Profile Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung

Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung

Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung

“Beatiful of Nature”

 

 

Situ Patenggang, pernahkah anda mendengar tentang Situ Patenggang? Ya, Danau Situ Patenggang atau biasa disebut dengan Situ Patengan merupakan danau yang letaknya di bagian Selatan Bandung, tepatnya di kawasan Ciwidey. Situ Patenggang terletak berdekatan dengan salah satu tempat wisata favorit di daerah Bandung Selatan yaitu Kawah Putih, jadi kalau anda sedang berlibur ke daerah Bandung Selatan, kawasan Situ Patenggang ini bisa dijadikan dalam daftar tempat yang akan dikunjungi.

 

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Wisata Alam Situ Patenggang

Untuk dapat memasuki kawasan Taman Wisata Alam Situ Patenggang, anda bisa datang pada pukul 08:00 – 17:00 WIB. Sebaiknya anda datang pagi hari di saat udara sedang sejuk dan pemandangan yang indah, serta anda bisa menikmati wisata ini lebih lama. Selain itu, anda harus membayar tiket masuk sebesar :

 

 

Week Day (Senin – Jumat) :

  1. Wisatawan Lokal        : Rp 18.000/ orang
  2. Wisatawan Asing        : Rp 135.000/ orang
  3. Roda 2                       : Rp 3.500
  4. Roda 4                       : Rp. 11.500
  5. Parkir bus                   : Rp. 22.000

 

Weekend (Sabtu, Minggu, Hari Libur) :

  1. Wisatawan Lokal        : Rp 20.500/ orang
  2. Wisatawan Asing        : Rp 185.000/ orang
  3. Roda 2                       : Rp 3.500
  4. Roda 4                       : Rp. 11.500
  5. Parkir bus                  : Rp. 22.000

 

Berwisata ke Wisata Alam Situ Patenggang

Situ Patenggang? Apa Artinya?

 

 

Terlintas di benak kita ketika ingin berlibur ke tempat ini. Mengapa dinamakan Situ Patenggang ?

Konon nama tersebut berasal dari kisah cinta antara Putra dari Prabu dan Putri dari titisan Dewi yang besar bersama dengan alam, yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis. Mereka terpisahkan untuk sekian lamanya. Karena rasa cintanya yang begitu mendalam, merekapun akhirnya saling mencari dan akhirnya bertemu kembali di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan dengan "Batu Cinta". Dewi Rengganis pun meminta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar bersama. Perahu inilah yang kemudian dan sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati (Pulau Asmara /Pulau Sasaka). Sehingga, berdasarkan informasi yang berasal dari lokasi wisata, nama Situ Patenggang berasal dari bahasa Sunda, yaitu ‘Situ’ yang berarti danau, dan ‘Pateangan-Teangan’ yang berarti saling mencari antara Ki Santang dan Dewi Rengganis dalam cinta mereka.

 

Di Antara Kebun Teh dan Strawberry

 

 

Situ Patengan berada di kawasan Kabupaten Bandung Selatan tepatnya di Ciwidey. Untuk menempuh perjalanan ke Ciwidey dari Kota Bandung, anda memerlukan waktu sekitar 1,5 - 2 jam perjalanan. Namun, apabila pada hari minggu waktu perjalanan anda sedikit terganggu karena adanya aktifitas pasar minggu. Ketika telah melewati Soreang, akses ke Ciwidey berliku dan naik turun tetapi jalannya bagus. Di sepanjang perjalanan, kita akan ditemani oleh pemandangan yang didominasi oleh kebun teh dan kebun strawberry.

 

 

           Setelah memasuki wilayah Ciwidey atas, anda akan memasuki hutan pinus, di daerah ini udara sangat menyegarkan untuk dihirup. Rasakan sensasi segarnya menghirup udara pegunungan yang takkan pernah kita jumpai di daerah perkotaan. Setelah kita melewati objek-objek wisata tersebut,  jalan akan terbagi 2 jalan. Anda harus mengambil jalan yang lurus (jangan ke kanan), lalu kita akan melewati tempat penyewaan ATV (All Terain Vehicle). Sampailah kita di pintu gerbang Situ Patenggang lalu membeli tiket yang tersedia. Setelah melewati gerbang utama, maka terdapat gerbang kedua dimana tiket yang dibeli di gerbang utama akan dicek kembali oleh petugas.

 

Sebelum sampai ke Taman Wisata Alam Situ Patenggang dari kejauhan kita sudah bisa melihat Situ Patenggang beserta pulaunya. Sesampainya anda di tempat parkir, maka anda dapat memarkirkan dengan leluasa mengingat tempat parkir yang cukup luas dan aman. Dari tempat parkir, kita harus berjalan kurang lebih 500 meter untuk sampai ke Situ patenggang, namun di perjalanan kita akan terhibur dengan indahnya pemandangan di sekeliling ditambah dengan sejuknya udara pegunungan.

 

Menjelajahi Situ Patenggang

 

 

Situ Patenggang merupakan danau yang letaknya di bagian selatan Bandung, tepatnya di kawasan Ciwidey. Situ Patenggang berada di ketinggian 1600 meter dengan dikelilingi oleh kebun teh. Pemandangannya sangat indah dan eksotik. Selain itu, Situ Patenggang juga memiliki pemandangan alam yang asri, karena disekitarnya terdapat hamparan kebun teh. Luas Situ Patenggang sekitar 45.000 hektar. Serta total luas cagar alamnya mencapai 123.077,15 hektar. Setelah anda turun dari kendaraan anda, maka anda akan melihat tenangnya air danau, udara yang sejuk serta kabut tipis yang membuat suasana tentram.

 

 

 

Saat anda sampai di pinggiran danau, anda akan melihat banyak perahu-perahu yang tersedia. Anda yang datang bersama keluarga atau rombongan dapat menghabiskan waktu rekreasinya di kawasan Wisata Situ Patenggang ini dengan cara berpiknik di tepian danau. Terdapat fasilitas gazebo atau sejumlah tempat duduk dari semen yang tersedia di sana. Menyewa tikar juga adalah cara yang paling sering dilakukan wisatawan untuk bersantai bersama dengan kerabatnya. Harga sewa tikar ini sebesar Rp. 10.000. Setelah anda memilih tempat yang akan anda jadikan tempat berkumpul, maka anda bisa meletakan barang-barang anda lalu beristirahat seraya menikmati pemandangan di sekeliling Situ Patenggang.

 

 

           Di sisi lain, banyak kegiatan menarik yang dapat anda lakukan di Situ Patenggang. Mulai dari bersepeda air, mengelilingi danau dengan perahu angsa, memancing, mengunjungi Batu Cinta, mengelilingi Pulau Asmara, berjalan keliling kebun teh, atau sekadar berpiknik di pinggiran danau. Ada banyak perahu yang disediakan untuk pengunjung setiap harinya. Kondisi perahu cukup terawat dan aman digunakan saat mengelilingi Situ Patenggang. Masing-masing kendaraan air ini ditawarkan dengan harga sewa yang tentu saja dapat anda negosiasikan dengan pihak penyedia. Harga penyewaan perahu sebesar Rp. 15.000-Rp.20.000/ orang dan Rp. 150.000/ perahu, perahu angsa sebesar Rp. 40.000/perahu, serta jika anda ingin naik perahu sambil memancing maka anda bisa menyewanya dengan harga Rp. 15.000/pancingan.

 

Setelah anda menyewa perahu tersebut, maka anda akan dibawa mengelilingi Situ Patenggang. Sebaiknya anda juga mengunjungi Batu Cinta serta mengelilingi Pulau Asmara. Pulau ini terletak di bagian tengah danau dan terlihat rindang dengan ditumbuhi banyak pepohonan. Sementara itu, Batu Cinta terdapat di sisi seberang danau yang konon diyakini menjadi lokasi pertemuan Dewi Rengganis dan Ki Santang.

Sekitar 15 menit anda di atas perahu seraya menikmati semilir angin serta pemandangan yang asri saat naik perahu, maka anda telah sampai di Batu Cinta. Sebuah lokasi yang berada di tengah danau dengan sebuah batu besar yang menjadi panandanya. Batu inilah yang disebut dengan Batu Cinta. Anda dapat membaca kisah dari batu cinta tersebut di sebuah lukisan batu dengan panorama yang berisi kutipan tentang dua insan yang telah lama berpisah "Ki Santang dan Dewi Rengganis" karena asmaranya yang begitu dalam, akhirnya mereka dipertemukan kembali di sebuah tempat yang disebut Batu Cinta, batu inilah yang menjadi saksi bisu pertemuan mereka. Menurut dari cerita ini, yang pernah singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara ini, akan senantiasa mendapatkan cinta yang abadi seperti cinta mereka.

 

          

Sesampainya di sini, anda bisa beristirahat sejenak dengan duduk ataupun berfoto dengan kerabat maupun  keluarga. Banyak titik-titik yang dijadikan objek foto bagi wisatawan, seperti tulisan Batu Cinta maupun deskripsi singkat tentang sejarah nama Situ Patenggang. Nikmati romansa kisah cinta antara Ki Santang dan Dewi Rangganis di pulau ini, bersama keluarga dan kerabat anda.

 

Ada Tempat Oleh-oleh?

 

 

Berbicara mengenai objek wisata tentu tidak bisa lepas dari yang namanya cinderamata. Dimanapun tempatnya, sangat umum ditemui penjual aneka macam kerajinan maupun cinderamata. Di lokasi Wisata Danau Situ Pateggang ini, tersedia banyak penjual makanan dan berbagai jenis minuman yang bisa anda pilih sesuai dengan selera anda. Dengan harga yang cukup terjangkau, anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk berbelanja oleh-oleh di tempat ini.

 

 

Anda bisa membawa buah tangan berupa teh asli yang ditanam di perkebunan Situ Patenggang. Salah satu oleh-oleh yang mungkin bisa dibawa pulang dari Situ Patenggang adalah buah Terong Pepino, yaitu buah yang masih satu famili dengan keluarga terung dengan harga sekitar Rp. 25.000/kg. Berbagai macam kios yang jumlahnya cukup banyak berderet menjualbelikan pernak-pernik khas Jawa Barat yang bisa anda jadikan hiasan di rumah dan pastinya harga-harga tersebut masih bisa dinegosiasi.

 

 Tips Berwisata

               Agar wisata anda ke kawasan objek Wisata Situ Patenggang ini lebih nyaman, saya akan membagikan tips - tips yang bisa dijadikan referensi anda ke kawasan Wisata Situ Patenggang.  Berikut ini beberapa tips yang bisa anda gunakan :

  1. Cek kendaraan anda yang akan digunakan sebelum ke Situ Patenggang karena akan melalui medan yang menanjak dan berliku-liku.
  2. Bawalah payung atau jas hujan untuk persediaan jika terjadi hujan.
  3. Berhati-hati dengan barang bawaan anda, simpan di tempat yang aman.
  4. Ikuti dan patuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola.
  5. Jagalah kebersihan di Situ Patenggang dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  6. Kawasan Situ Patenggang merupakan daerah dengan udara yang dingin bahkan kadang berkabut, jadi jika anda berkunjung ke sana, usahakan membawa pakaian hangat seperti jaket.
  7. Jika ingin naik perahu keliling danau, sebaiknya lakukanlah tawar menawar terlebih dahulu.

Pengunjung dapat selalu mengingat di Situ Patenggang yang luasnya mencapai sekitar 60 Ha dan keindahan alam di sekitarnya, seperti layaknya area perkebunan Teh Rancabali yang menghampar luas beserta kawasan hutan pinus dan Cagar Alam Patenggang yang masih asri dan sejuk. Situ Patenggang memang sebuah danau yang menarik untuk dikunjungi. Anda bisa mendapat berbagai cerita menarik setelah mengunjungi danau ini. Keindahan dan kesejukan alamnya, membuat anda kembali segar dan merasakan indahnya alam ini.

Transportasi Menuju Wisata Alam Situ Patenggang

Kendaraan Pribadi

               Jarak dari pusat Kota Bandung ke lokasi wisata Situ Patenggang berjarak sekitar 48 km dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam 20 menit. Berikut rute wisata Situ Patenggang yang bisa anda lewati jika berangkat dari Jakarta

  1. Jakarta – Cipularang – Pintu Tol Kopo – Soreang – Ciwidey – Situ Patenggang.
  2. Jakarta – Cipularang – Tol Buah Batu – Banjaran – Soreang – Ciwidey – Situ Patenggang.
  3. Jakarta – Cipularang – Leuwi Gajah – Soreang – Ciwidey – Situ Patenggang.

 

Kendaraan Umum

Rute dimulai dari Terminal Leuwi Panjang Bandung. Minibus Jurusan Leuwi Panjang  - Ciwidey (Rp. 6.000) – Angkutan Kota ke Situ Patenggang (Rp. 10.000).

 

Kembali ke:

Wisata di Bandung

Wisata di Jawa Barat

Wisata di Nusantara

Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung
Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung
Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung
Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung
Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung
Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung
Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung
Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung
Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung
Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung
Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung
Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung
Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung
Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung
Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung
Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung
Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung
Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung
Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung
Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung
Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung
Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung
Taman Wisata Alam Situ Patenggang Bandung

Kirim Review

Nama
Email
No. HP
Rating
Review
Gambar
Kode unik refresh