barat dan berbatasan langsung dengan Malaysia. Jaraknya hanya 4 km dari Telok Melano.

Desa Temajuk memiliki garis pantai yang panjang, yakni sekitar 60 km terhampar di sepanjang pesisir menuju ke Desa Temajuk. Desa ini berada di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas dan menjadi destinasi wisata tujuan utama di Sambas selain Istana Alwatzikubillah dan Masjid Sultan Muhammad Tsafi'uddin II. Tempat wisata yang terkenal akan keindahan dan pesonanya di Desa Temajuk adalah Pantai Temajuk.

Estimasi Dana ke Wisata Pantai Temajuk Sambas

Wisata Pantai Temajuk Sambas memiliki akses menuju lokasi yang cukup memakan waktu. Pertama, dari Kartiasa anda akan menyeberang dengan feri, Rp. 5.000/motor dan 35.000/mobil. Kedua, di daerah Sungai Sumpit menuju ke Dusun Ciremai, anda harus menggunakan dermaga penyebrangan dengan tarif Rp. 5.000-Rp. 8.000/motor dan Rp. 15.000-45.000/mobil. Sehingga, secara keseluruhan anda tinggal menyesuaikan penggunaan kendaraan menuju ke Pantai Temajuk Sambas lalu menjumlahkan besarnya anggaran yang harus dikeluarkan.

 

Berwisata ke Pantai Temajuk Sambas

Kisah Unik Asal Mula Nama Temajuk

 

 

Terlintas di benak kita ketika ingin berlibur ke tempat bernama Temajuk. Mengapa dinamakan Temajuk?

Ya, nama tempat ini memiliki kisah asal mula yang begitu unik. Ada yang bercerita bahwa nama Temajuk dipilih karena tempat ini dahulunya adalah tempat berkumpulnya pemburu yang menggunakan sekumpulan anjing untuk mempermudah aktivitas berburunya. Awalan “Tem” dari kata Temajuk berarti sekumpulan. Kata “Tem” tersebut kemudian menjadi kata Temajuk yang berati sekumpulan pemburu bersama anjing-anjing peliharaannya.

 

Namun, cerita lainnya mengatakan bahwa kata “Temajuk” merupakan akronim yang diberikan oleh masyarakat setempat yaitu Tempat Masuk Jalur Komunis, sebab dulunya daerah ini berkaitan dengan pembentukan Negara Komunis di bumi Kalimantan ini. Tepatnya daerah Sarawak, Sambas, hingga ke daerah lainnya.

Tetapi, semua cerita tersebut akan tertutupi pasir pantai saat tapak kaki kita menginjak pasir di lokasi yang begitu indah.

 

Dua Kali Mendayung, Pantai Temajuk Kudatangi

 

 

Begitu memasuki kawasan ini, anda bisa memarkirkan kendaraan anda di tempat parkir yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Saat anda turun dari kendaraan, maka sejuknya angin pantai dan suara deburan ombak akan menyapa anda dengan keindahannya, membuat siapapun ingin segera berenang di pantai ini. Terdapat warung-warung dan kursi yang bisa anda gunakan untuk bersantai serta meletakan barang anda di tempat tersebut.

Untuk mencapai Pantai Temajuk, perjalanan dimulai dari Desa Lorong menuju ke dermaga penyeberangan Tanjung Harapan. Sesampainya di sana, kita akan menaiki kapal ferry ASDP menuju ke Pelabuhan Telok Kalung dan menunggu di atas kapal.

Sambil menghabiskan waktu selama di atas kapal ferry, anda bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan lautan yang indah seraya menikmati semilirnya angin yang berhembus.

 

Setelah sampai di tempat selanjutnya, anda akan melanjutkan perjalanan ke penyeberangan Pelabuhan Ceremai untuk menuju ke Pantai Temajuk. Kondisi pelabuhan yang berada di Sungai Sumpit ini sudah bagus, sebab telah dibangun pelabuhan baru yang diresmikan pada bulan Mei 2016.

Di atas kapal, anda akan disuguhkan kembali dengan pemandangan lautan dan pepohonan yang indah, sehingga tak terasa anda telah sampai ke Desa Ceremai.

 

 

Selanjutnya, perjalanan anda akan melalui beberapa desa dan mata anda akan melihat pemandangan hutan dan pepohonan yang tinggi di kiri dan kanan anda. Jarang sekali ditemukan pemukiman warga di sekitar jalanan ini.

Namun, setelah anda menempuh perjalanan tersebut, anda akan disuguhkan dengan Tugu Pancasila, sebuah tugu yang indah dan di atasnya terdapat Burung Garuda. Tugu ini merupaka tugu yang dibangun sebagai lambang persatuan dan kesatuan, sesuai dengan semboyan negara ini yaitu “Bhineka Tunggal Ika”. Jangan lupa, hentikan kendaraan anda sejenak, lalu silahkan turun dan berfoto.

 

Tetesan Surga di Ujung Kalimantan

 

 

Sebelum memasuki Pantai Temajuk, anda akan melewati pintu gerbang yang bewarna putih dan pertanda bahwa pengunjung akan memasuki Pantai Temajuk. Begitu anda turun dari kendaraan anda, maka anda akan melihat keunikan dan keindahannya yang sangat memukau.

Pantai Temajuk memupunyai banyak pesona yang bisa menarik perhatian wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Tapak demi tapak kaki anda meniti pantai ini di atas pasir yang terbentang di Pantai Temajuk yang sangat bersih.

 

 

Kondisi pantai yang masih alami, dengan pantai pasang surut yang eksotis, pasir putih yang terhampar luas, gugusan bebatuan granit yang indah, dan perpaduan bebatuan granit dengan batuan karang yang eksotis terhampar hingga Tanjung Datuk yang menjadi perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, membuat anda ingin mengelilingi pantai ini tanpa melepaskan pandangan mata anda ke sekeliling Pantai Temajuk. Pemandangan khas pantai yang memanjakan setiap mata yang berkunjung ke sana.

 

 

Setelah anda puas melihat pemandangan sekitar Pantai Temajuk, anda juga bisa melakukan aktifitas untuk berenang, menyelam, dan berselancar. Ombak yang dimiliki oleh Pantai Temajuk pada bulan Oktober – Februari memang tergolong tinggi dan besar sehingga cocok diguanakan untuk kegiatan berselancar.

Anda juga bisa melihat indahnya pemandangan bawah laut Pantai Temajuk yang kaya akan berbagai jenis biota laut dengan melakukan kegiatan menyelam atau diving, dan rasakan sensasi menyelam di bawah laut yang diiringi dengan ikan-ikan di sekeliling anda.

Pantai Temajuk semakin menarik dengan adanya penyu-penyu yang biasa bertelur di sekitar pantai. Penyu-penyu tersebut terdiri dari berbagai macam spesies yang unik. Namun, anda perlu berhati-hati dan tidak menganggu penyu-penyu yang ada disana.

Keunikan lain dari pantai ini ialah saat air laut surut, maka pantai ini menyisakan hamparan pasir yang sangat luas dengan pemandangan terumbu karang dan formasi bebatuan. Pada sore harinya, anda bisa melihat suasana saat matahari kembali ke peraduannya. Bagi anda yang berkunjung ke sini, jangan lupa  untuk mengabadikan momen-momen indah tersebut.

Itulah salah satu daya tarik dari Pantai Temajuk, pantai di ekor pulau Kalimantan, pantai di perbatasan beranda negara yang menyimpan kekayaan alam yang tak ternilai, daerah yang layak disebut “Tetesan Surga di Ujung Kalimantan”.

 

Transportasi Menuju Pantai Temajuk Sambas

Kendaraan Pribadi

         Jika memulai perjalanan dari Bandara Supadio, Kabupaten Kubu Raya, maka anda bisa memulai perjalanan dari Kota Pontianak – Kota Sambas -  Jalan Kartiasa – Jembatan Kartiasa – Penyeberangan I – Penyeberangan II – Pulau Temajuk. Waktu tempuh dari Kota Pontianak jika tanpa hambatan macet sekitar 8 jam 5 menit / 350 Km. Jika anda berangkat pagi dari Kota Pontianak, sebaiknya anda menginap terlebih dahulu di Kota Sambas, lalu melanjutkan perjalanan ke Pantai Temajuk keesokan paginya.

 

Jika memulai perjalanan dari Kota Singkawang, maka anda bisa memulai perjalanan dari Kota Singkawang - Kota Sambas -  Jalan Kartiasa – Jembatan Kartiasa – Penyeberangan I – Penyeberangan II – Pulau Temajuk. Waktu tempuh dari Kota Pontianak jika tanpa hambatan macet sekitar 5 Jam / 187 Km.

 

Kembali ke:

Wisata di Sambas

Wisata di Kalimantan Barat

Wisata di Nusantara

Pantai Temajuk Sambas
Pantai Temajuk Sambas
Pantai Temajuk Sambas
Pantai Temajuk Sambas
Pantai Temajuk Sambas
Pantai Temajuk Sambas
Pantai Temajuk Sambas
Pantai Temajuk Sambas
Pantai Temajuk Sambas
Pantai Temajuk Sambas
Pantai Temajuk Sambas
Pantai Temajuk Sambas
Pantai Temajuk Sambas
Pantai Temajuk Sambas
Pantai Temajuk Sambas
Pantai Temajuk Sambas
Pantai Temajuk Sambas
Pantai Temajuk Sambas
Pantai Temajuk Sambas