Profile Pemandian Air Panas Cibolang Bandung

Pemandian Air Panas Cibolang Bandung

Pemandian Air Panas Cibolang Bandung

“Mencari Kehangatan di Pangalengan”

 

 

Berbicara mengenai wisata di Pangalengan, sudah pasti tidak asing lagi bagi kita mengenai wisatanya seperti Situ Cileunca dan Perkebunan Teh Malabar yang terkenal akan keindahannya. Sama seperti objek wisata tersebut yang dikenal masyarakat umum, di daerah Pangalengan juga memiliki wisata terkenal lainnya yaitu Wisata Cibolang Hot Spring atau Pemandian Air Panas Cibolang yang terletak di dataran tinggi pegunungan Bandung Selatan dengan ketinggian 1.000 – 1.400 mdpl dengan luas hampir 2 Hektar. Jika anda berkunjung ke sana, maka lokasinya dapat kita tempuh sekitar 2 jam dari arah Kota Bandung.

 

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Pemandian Air Panas Cibolang

Kawasan Wisata Cibolang Hot Spring atau Pemandian Air Panas Cibolang Bandung buka selama 24 jam, jadi anda bisa datang kapanpun yang anda inginkan. Sebaiknya anda datang pagi hari di saat udara sedang sejuk dan pemandangan yang indah, serta anda bisa menikmati wisata ini lebih lama. Untuk dapat memasuki wisata ini, anda harus membayar tiket masuk sebesar :

 

 

Harga Tiket Wisata Cibolang :

  1. Perorangan                  : Rp. 10.000/ orang
  2. Parkir Roda 2              : Rp. 2.000
  3. Parkir Mini Bus           : Rp. 5.000
  4. Parkir Bus Truk           : Rp. 20.000
  5. Bak Rendam               : Rp. 10.000/ orang

 

Berwisata ke Pemandian Air Panas Cibolang

Melewati Gerbang Pemandian Air Panas Cibolang

 

 

 

Bagi anda yang ingin menuju Pangalengan, anda harus menempuh perjalanan yang panjang dan berkelok-kelok, membuat anda harus berhati-hati. Di dalam perjalanan, anda akan menikmati indahnya panorama kebun teh ketika memasuki areal PT. Perkebunan Nusantara VIII Malabar. Ketika memasuki area ini, jangan lupa untuk berhenti sejenak di pinggir jalan yang cukup luas sehingga tidak mengganggu kendaraan lain yang berlalulalang, lalu keluarkan kamera anda dan berfotolah dengan latar belakang kebun teh yang hijau. Indahnya alam di Bandung Selatan ini sangat menakjubkan dengan suhu yang dingin yang membuat kita untuk terus bersyukur dan menjaga kelestariannya.

 

 

Jalan raya yang membelah kebun teh yang indah ditambah dengan pohon-pohon besar berada di kanan kiri jalan sungguh membuat decak kagum akan keindahan alam perekebunan menuju ke Pemandian Air Panas Cibolang. Lalu, anda akan meninggalkan jalan aspal dan masuk ke jalan bebatuan, membelah sawah dan sampai akhirnya anda akan menemukan gerbang Pemandian Air Panas Cibolang. Memasuki area Cibolang, pengunjung langsung disuguhi pemandangan pegunungan yang menjulang dari tempat parkir kendaraan yang sangat luas dan membuat anda bebas memilih di mana kiranya tempat yang cocok untuk memarkirkan kendaraannya. Begitu pula dengan parkiran untuk kendaraan roda dua / motor sudah disediakan secara khusus, jadi anda pengguna kendaraan langsung saja memarkirkan kendaraan ke tempat yang telah disediakan.

Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan di Wisata Pemandian Air Panas Cibolang?

 

Ada 3 Kolam

 

 

Objek wisata Pangalengan memang menjadi destinasi utama wisatawan lokal maupun mancanegara yang sedang liburan ke Bandung. Alasannya bisa kita lihat dan rasakan dari tempatnya yang memang berhawa sejuk dengan suhu udara antara 12 – 28 oC, dengan pemandangan alam yang alami, asri, dan segar, seperti di kawasan Cibolang. Sebagaian besar kawasan Wisata Cibolang ini dihiasi oleh hamparan perkebunan teh yang tumbuh subur dan hijau, terlebih di kawasan wisata ini telah dilengkapi banyak fasilitas wisata yang akan menjadikan anda betah berlama-lama berada di sini. Pemandian Air Panas Alami di Cibolang ini terkenal dengan khasiatnya yang ampuh untuk mengobati berbagai penyakit kulit, karena sumber air panas yang dialirkan ke kolam panas Cibolang bersumber dari Gunung Windu.

 

Kolam pertama dekat pintu masuk

 

Dikarenakan pengunjung yang datang ke sini terdiri dari banyak golongan usia, maka kolam pemandian air panas alami di Cibolang Pangalengan ini pun menyediakan beberapa macam kolam dengan kedalaman dan fungsi yang berbeda-beda. Setibanya anda di sana, anda akan melihat kolam pamandian air panas pertama yang disediakan untuk pengunjung dewasa atau juga untuk terapi. Kedalaman kolam pertama yang dekat dengan pintu masuk ini mencapai sekitar leher orang dewasa, dengan suhu kolam mencapai 40 oC.

 

Kolam kedua yang luas

 

Kolam ketiga bak rendam

Jenis kolam pemandian air panas yang bisa anda kunjungi lainnya ialah kolam kedua yang menjadi kolam terluas di Pemandian Air Panas Cibolang. kedalamannya hanya sekitar 80 cm, sehingga anda yang sudah dewasa dan remaja bisa masuk ke kolam ini. Suhu kolam air panas di sini mencapai 35 oC. Lalu, di sini juga tersedia untuk anda jenis kolam pemandian air panas yang sangat cocok dan ideal sebagai tempat anda bersantai dengan berendam, khususnya buat kolam berendam anak. Namun, untuk maasuk ke lokasi kolam renang dangkal ini, anda harus membayar tiket masuk atau tarif retribusi terlebih dahulu sebesar Rp.10.000, sekaligus anda pun akan mendapatkan satu ban rendam. Tentunya, seluruh kolam ini merupakan kolam yang bersumber dari mata air dan mengeluarkan air panas mengandung belerang yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

 

Ngagogo??

 

 

Bagi sebagian orang, memancing merupakan kegiatan yang dijadikan sebagai hobi. Para pemilik hobi ini bahkan rela harus duduk berjam-jam di pemancingan menunggu umpan dilahap ikan. Selain menikmati hangatnya mata air panas alami, disini juga terdapat kolam yang sengaja dibuat untuk aktivitas memancing. Tetapi, kegiatan memancing di sini sangat unik yang mungkin tak pernah anda jumpai di lokasi wisata pemandian air panas manapun. Tepat di bagian belakang lokasi pemandian air panas Cibolang, terdapat kolam yang dibuat untuk aktivitas ngagogo atau menangkap ikan dengan menggunakan tangan kosong. Aktivitas ini menjadi salah satu daya tarik di Pemandian Air Panas Cibolang. Sehingga, bagi anak-anak hal itu menjadi pengalaman sangat seru yang akan sulit terlupakan karena menangkap ikan dengan tangan kosong.

 

 

Keeksotisan Alam

 

 

Suasana yang sangat tenang serta panorama di sekitar pemandian air panas Cibolang yang indah membuat tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Tempatnya yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan membuat anda berendam di air hangat terasa semakin nikmat. Hamparan kebun teh yang tersaji di sekitar Cibolang seakan-akan permadani berwarna hijau yang akan berubah warna menjadi kuning keemasan tatkala mentari mulai terbenam, pemandangan yang jarang kita temui. Jangan lupa untuk mengeluarkan kamera anda, lalu mengabadikan momen tersebut.

 

 

Pemandian air panas yang begitu indah.  Dimulai dari rute perjalanan yang menanjak serta mengikuti alur perbukitan di Bandung Selatan. Kabut-kabut tipis seiring cuaca yang semakin sejuk menambah perjalanan akan terasa menyenangkan dan tidak membosankan. Dari rute tersebut anda juga dapat melihat Kota Bandung dari kejauhan seakan-akan seperti sebuah mangkuk besar yang diatasnya terdapat rumah dan bangunan-bangunan yang tampak kecil. Datang secara beramai-ramai tentu akan semakin menjadikan liburan anda begitu seru. Anda di sana bisa berendam air panas, dimana mata bisa bebas menikmati pemandangan hijaunya pepohonan, dan segarnya udara yang dihirup. Tunggu apa lagi? Datangi wisata ini, rasakan sensasi alam yang luar biasa.

Fasilitas di Pemandian Air Panas Cibolang

 

 

Karena telah dikembangkan sebagai kawasan wisata terpadu sejak tahun 1986, Pemandian Air Panas Cibolang mempunyai fasilitas yang lengkap seperti :

  1. Kolam Renang Air Panas
  2. Kolam Ngagogo
  3. Mushola
  4. Bale Kambang
  5. Penginapan
  6. MCK & Kamar Ganti
  7. Saung
  8. Lahan Parkir
  9. Warung yang menjual makan dan minuman.

Transportasi Menuju Pemandian Air Panas Cibolang

Kendaraan Pribadi

              Jarak dari pusat Kota Bandung ke lokasi Wisata Cibolang Hot Spring atau Pemandian Air Panas Cibolang berjarak sekitar 52 km dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam. Berikut rute Wisata Cibolang Hot Spring atau Pemandian Air Panas Cibolang yang bisa anda lewati jika berangkat dari Jakarta :

  1. Jakarta – Cipularang – Pintu Tol Kopo – Soreang – Jalan Raya Pangalengan – Desa Wanasuka – Pemandian Air Panas Cibolang.
  2. Jakarta – Bandung – Jalan Cibaduyut Raya – Jalan Raya Banjaran  – Jalan Raya Pangalengan – Desa Wanasuka – Pemandian Air Panas Cibolang.

 

Kendaraan Umum

Rute dimulai dari Terminal Leuwi Panjang Bandung. Bus dari Leuwi Panjang Bandung - Pangalengan (Rp. 20.000) – Angkutan Kota ke Pemandian Air Panas Cibolang (Rp. 10.000)/ Ojek Motor ke Pemandian Air Panas Cibolang (Rp. 20.000 –Rp. 40.000).

 

Kembali ke:

Wisata di Bandung

Wisata di Jawa Barat

Wisata di Nusantara

Pemandian Air Panas Cibolang Bandung
Pemandian Air Panas Cibolang Bandung
Pemandian Air Panas Cibolang Bandung
Pemandian Air Panas Cibolang Bandung
Pemandian Air Panas Cibolang Bandung
Pemandian Air Panas Cibolang Bandung
Pemandian Air Panas Cibolang Bandung
Pemandian Air Panas Cibolang Bandung
Pemandian Air Panas Cibolang Bandung
Pemandian Air Panas Cibolang Bandung
Pemandian Air Panas Cibolang Bandung
Pemandian Air Panas Cibolang Bandung
Pemandian Air Panas Cibolang Bandung
Pemandian Air Panas Cibolang Bandung
Pemandian Air Panas Cibolang Bandung
Pemandian Air Panas Cibolang Bandung
Pemandian Air Panas Cibolang Bandung
Pemandian Air Panas Cibolang Bandung
Pemandian Air Panas Cibolang Bandung
Pemandian Air Panas Cibolang Bandung
Pemandian Air Panas Cibolang Bandung
Pemandian Air Panas Cibolang Bandung
Pemandian Air Panas Cibolang Bandung