Profile Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung

Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung

Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung

“Mencari Kehangatan di Pegunungan”

 

 

Bandung memang memiliki banyak pilihan objek wisata yang bisa anda kunjungi dan salah satunya ada di daerah Ciwidey ini. Ciwidey dikenal sebagai tempat yang memiliki suasana yang dingin, sejuk, dan alami. Berbagai objek wisata alam yang bisa menjadi pilihan anda antara lain Kawah Putih, Situ Patenggang, dan Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu yang menjadi objek wisata untuk kita jelajahi panoramanya.

 

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Wisata Air Panas Cimanggu

Kawasan Taman Wisata Alam Pemandian Air Panas Cimanggu Bandung ini buka selama 24 jam. Jadi anda bisa datang kapanpun yang anda inginkan.

Sebaiknya anda datang pagi hari di saat udara sedang sejuk dan pemandangan yang indah, serta anda bisa menikmati wisata ini lebih lama.

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini sebesar :

 

 

Harga Tiket Masuk Week Day/ Hari Biasa :

  1. Wisatawan Lokal        : Rp 16.000/ orang
  2. Wisatawan Asing        : Rp 100.000/ orang
  3. Parkir Roda 2              : Rp. 6.000
  4. Parkir Roda 4              : Rp. 13.500
  5. Parkir Roda 6              : Rp. 67.500

 

Harga Tiket Masuk Week End/ Hari Libur :

  1. Wisatawan Lokal        : Rp 23.500/ orang
  2. Wisatawan Asing        : Rp 100.000/ orang
  3. Parkir Roda 2              : Rp. 8.500
  4. Parkir Roda 4              : Rp. 18.500
  5. Parkir Roda 6              : Rp. 92.500

 

Berwisata ke Wisata Air Panas Cimanggu

Selamat Datang di TWA Cimanggu

 

 

Wisata pemandian air panas Cimanggu sudah menjadi destinasi banyak orang yang sedang berkunjung ke Ciwidey, Bandung bagian selatan. Kolam tersebut terletak di Cimanggu. Destinasi pemandian air panas ini cocok untuk para pengujung yang datang dari ibu kota untuk melepas penat setelah aktifitas yang padat dan perjalanan yang cukup jauh tentunya.

 

 

Terletak pada ketinggian kurang lebih 1100 meter di atas permukaan air laut, Cimanggu dengan luas 154 Ha termasuk dalam wilayah Desa Rancabali, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Dengan latar belakang bukit yang hijau dengan topografi relatif datar dan sedikit bergelombang, akan memudahkan kita untuk berjalan-jalan. Tampak dari luar, kawasan ini terlihat begitu asri. Dengan pohon-pohon tropisnya yang menjulang tinggi, menyambut kedatangan kita saat berkunjung ke Wisata Taman Alam Pemandian Air Panas Cimanggu.

 

Ada 3 Kolam

 

Curah hujan yang cukup tinggi di kawasan objek wisata Cimanggu, membuat objek wisata ini memiliki suhu udara cukup dingin yaitu berkisar antara 15-25 derajat celcius.

Keberadaan udara yang masih segar karena berada cukup jauh dari keramaian kota dan terletak di kaki pegunungan akan memberikan sensasi tersendiri bagi anda yang mengunjungi Wisata Taman Alam Pemandian Air Panas Cimanggu.

Setiap akhir pekan, banyak pengunjung yang datang ke objek wisata ini dan menikmati fasilitas yang tersedia di dalamnya. Beberapa kegiatan wisata alam yang menarik dan dapat dinikmati di objek wisata ini antara lain berenang di pemandian air panas Cimanggu.

Begitu anda memasuki tempat wisata ini, maka anda akan dimanjakan dengan indahnya pegunungan di sekeliling anda ditambah dengan awan yang menutupi bagian puncak gunung tersebut.

Dinginnya udara seakan-akan menarik anda untuk segera masuk ke kolam pemandian air panas yang berada tepat di depan anda. Rasakan nikmatnya di air panas pada saat cuaca dingin.

Konon, berendam di pemandian air panas Cimanggu yang mengandung belerang, selain dapat membuat awet muda juga mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit seperti panu, kurap, kutu air, serta dapat memberikan efek relaksasi kepada anda yang mengunjunginya.

 

 

Taman Wisata Alam Pemandian Air Panas Cimanggu memiliki 3 kolam pemandian air panas dengan ukuran yang berbeda. Suhu air panas kolam Cimanggu berkisar mulai dari 40-60 derajat celsius. Kolam-kolam berukuran panjang kali lebar sekitar 5 kali 10 meter, 5 kali 17 meter, dan 5 kali 11 meter dan ini merupakan kolam air panas yang tersedia untuk umum, berbentuk seperti kolam renang biasa dan bersumber langsung dari Gunung Patuha.

Namun, anda juga bisa memilih kamar VIP dengan tarif Rp 5,000,- per 15 menit untuk bisa lebih menikmati hawa hangat dengan tenang di kamar tertutup. Di kamar VIP ini tersedia bak mandi air panas untuk anda berendam secara pribadi.

 

Bisa Memancing

 

 

Bagi sebagian orang, memancing merupakan kegiatan yang menjemukan. Namun tak sedikit pula yang justru dijadikan sebagai hobi. Para pemilik hobi ini bahkan rela harus duduk berjam-jam di pemancingan menunggu umpan dilahap ikan. Banyak para pemancing yang bahkan rela mengeluarkan ratusan ribu bahkan jutaan rupiah hanya untuk membeli peralatan mancing yang jika dibandingkan dengan hasil tangkapannya pastilah akan jauh sekali harganya. Jika anda memiliki hobi memancing, selain berendam di kolam air panas, anda bisa menyalurkan hobi anda di Kolam Pemancingan Wisata Alam Cimanggu.

 

 

Anda hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk ke kolam pancing cimanggu sebesar Rp.25.000,- (dua puluh lima ribu rupiah), lalu anda menyiapkan pancingan, melemparkan umpan ke kolam pemancingan, dan menunggu ikan menyambar pancingan anda. Seraya menunggu, anda tidak akan pernah bosan, sebab di sekeliling anda terdapat pemandangan yang begitu indah. Mulai dari saung-saung dari bambu serta pepohonan yang rindang.

Jika umpan anda disambar oleh ikan, anda bisa membawa pulang ikan tersebut dengan biaya Rp.35.000,- (tiga puluh lima ribu rupiah) per kilogram. Kolam pemancingan ini juga mempunyai fasilitas yang cukup nyaman, seperti Cafe Mancing, Marab Lauk, dan dekat fasilitas mushola.

 

Ingin Menginap?

 

 

Untuk sarana penginapan, pihak pengelola objek wisata Cimanggu sudah menyediakan sarana penginapan khusus berupa  cottage bagi anda yang ingin merasakan suasana  yang teduh dan damai, seperti menikmati suasana malam di  Cimanggu dengan udara sejuk pegunungan serta suara binatang malam.

Keindahan alam Cimanggu di waktu malam, terkesan cukup monumental. Selain anda merasakan keheningan, anda juga akan merasakan sensasi bagaimana menikmati dan menghabiskan waktu selama berada di kawasan wisata tersebut. 

 

 

Taman Wisata Alam Cimanggu ini terlihat begitu sejuk, asri dengan berbagai macam pepohonan tropisnya yang rimbun dan menyegarkan. Anda bisa berjalan jalan santai sambil menikmati keindahan alam dan suasananya yang menenangkan di kala anda menginap di tempat ini. Rasakan segarnya udara pegunungan dan hijaunya pepohonan yang jarang anda dapatkan.

Di sisi lain, jika anda menginap di sini, maka anda tidak perlu membayar tiket untuk mandi di kolam pemandian air panas.

 

 

Penginapan di Cimanggu Hot Spring & Cottage punya beberapa kapasitas untuk pengunjung mulai dari dua hingga empat orang. Fasilitas penginapan yang ditawarkan adalah ruang tamu, televisi, dapur, kamar tidur, kamar mandi, kasur twin single, double, dan kolam rendam.

Bangunan penginapan dipisahkan oleh jalan paving blok satu dengan lainnya. Di antara penginapan tumbuh pohon-pohon seperti pinus (Pinus merkusii) dan ekaliptus (Ecaliptus alba).

Adapun jenis cottage yang bisa anda pilih adalah Pinus, Cemara, Eucalyptus, Meranti, Jati Joglo 1, dan Joglo 1 & 2. Untuk cottage Pinus, Eucalyptus, dan Jati Joglo berkapasitas dua orang, sedangkan Cemara dan Meranti berkapasitas empat orang.

Untuk hari kerja, cottage Pinus ditawarkan dengan harga Rp 450.000 pada hari kerja, Cemara Rp 600.000, Eucalyptus Rp 750.000, Meranti Rp 1.200.000, Jati Joglo 2 Rp 450.000, Jati Joglo 1 dan 3 Rp 350.0000.

Untuk akhir pekan, cottage Pinus ditawarkan dengan harga Rp 535.000 pada hari kerja, Cemara Rp 675.000, Eucalyptus Rp 825.000, Meranti Rp 1.350.000, Jati Joglo 2 Rp 650.000, Jati Joglo 1 dan 3 Rp 500.0000.

 

Fasilitas di TWA Cimanggu

 


serta sejumlah kegiatan atraktif lainnya yang mampu membuat pengunjung menyatu dengan alam. Karena telah dikembangkan sebagai kawasan wisata terpadu, Taman Wisata Alam Pemandian Air Panas Cimanggu mempunyai fasilitas seperti :

 

  1. MCK
  2. Mushola
  3. Pesanggrahan
  4. Tempat untuk bermain anak
  5. Pusat Informasi
  6. Shelter
  7. Lahan Parkir
  8. Warung yang menjual makan dan minuman.

 

Suasana yang terasa begitu berbeda memang membuat objek wisata  Pemandian Air Panas Cimanggu ini, memiliki fungsi ganda. Selain  berfungsi sebagai taman wisata juga berfungsi sebagai pusat refleksi diri.

Pesona dari alam yang indah dan juga suasana lingkungan yang menyenangkan serta didukung dengan areal pemandian ini dapat anda jadikan sebagai salah satu alternatif pilihan berwisata untuk anda yang berkunjung menuju daerah Kabupaten Bandung khususnya ke kawasan Ciwidey.

Untuk membuktikan lengkapnya fasilitas di Taman Wisata Alam Pemandian Air Panas Cimanggu, silahkan kunjungi tempat ini, dan rasakan nikmatnya suasana pegunungan.

 

Transportasi Menuju TWA Cimanggu

Kendaraan Pribadi

              Rute menuju ke lokasi Taman Wisata Alam Pemandian Air Panas Cimanggu apabila anda dari arah Jakarta pasti keluar melalui Tol Padalarang Barat. Perjalanan dari Bandung ke Taman Wisata Alam Pemandian Air Panas Cimanggu berkisar 2,5 jam. Berikut adalah akses menuju wisata tersebut :

 

Rute Melalui Kopo

Jakarta - Tol Jakarta - Cikampek - Tol Purbaleunyi - Keluar Tol Kopo - Gerbang Tol Kopo - Belok Kanan - Jalan Kopo - Bihbul - Sayati - Propinsi – Kaum Kidul - Cikembang - Ciwidey – sebelah kiri Taman Wisata Alam Pemandian Air Panas

 

Kendaraan Umum

Jika anda dan keluarga menggunakan kendaraan umum dari Jakarta, bisa turun di Terminal Leuwi Panjang, kemudian naik bis atau kendaraan L-300 dengan tarif Rp. 10.000,- perorang. Sampai di terminal Ciwidey, kemudian naik angkot warna kuning jurusan Rancabali dengan tarif Rp. 7.000,-/ orang dan katakan bahwa anda minta diturunkan di Objek Wisata Cimanggu.

 

Kembali ke:

Wisata di Bandung

Wisata di Jawa Barat

Wisata di Nusantara

Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung
Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung
Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung
Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung
Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung
Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung
Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung
Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung
Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung
Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung
Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung
Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung
Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung
Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung
Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung
Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung
Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung
Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung
Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung
Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung
Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung
Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung
Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung
Taman Wisata Alam Air Panas Cimanggu - Bandung

Kirim Review

Nama
Email
No. HP
Rating
Review
Gambar
Kode unik refresh