Profile Saung Angklung Udjo Bandung

Saung Angklung Udjo Bandung

Saung Angklung Udjo Bandung

Lantunan Suara Si Musik Bambu

Berbicara mengenai Bandung, ya, memang kota ini memiliki banyak pilihan tempat wisata dan ciri khasnya yang membuat siapapun termasuk anda penasaran ingin mengunjunginya. Kota Bandung yang dikelilingi oleh jalur pegunungan ternyata menjadikan Bandung sebagai kota yang memiliki banyak destinasi wisata. Mulai dari tempat wisata alam seperti Gunung Tangkuban Perahu Bandung, dan Tebing Keraton Bandung lalu anda juga bisa menjumpai wisata terpadunya seperti Dusun Bambu Lembang, hingga wisata berupa tempat makan yang menawarkan pemandangan yang indah seperti Kampung Daun Bandung dan The Peak Resort Bandung. Berbicara mengenai tempat wisata di Bandung, terlintas di benak kita mengenai keberadaan wisata edukasi di kota yang terkenal akan alat musiknya berupa Angklung, apa ada? Jawabannya tentu ada, tempat ini bernama Saung Angklung Udjo, tempat yang menjadi pembicaraan turis lokal khususnya turis mancanegara yang ingin melihat secara langsung pertunjukan angklung sekaligus ingin mencoba memperlajari alat musik dari Bumi Jawa Barat. Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata yang berbeda, unik, serta menghibur serta mendidik, maka anda dapat mencoba datang ke Saung Angklung Udjo Bandung.

 

Jam Buka dan Tiket Masuk Saung Angklung Udjo Bandung

Kawasan Saung Angklung Udjo Bandung buka setiap hari yaitu pada hari Senin - Minggu. Sedangkan untuk waktu berkunjung, anda bisa berkunjung mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB. Jadi, anda bisa datang pada jam operasional tersebut. Jika anda ingin menyaksikan secara langsung pagelaran-pagelaran yang ada di tempat ini, maka anda bisa datang pada pukul :

  • Sore/ Reguler              : 15.30 – 17.00 WIB
  • Malam                        : 18.30 – 20.00 WIB

Untuk dapat memasuki tempat ini, anda perlu membayar tiket masuk dengan harga :

  • Harga Tiket (Senin – Minggu, Kecuali Sabtu)
  • Wisatawan Lokal        : Rp. 60.000/ orang
  • Wisatawan Asing        : Rp. 100.000/ orang
  • Mahasiswa                 : Rp. 40.000/ orang
  • Mahasiswa Asing        : Rp. 60.000/ orang

 

  • Harga Tiket (Khusus Sabtu)
  • Wisatawan Lokal        : Rp. 70.000/ orang
  • Wisatawan Asing        : Rp. 110.000/ orang
  • Mahasiswa                 : Rp. 50.000/ orang
  • Mahasiswa Asing        : Rp. 70.000/ orang

Catatan :

  • Jika anda ingin melakukan reservasi umum (rombongan orang dewasa), minimal anda harus memesan sebanyak 50 orang.
  • Keterlambatan kehadiran dari waktu yang telah disepakati sesuai jadwal, akan memengaruhi durasi pertunjukan anda.
  • Khusus grup pelajar/ mahasiswa, jam pertunjukan reguler/ sore maksimal 100 orang.

 

Berwisata ke Saung Angklung Udjo Bandung

Berbicara mengenai alat musik khas Jawa Barat, yang terpikirkan oleh kita adalah alat musik bernama Angklung yang banyak berkembang di daerah Tanah Sunda atau Jawa Barat. Keberadaannya yang semakin jarang dikenal oleh generasi muda menyebabkan alat musik ini perlu untuk tetap terjaga, oleh sebab itu Unesco pada bulan November tahun 2010 memasukkan angklung ke dalam daftar karya warisan budaya lisan dan non bendawi manusia. Di sisi lain, banyak orang-orang yang cinta budaya atau dikenal dengan budayawan dan seniman berusaha untuk melestarikan alat musik angklung ini, salah satunya adalah Udjo Ngalagena pendiri dari Saung Angklung Udjo Bandung. Hadirnya Saung Angklung Udjo Bandung merupakan upaya dari orang-orang yang peduli untuk melestarikan kebudayaan Sunda, khususnya alat musik angklung agar nantinya dapat dengan mudah dikenalkan pada masyarakat luas khususnya generasi muda Indonesia. Di Saung Angklung Udjo Bandung, anda akan menemukan pusat kerajinan bambu dan workshop mengenai alat musik bambu sebagai upaya untuk memberikan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat.

 

Nama Saungnya Udjo?

Udjo Ngalagena adalah seorang seniman angklung yang berasal dari Jawa Barat. Lahir pada tanggal 5 Maret 1929, Udjo Ngalagena adalah anak keenam dari pasangan Wiranta dan Imi. Udjo Ngalagena sudah mengenal kesenian angklung sejak berumur 4 tahun, sehingga tidak heran apabila Udjo Ngalagena sangat mencintai kesenian ini sampai akhirnya mendirikan sebuah tempat wisata yang menjadi wadah edukasi bagi turis lokal maupun turis mancanegara yang ingin mempelajari kesenian Tanah Sunda ini. Selain angklung, Udjo Ngalagena juga mendalami seni bela diri tradisional pencak silat, gamelan, kecapi, dan juga lagu-lagu daerah berbahasa Indonesia dan Belanda. Sehingga, di Saung Angklung Udjo tidak hanya menyajikan pertunjukkan angklung, namun juga berbagai macam kesenian khas Jawa Barat. Pada tahun 1966, Udjo Ngalagena atau juga dikenal sebagai Mang Udjo bersama dengan istrinya, Uum Sumiati mendirikan Saung Angklung Udjo Bandung dengan tujuan melestarikan seni dan budaya tradisional Sunda. Namun, sebelum menjadi Saung Angklung Udjo, mereka awalnya membuat paguyuban kesenian Sunda pada tahun 1950-an dengan mengusung bambu sebagai bahan utamanya.

Mulai dari alat musik, kursi, hingga panggung pertunjukkannya sengaja dikonsep dengan mengunakan bahan dasar bambu. Dalam membuat pertunjukkan, Mang Udjo menerapkan prinsip mudah, murah, mendidik, menarik, masal, dan meriah yang terkenal dengan sebutan Kaulinan Urang Lembur. Ia juga memadukan kesenian Sunda yang atraktif dengan pendidikan. Hasilnya, pertunjukkannya pun diminati semua generasi muda, termasuk juga orang dewasa dan seluruh lapisan masyarakat. Hal inilah yang kemudian menginspirasi Mang Udjo untuk mendirikan Saung Angklung Udjo Bandung. Memiliki sebutan lain Saung Angklung Mang Udjo, tempat wisata di Bandung ini adalah satu-satunya tempat yang bisa dikatakan sebagai pelopor sekaligus menjadi pusat kesenian tradisional angklung yang menyajikan atraksi pagelaran memainkan alat musik tradisional yang berbahan dasar bambu beserta dengan proses pembuatannya dalam satu kawasan wisata. Sepeninggal Udjo Ngalagena pada tanggal 03 Mei 2001, Saung Angklung Udjo tetap diteruskan oleh para putra – putri Udjo Ngalagena sehingga Saung Angklung Udjo tetap ramai dengan pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan kesenian tradisional daerah sekaligus mempelajarinya.

 

Pagelarannya Hanya Angklung?

Begitu sampai di areal Saung Angklung Udjo, anda akan melihat pelataran parkir yang luas dikelilingi oleh pohon-pohon bambu, suasana sejuk dan segar pun akan anda rasakan di tempat ini. Sambil menikmati suasana yang memiliki ciri khas Sunda ini, anda dan rombongan bisa menuju lobi untuk membeli tiket masuk sesuai dengan harga yang telah disesuaikan dengan hari kunjungan anda, apakah hari Senin – Minggu (Kecuali hari Sabtu) atau pada hari Sabtu saja. Harga tersebut sudah termasuk welcome drink, dan menonton pertunjukkan selama 2 jam. Sebelum masuk ke aula pertunjukkan, anda bisa berjalan-jalan di sekeliling Saung Mang Udjo untuk melihat kerajinan dan cinderamata yang ada disini. Disini, anda juga kita bisa melihat kekayaan budaya Sunda yang agung dan pastinya dengan ciri khas berbahan dasar bambu. Rasakan kaki anda menapaki lantai diiringi dengan lantunan musik sunda dan suasana yang sangat tradisional. Setiap iringan langkah kaki, maka anda akan ditemani dengan pemandu yang siap memuaskan rasa ingin tahu anda dan rombongan tentang budaya Sunda, alat musik angklung ataupun tentang pertunjukkan yang akan dilihat pada pagelaran.

Dikarenakan tujuan utama dari pendirian Saung Angklung Udjo Bandung sebagai pusat pendidikan dan juga penelitian kebudayaan sunda khususnya angklung, maka tempat ini mampu menarik minat banyak wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Hal ini bisa dibuktikan dengan selalu penuh serta semaraknya Saung Angklung Udjo Bandung setiap kali ada pementasan kesenian di tempat ini. Begitu anda memasuki amphiteater tempat diadakan pertunjukan, maka anda akan melihat paseban tempat digelarnya pertunjukan yang memiliki konsep dengan tataan tarup-tarup dan teratak-teratak. Luasnya kurang lebih setara setengah lapangan sepak bola. Di sini, anda akan melihat bermacam-macam model pengunjung, mulai dari dalam kota, luar kota, bahkan ada yang dari luar negeri. Mulai dari siswa-siwi sekolah dasar hingga menengah, mahasiswa, komunitas sampai outing perusahaan. Saat MC Saung Angklung Udjo menyambut kedatangan para pengunjung, maka hal tersebut mendandakan bahwa pertunjukan siap dimulai. Dari titik pusat paseban, pembawa acara menyapa pengunjung yang datang dalam berbagai bahasa. Mulai dari Bahasa Sunda, Indonesia, Inggris, Jepang, hingga Korea. Apa hanya ada atraksi angklung saja? Tentu tidak.

Di sini, anda dan rombongan bisa menikmati berbagai macam pertunjukan, mulai dari :

  • Demonstrasi Wayang Golek

Pementasan boneka kayu khas Sunda yang mirip badan manusia ini lengkap dengan kostum-kostum yang unik melekat di tiap tubuh boneka. Saung Angklung Udjo Bandung selalu mementaskan wayang golek dimana dalam pementasan itu terdapat pesan moral di dalamnya.

  • Tari Topeng

Tarian khas Cirebon ini biasanya dibawakan oleh para wanita dalam pementasannya. Sinopsis dalam tariannya diilhami dari pembawa berita Kerajaan Majapahit yang sedang menyelidiki dan melihat keadaan Kerajaan Blambangan. Awalnya, penari akan menari tanpa mengenakan topeng. Kemudian mereka mulai menari mengenakan topeng dengan cerita si pembawa berita menyamar menjadi seorang pria yang gagah untuk melawan Prabu Menakjingga.

  • Helaran

Helaran biasanya dimainkan untuk upacara tradisional saat khitanan dan upacara panen padi. Tujuan dari Helaran ini sebenarnya untuk menghibur masyarakat sekaligus ucapn rasa syukur pada Tuhan. Musik yang mengiringi pertunjukkan ini pun bersifat semangat dan riang dengan angklung yang digunakan bernada pentatonis.

  • Angklung Orkestra

Di angklung orkestra Saung Angklung Udjo Bandung, anda akan disuguhkan dengan berbagai jenis lagu, mulai dari balonku, twinkle-twinkle little star, sampai dengan lagu-lagu dangdut dan lagu daerah Indonesia, tentunya dengan menggunakan angklung sebagai alat musiknya.

  • Saatnya Mencoba Bermain Angklung

Di Saung Angklung Udjo Bandung, anda dan penonton lainnya juga diberi kesempatan untuk bermain angklung. Anak-anak bimbingan Saung Angklung Udjo akan meminjamkan angklung dengan berbagai nomor. Dengan bimbingan dan instruksi dari Saung Angklung Udjo, dalam waktu yang amat singkat, anda dan penonton lainnya dapat memainkan beberapa lagu dengan angklung tersebut.

  • Diakhiri Dengan Menari Bersama

Di akhir acara, anak-anak yang tergabung dalam komunitas Saung Angklung Udjo akan mengajak anda dan penonton lainnya untuk menari dan bernyanyi bersama. Seru bukan?

 

Ya, itulah kegiatan yang bisa anda lakukan di Saung Angklung Udjo Bandung, sebuah tempat wisata yang berusaha memadukan alam dengan budaya. Dihiasi dengan lingkungan yang dipenuhi pohon bambu dan seluruh bangunannya juga terbuat dari bambu, mulai dari interior, dekorasi, dan alat-alat musik yang ada. Tempat dimana anda dan rombongan tidak hanya melihat pertunjukkan yang rutin digelar, namun anda ataupun anak anda bisa belajar mengenai kesenian Sunda. Mulai dari belajar alat musik berupa Angklung dan Arumba, belajar tari tradisional, pencak silat, wayang, hingga seni karawitan.

Tunggu apalagi? Segera kunjungi Saung Angklung Udjo Bandung, nikmati udara segarnya, rasakan alunan nada musik tradisionalnya, lalu lestarikan warisannya.

 

Fasilitas di Saung Angklung Udjo Bandung

Dikarenakan tempat ini merupakan tempat wisata edukasi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara, maka Saung Angklung Udjo Bandung mempunyai fasilitas yang lengkap seperti :

  1. Parkiran
  2. Tour Guide
  3. Tempat Duduk
  4. Amphiteater
  5. Tempat Penjualan Makanan
  6. Tempat Penjualan Oleh-oleh
  7. Toilet

Secara spesifik, Saung Angklung Udjo Bandung membagi fasilitas ini menjadi beberapa bagian, yaitu :

  • Bale Karesemen

Tempat ini merupakan tempat berkumpul yang juga dipakai untuk pertunjukan seni. Terdapat panggung untuk karawitan dan kursi yang terbuat dari kayu sebagai tempat duduk pengunjung.

  • Buruan Sari Asih

Di sini anda dan rombongan dapat bersantai sambil menikmati suasana khas Sunda ditemani dengan sejuknya udara yang ada.

  • Sentra Penyuluhan Kehutanan

Sentra ini merupakan tempat yang dibuat berdasarkan kegiatan kerja sama dengan departemen kehutanan, dimana di tempat ini anda akan diberikan penyuluhan untuk memelihara pohon dalam berkontribusi pada lingkungan.

  • Pusat Produksi Angklung

Di sini, anda dapat melihat dan belajar cara membuat angklung yang terbaik di Indonesia, mulai dari proses awal sampai akhir dari pembuatan.

  • Saung dan Dapur Udjo

Setelah puas menyaksikan pertunjukan kesenian dan mengunjungi saung-saung yang ada, anda bisa berkumpul bersama keluarga/ rekan sambil menikmati suasana khas Sunda dengan memesan makanan khas Sunda yang memiliki cita rasa luar biasa.

 

Alamat Saung Angklung Udjo Bandung

Alamat Saung Angklung Udjo Bandung.

Jalan Padasuka, Nomor 118, Bandung 40192 , Jawa Barat, Indonesia.

 

Transportasi Menuju Saung Angklung Udjo Bandung

Kendaraan Pribadi

               Jarak dari pusat Kota Bandung ke lokasi Saung Angklung Udjo Bandung berjarak sekitar 6 km dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit. Berikut rute Saung Angklung Udjo Bandung yang bisa anda lewati jika berangkat dari Kota Bandung :

  1. Melalui Jalan Baranang Siang – Jalan Ahmad Yani – Jalan PH.H. Mustofa – Jalan Padasuka – Sebelah Kanan Saung Angklung Udjo Bandung.
  2. Jalan Baranang Siang – Jalan Ahmad Yani – Jalan W.R. Supratman – Jalan Brigjen. Katamso – Jalan Terusan Katamso di Cihaur Geulis – Jalan Sukasenang Raya – Jalan PH.H. Mustofa – Sebelah Kanan Saung Angklung Udjo Bandung.

 

Kendaraan Umum

Terminal Leuwipanjang – Angkot 06 ke Cicaheum – Turun di Perempatan Padasuka – Jalan Kaki ± 100 m atau naik ojek (Rp. 10.000) ke Saung Angklung Udjo Bandung.

 

Kembali ke:

Wisata di Bandung

Wisata di Jawa Barat

Wisata di Nusantara

Saung Angklung Udjo Bandung
Saung Angklung Udjo Bandung
Saung Angklung Udjo Bandung
Saung Angklung Udjo Bandung
Saung Angklung Udjo Bandung
Saung Angklung Udjo Bandung
Saung Angklung Udjo Bandung
Saung Angklung Udjo Bandung
Saung Angklung Udjo Bandung
Saung Angklung Udjo Bandung
Saung Angklung Udjo Bandung
Saung Angklung Udjo Bandung
Saung Angklung Udjo Bandung
Saung Angklung Udjo Bandung

Kirim Review

Nama
Email
No. HP
Rating
Review
Gambar
Kode unik refresh