Profile Tebing Keraton Bandung

Tebing Keraton Bandung

Tebing Keraton Bandung

Menikmati Keindahan Bandung Dari Atas Tebing

Berbicara mengenai Bandung, ya, memang kota ini memiliki banyak pilihan tempat wisata dan ciri khasnya yang membuat siapapun termasuk anda penasaran ingin mengunjunginya. Kota Bandung yang dikelilingi oleh jalur pegunungan ternyata menjadikan Bandung sebagai kota yang memiliki banyak destinasi wisata. Mulai dari tempat wisata alam seperti Gunung Tangkuban Perahu Bandung, dan Pemandian Air Panas Cibolang Bandung lalu anda juga bisa menjumpai wisata terpadunya seperti Dusun Bambu Lembang, hingga wisata berupa tempat makan yang menawarkan pemandangan yang indah seperti Salian Art Bandung dan, dan Lereng Anteng Panoramic Coffe Bandung. Berbicara mengenai tempat wisata alam, terlintas di benak kita mengenai wisata alam yang memiliki suasana tempat nyaman serta menyuguhkan panorama yang indah. Jawabannya tentu ada, tempat ini bernama Tebing Keraton Bandung, tempat yang menjadi pembicaraan para pengguna media sosial dikarenakan indahnya pemandangan dan keesotisan dari Bumi Jawa Barat.

 

Jam Buka dan Tiket Masuk Tebing Keraton Bandung

Kawasan Tebing Keraton Bandung buka setiap hari yaitu pada hari Senin - Minggu. Sedangkan untuk waktu berkunjung, anda bisa berkunjung mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB. Jadi, anda bisa datang pada jam operasional tersebut. Jika anda ingin menyaksikan secara langsung suasana pagi hari di atas tebing sambil menikmati matahari yang baru keluar dari ufuknya, sebaiknya anda datang pada pagi hari. Namun, jika anda ingin melihat matahari kembali ke peraduannya, sebaiknya anda datang sore hari di saat udara mulai sejuk ditemani dengan nuansa eksotis pemandangan yang indah di tempat ini. Keromantisan anda bersama pasangan anda akan lengkap dihiasi dengan pemandangan Kota Bandung dari atas Tebing Keraton Bandung. Untuk dapat memasuki tempat ini, anda perlu membayar tiket masuk dan parkir dengan harga :

  • Wisatawan Lokal        : Rp. 12.000/ orang
  • Wisatawan Asing       : Rp. 175.000/ orang
  • Parkir Roda 2             : Rp. 5.000
  • Parkir Roda 4             : Rp. 10.000

 

Berwisata ke Tebing Keraton Bandung

            Tebing Keraton adalah lokasi wisata alam di Bandung yang telah populer di kalangan netizen dan berada di kawasan Taman Hutan Rakyat Djuanda tepatnya di Kampung Ciharegem Puncak (RW 10), Desa Ciburial, Kabupaten Bandung Utara Dago, Jawa Barat. Tempat wisata ini sebenarnya mulai mencuri perhatian dan ramai didiskusikan oleh para netizen di berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, khususnya Instagram tempat para pengunjung menyebarluaskan foto-foto mereka pada pertengahan tahun 2014. Sejarah Tebing Keraton Bandung bermula saat seseorang bernama Bapak Asep berkunjung ke Desa Ciburial dan menanyakan kepada seorang warga tempat berfoto yang paling indah. Akhirnya, warga tersebut mengarahkannya ke tebing ini.

Dikarenakan kekagumannya terhadap pemandangan yang begitu indah dan sangat mengesankan ini, Iapun memposting fotonya di twitter dengan latar belakang pemandangan alam yang sangat fenomenal di tebing ini. Akhirnya, foto tersebut menjadi fenomenal dan disebarluaskan oleh netizen di dunia maya. Kemudian tempat wisata ini di kelola oleh pihak pengelola wisata Kabupaten Bandung. Mengenai asal mula namanya, Pak Asep menamakan tebing di bandung ini dengan istilah Tebing Keraton karena rasa kagum serta apresiasinya yang luar biasa akan keindahan alam di sekitar Tebing Keraton, terutama jika dilihat dari puncaknya yang fenomenal ini. Namun, jika dilihat dari penggunaan bahasa Sunda, bisa jadi nama Tebing Keraton berasal dari 2 suku kata, Tebing yang berarti Gawir atau daerah tepian daratan yang lokasinya di atas atau tinggi, sementara itu Keraton adalah sebuah bangunan yang pastinya memiliki sesuatu yang agung, penuh kebesaran serta indah dan terkenal. Jadi apabila disimpulkan, tebing ini dinamakan Tebing Keraton Bandung dikarenakan rasa takjub terhadap sebuah tebing yang ada di puncak gunung Desa Ciburial, dimana tebing ini memiliki pemandangan yang indah dan penuh dengan keagungan Sang Pencipta.

Berawal dari foto yang diunggah di twitter, beberapa bulan kemudian Tebing Keraton Bandung dikunjung oleh banyak wisatawan. Lalu para wisatawan tersebut mengabadikan petualangan serta pengalamannya berkunjung ke Tebing Keraton Bandung dan menyebarluaskannya di media sosial, sehingga tak heran, tempat ini menjadi sangat populer, khususnya bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pemandangan alam. Sehingga, banyak masyarakat menyebut Tebing Keraton Bandung sebagai “Instagram Hill”, karena banyaknya anak muda yang datang ke Tebing Keraton untuk berfoto lalu memposting foto-foto indah tersebut di Instagram. Bagaimana rute menuju ke tempat ini?

Letak lokasi Tebing Keraton ini tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bandung, kurang lebih hanya sekitar 15 Kilometer dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit untuk menempuhnya menuju tempat wisata yang satu ini. Agar bisa tiba ke sana, anda hanya perlu pergi ke kawasan Dago Pakar. Saat berada di kawasan Tebing Keraton, untuk bisa mencapai puncaknya, anda bisa memilih naik ojek, menyewa motor, atau berjalan kaki. Apabila anda memulai perjalanan dari pusat Kota Bandung, maka mulailah mengikuti arah kawasan wisata Dago Pakar, kemudian dilanjutkan  ke arah jalan menuju Taman Hutan Raya Djuanda. Setelah itu, anda akan melewati sebuah gerbang. Jalanan menanjak beberapa ratus meter menyambut rute perjalanan anda selanjutnya, di sebelah kiri ada gerbang masuk dan tempat parkir luas untuk Tahura, namun anda harus tetap lurus. Tidak jauh dari sana anda akan menemukan jalan bercabang di dekat warung. Jalanan di sebelah kanan terdapat tulisan Bukit Pakar Utara, dan anda pun wajib mengikuti rute tersebut. Dari sini jalanan makin menanjak. Setelah melewati jalanan berbatu dan berhawa sangat sejuk diiringi oleh rumah-rumah  penduduk dan perkampungan, maka anda akan menemukan sebuah warung dengan papan baliho yang berukuran cukup besar bertuliskan “Warung Bandrek” atau populer dengan nama Warban.

Di sini, anda bisa beristirahat menikmati hidangan yang didagangkan, seraya memarkirkan kendaraan di sisi tanah yang kosong. Setelah anda beristirahat dengan cukup dan mengisi tenaga dengan aneka jajanan serta minuman hangat khas sunda yaitu Bandrek, maka anda bisa melanjutkan kembali perjalanan dengan cara berjalan kaki atau naik ojek yang disediakan oleh warga sekitar lokasi Wisata Alam Tebing Keraton Bandung. Silakan bernegosiasi dengan ojek-ojek tersebut. Tarif ojek sekitar Rp 50.000,- per orang dan bisa ditawar. Namun, jika anda memilih untuk berjalan kaki, maka anda harus menempuh jarak sejauh 2 km. Setelah anda memilih untuk menggunakan cara yang disediakan, maka anda dari tempat tersebut silahkan meneruskan perjalanan lurus di depan anda. Sepanjang perjalanan di kanan anda mulai tampak pemandangan bukit-bukit hijau serta rumah-rumah di lereng perbukitan. Tak berapa lama kemudian akan tampak pemukiman warga. Jalanan akan terlihat berbelok ke kanan, ikuti jalan terus sampai habis pemukiman warga. Tidak jauh dari sana, terdapat belokan ke kiri yang agak curam. Sekitar 100 meter terakhir, terdapat beberapa warung di sebelah kanan dan di sisi kiri ada bangunan berupa gapura yang merupakan pintu masuk ke Tebing Keraton. Setelah anda membayar tiket masuk, anda akan disambut dengan jalur yang sangat nyaman dan aman berupa paving block sampai ke titik utama pemandangan. Akhirnya, Selamat Datang di Wisata Alam Tebing Keraton Bandung!

Wisata Alam Tebing Keraton Bandung menyajikan hamparan luas jalur patahan Lembang, hutan yang begitu lebat dan kadang diselimuti kabut tipis. Dari sejarahnya yang terpampang di sebuah papan kecil di Tebing Keraton, tebing ini sebenarnya sudah ada sejak dahulu. Begitu anda sampai di atas sini, maka anda akan dijamu dengan hamparan pemandangan hijau penuh aura kedamaian serta kenyamanan berupa lebatnya hutan belantara Taman Hutan Rakyat Djuanda yang begitu menakjubkan. Wisata Alam Tebing Keraton Bandung yang terletak di daerah Dago ini berada pada ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut, sehingga dengan ketinggian inilah anda bisa dengan jelas menyaksikan hamparan hijaunya pemandangan hutan dan keindahan Kota Bandung dari atas bukit. Jika anda ingin mencari saat-saat romantis dan eksotis di tempat ini, sebaiknya anda datang saat matahari terbit atau kira-kira jam 7 pagi untuk menyambut keindahan sang matahari yang keluar dari ufuknya. Sinar matahari yang muncul secara perlahan, tentunya akan menjadi bidikan “busur-busur” kamera para fotografer maupun anda yang menyukai wisata dengan nuansa alam.

                                                                

Momen lainnya yang tak boleh anda lewatkan adalah saat menjelang sore hari untuk melihat dan merasakan detik-detik kembalinya matahari ke peraduannya atau dikenal saat sunset terjadi. Bayangkan, mata ini akan menjadi saksi bisu menikmati indahnya langit yang biru berpadu dengan warna keemasan yang melingkupi jajaran perbukitan, dan ditemani dengan ayunan hijaunya pepohonan yang tertiup angin. Bahkan keindahan Sang Gunung Tangkuban Perahu Bandung yang tampak dari kejauhan pun akan terlihat jelas dan indah ketika diliputi cahaya sang fajar akan kembali ke peraduannya. Mengingat tempatnya yang indah untuk dipandang, segar udaranya untuk dihirup, dan nyaman untuk dikunjungi, maka tempat ini cocok untuk anda yang ingin bersantai dengan keluarga, sahabat, ataupun pasangan. Selain itu, Wisata Alam Tebing Keraton Bandung juga memiliki bangku-bangku yang bisa anda manfaatkan untuk duduk seraya menikmati pemandangan yang ada.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi Wisata Alam Tebing Keraton Bandung, nikmati segarnya udara yang diberikan si pohon hijau, rasakan sensasi melihat sang fajar muncul dan kembali, serta jelajahi pemandangan Kota Bandung dari atas Tebing Keraton secara 180o.

 

Fasilitas di Tebing Keraton Bandung

Dikarenakan tempat ini merupakan tempat wisata yang fenomenal serta memiliki jangkauan wisata yang berada di atas bukit, maka Wisata Alam Tebing Keraton Bandung mempunyai fasilitas yang lengkap seperti :

  1. Parkiran
  2. Warung Makanan dan Minuman (Dekat Pintu Masuk)
  3. Pangkalan Ojek
  4. Tour Guide
  5. Tempat Duduk
  6. Toilet

 

Alamat Tebing Keraton Bandung

Alamat Wisata Alam Tebing Keraton Bandung.

Taman Hutan Rakyat Djuanda tepatnya di Kampung Ciharegem Puncak (RW 10), Desa Ciburial, Kabupaten Bandung Utara Dago, Jawa Barat, Indonesia.

 

Transportasi Menuju Tebing Keraton Bandung

Kendaraan Pribadi

             Jarak dari pusat Kota Bandung ke lokasi Wisata Alam Tebing Keraton Bandung berjarak sekitar 15 km dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 40 menit. Berikut rute Wisata Alam Tebing Keraton Bandung yang bisa anda lewati jika berangkat dari Kota Bandung/ Jakarta :

  1. Melalui Jalan Baranang Siang – Jalan Sunda – Jalan Ir. H. Djuanda – Jalan Kordon Pakar/ Pakar Kulon di Dago – Ambil ke Cihargem – Cihargem Puncak di Ciburial - Wisata Alam Tebing Keraton Bandung.
  2. Jakarta melalui Kalimalang - Bekasi - Cikarang - Karawang - Cikampek - Cikopo - Sadang - Purwakarta - Sukatani - Darangdan - Cikalongwetan - Padalarang - Cimahi - Bandung. Ketika sampai di Bandung tepatnya daerah Cimahi lanjutkan seperti arah yang sama dengan rute nomor 1.
  3. Melalui jalur Puncak Bogor. Dari Jakarta Timur/ Selatan - Depok - Cibubur - Cibinong - Bogor - Tajur - Ciawi - Puncak - Cipanas - Cianjur - Padalarang - Rajamandala - Padalarang- Cimahi Bandung. Ketika sampai di Bandung tepatnya daerah Cimahi lanjutkan seperti arah yang sama dengan rute nomor 1.

 

Kendaraan Umum

  1. Jika Anda ingin menggunakan kendaraan umum, anda dapat menggunakan Primajasa, Arimbi atau Suryalangit melalui terminal Kampung Rambutan - Lebak Bulus – Kalideres - Tanjung Priok atau Cililitan. Ambil jurusan Jakarta - Bandung, tepatnya di Cimahi dan keluar tol Pasteur. Setelah sampai daerah Pasteur lanjutkan dengan menggunakan ojek agar lebih praktis dengan tarif ke Tebing Keraton Bandung kurang lebih 40 ribu rupiah pulang pergi bahkan bisa lebih murah lagi jika Anda pandai menawar.

 

Kembali ke:

Wisata di Bandung

Wisata di Jawa Barat

Wisata di Nusantara

Tebing Keraton Bandung
Tebing Keraton Bandung
Tebing Keraton Bandung
Tebing Keraton Bandung
Tebing Keraton Bandung
Tebing Keraton Bandung
Tebing Keraton Bandung
Tebing Keraton Bandung
Tebing Keraton Bandung
Tebing Keraton Bandung
Tebing Keraton Bandung
Tebing Keraton Bandung
Tebing Keraton Bandung
Tebing Keraton Bandung
Tebing Keraton Bandung
Tebing Keraton Bandung

Kirim Review

Nama
Email
No. HP
Rating
Review
Gambar
Kode unik refresh