Profile Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung

Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung

Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung

“Putihnya Kawah Putih”

 

 

Salah satu tujuan wisata paling populer di Bandung dan dapat memberikan pengalaman yang tidak terlupakan adalah Kawah Putih Ciwidey. Wisata ini berlokasi di Jl. Raya Soreang Ciwidey yang berjarak sekitar 25 km dari Kabupaten BandungJawa Barat, dan berjarak sekitar 7 km/ 10 menit dari Wisata Alam Situ Patenggang.

Wisata Kawah Putih Bandung merupakan salah satu objek wisata di Bandung yang terkenal. Banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke lokasi ini.

 

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Wisata Kawah Putih Ciwidey

Untuk dapat memasuki kawasan Wisata Kawah Putih Bandung, anda bisa datang pada pukul 07:00 – 17:00 WIB (berdasarkan kondisi cuaca). Sebaiknya anda datang pagi hari di saat udara sedang sejuk dan pemandangan yang indah, serta anda bisa menikmati wisata ini lebih lama. Selain itu, anda harus membayar tiket masuk sebesar :

 

 

Harga Tiket Masuk :

  1. Wisatawan Lokal        : Rp 18.000/ orang
  2. Wisatawan Asing        : Rp 50.000/ orang
  3. Pre Wedding               : Rp. 500.000

 

Jasa Lingkungan :

  1. Parkir Atas Roda 4     : Rp. 150.000

 

Parkir Bawah :

  1. Roda 2                                    : Rp 5.000
  2. Roda 4                                    : Rp. 6.000
  3. Roda 6                                    : Rp. 25.000

 

 

Berwisata ke Wisata Kawah Putih Ciwidey

Sejarah Kawah Putih Ciwidey

 

 

Berbicara mengenai Kawah Putih Ciwidey bermula pada abad ke 10 di mana terjadi sebuah letusan hebat oleh Gunung Patuha. Setelah letusan ini, banyak orang beranggapan bahwa lokasi ini adalah kawasan angker karena setiap burung yang terbang melewati kawasan tersebut akan mati.

Seiring dengan berjalannya waktu, kepercayaan mengenai angkernya tempat ini mulai pudar, sampai akhirnya pada tahun 1837 ada seorang ahli botani dengan kebangsaan Jerman datang ke kawasan ini untuk melakukan penelitian. Peneliti ini bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn yang sangat tertarik dengan kawasan pegunungan sunyi yang bahkan tidak ada burung yang terbang di atasnya sehingga ia berkeliling desa untuk mencari informasi.

Bagi Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, pernyataan masyarakat setempat tersebut tidak masuk akal. Dikarenakan tidak percaya dengan cerita-cerita tersebut, ia pergi ke dalam hutan rimba untuk mencari tahu apa yang ada di sana. Singkat cerita, akhirnya Dr. Franz Wilhelm Junghuhn berhasil mencapai puncak gunung, dan dari sana ia melihat keberadaan sebuah danau indah berwarna putih dengan bau belerang yang menyengat.

Sejak saat itu, keberadaan Kawah Putih Ciwidey menjadi terkenal dan sejak tahun 1987 pemerintah mengembangkan kawasan ini sebagai tempat wisata yang menawarkan pengalaman unik melihat danau yang dapat berubah warna. 

 

Diiringi Hutan Indah

 

 

Jika anda ingin berwisata ke Kawah Putih Ciwidey, maka anda dapat melalui rute yang dimulai dari Jalan Kopo menuju ke Soreang dan naik ke arah Ciwidey. Di perjalanan Ciwidey ini menarik sekali, anda akan menemukan banyak sekali tikungan, tidak ramai dan cukup mulus. Pemandangan yang sangat bervariasi dan memanjakan mata kita.

Terdapat resort dan hotel-hotel berdiri gagah di sekitaran jalan di Ciwidey. Semakin ke atas, beberapa kali perjalanan anda akan menemui kebun strawberry dan keboh teh di sisi kiri-kanan anda. Semakin anda mendekati Kawah Putih Ciwidey, maka anda akan menemui jalanan yang cukup rindang sebab banyak sekali pepohonan. Sungguh ini adalah sebuah perjalanan yang akan mengesankan bagi anda.

 

 

Selang beberapa waktu kemudian, maka tibalah kita di gerbang masuk Kawah Putih Ciwidey. Jika anda membawa mobil pribadi, setelah anda membayar tiket di loket, maka anda akan diberi kartu akses untuk membuka palang pintu di mulut jalan menuju kawah.

Selain tarif pengunjung, anda yang membawa mobil pribadi dikenakan tarif jasa lingkungan (jasling) sebesar Rp 150.000/ mobil. Bagi anda yang menggunakan sepeda motor dan bus, anda tidak diperkenankan berkendara hingga ke area kawah, sehingga anda harus memarkirkan kendaraannya di area parkir yang telah disediakan di dekat gerbang masuk. Dari gerbang, anda dipersilakan menumpang angkutan setempat yang disebut Ontang-Anting dengan tarif Rp 15.000/ orang untuk Pulang-Pergi.

 

 

 

Perjalanan dari pintu masuk Kawah Putih menju lokasi kawah menelusuri jalan yang relatif mulus. Jalannya menanjak dan berkelok serta hanya bisa dilalui dua mobil berpapasan.

Di kiri kanan jalan rimbunnya pepohonan kawasan Gunung Patuha menyapa seakan-akan melambaikan tangannya berupa ranting-ranting kepada anda. Rambu-rambu jalan yang dipasang pengelola, yakni Perhutani, cukup membantu anda yang datang berkunjung.

Dengan jam terbang yang tinggi, supir Ontang-Anting akan membawa kita ke Kawah Putih dengan waktu berkisar antara 15-20 menit, maka anda akan sampai di parkiran atas Kawah Putih Ciwidey.



 

Selamat Datang di Kawah Putih Ciwidey

 

 

Kawah Putih Ciwidey adalah tempat wisata di Bandung Selatan yang populer dengan keeksotisannya. Sama dengan namanya, tanah pasir yang di tempat ini berwarna putih akibat dari bercampur dengan unsur sulfur.

Selain kultur tanahnya yang berwarna putih, air danau Kawah Putih ini juga mempunyai warna yang putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu, dan cuaca.

Kawah Putih Ciwidey berada di kawasan pegunungan dengan ketinggian lebih dari 2.400 meter. Dengan ketinggian kawasan wisata ini, suhu udara Kawah Putih tentu saja sangat dingin dengan suhu 8-22 oC.

 

 

Begitu anda turun dari kendaraan anda, maka udara gunung yang sangat sejuk menyambut kehadiran anda. Mata anda akan melihat sekeliling daerah Kawah Putih yang tertata rapih, bersih, dan begitu nyaman. 

Bagi anda yang ingin mendapatkan informasi mengenai Kawah Putih, anda bisa menuju ke Information Center.

Tapak demi tapak langkah kaki berjalan menuruni undakan batu yang panjang menuju kawah sekitar 300 meter. Hingga tibalah anda di suatu tempat, dimana anda dapat melihat sebuah pemandangan yang jauh melebihi imajinasi mengenai tempat ini. Sebuah fenomena alam, karya Yang Maha Kuasa. Begitu indah, sebuah kawah putih dan hijau yang damai nan tenang, di antara megahnya bukit gagah yang mengelilinginya.

 

 

Berada di Kawah Putih memang tak boleh berlama-lama. Saat ke sini, meski sudah menjadi lokasi wisata keluarga, kawah tetaplah kawah. Jika anda menghirup belerang yang terlalu banyak, hal tersebut bisa menyebabkan keracunan bahkan kematian. Sehingga, anda diharapkan jangan terlalu lama berada di pinggiran kawah. Selain itu, terdapat peraturan bagi anda agar jangan masuk ke dalam air kawah.

Namun, walaupun begitu, abadikan momen-momen indah ini bersama keluarga dan kerabat. Banyak wisatawan yang berpose di area kawah. Mereka membuat foto kenang-kenangan jika sudah berkunjung ke kawah yang ditemukan oleh orang Belanda keturunan Jerman, Franz Wilhelm pada 1837.

Selain untuk dinikmati keindahannya oleh para wisatawan, Kawah Putih Ciweday kerap kali menjadi tempat kegiatan lain, misalnya tempat shooting film, melukis, pengambilan foto prewedding, sampai dengan kegiatan hiking pun bisa dilakukan di kawasan wisata ini.

So, tunggu apa lagi? Penasaran dengan indahnya wisata alam ini? Kunjungi Kawah Putih Ciweday, rasakan sensasi dinginnya pegunungan ditemani dengan kabut yang bermain-main sekeliling kawah.

        

Fasilitas di Kawah Putih

 

Karena telah dikembangkan sebagai kawasan wisata terpadu, Kawah Putih Ciwidey mempunyai fasilitas penunjang kenyamanan berwisata yang memadai, seperti :

  1. Area parkir yang luas (Parkir bawah untuk kendaraan roda 2, mobil dan bus serta parkir atas untuk roda 4 yang luas)
  2. Mushola
  3. Transportasi dari gerbang depan sampai dengan Kawah Putih (Dikenal dengan Ontang-Anting, dalam bahasa Sunda berarti bolak-balik)
  4. Pusat informasi
  5. Restoran dan warung makanan
  6. Tempat oleh-oleh (Anda bisa mencicipi segarnya Buah Strawberry yang dijual oleh para pedagang di area parkir bawah. Di dekat pintu gerbang bawah banyak para pedagang yang menawarkan Buah Strawberry dalam kemasan plastik seperti di supermarket. Harga buah berwarna merah itu bervariasi, ada yang Rp 5.000/ kemasan, tapi ada juga yang Rp 10.000/ kemasan)
  7. Toilet

 

 Tips Berwisata di Kawah Putih

             Agar wisata anda ke kawasan objek Wisata Kawah Putih ini lebih nyaman, saya akan membagikan tips - tips yang bisa dijadikan referensi anda ke kawasan Wisata Kawah Putih.  Berikut ini beberapa tips yang bisa anda gunakan :

  1. Bawa jaket/ baju tebal/ syal, karena di sini memiliki suhu yang begitu dingin.
  2. Bawalah payung atau jas hujan untuk persediaan jika terjadi hujan (Di Wisata Kawah Putih terdapat penyewaan payung).
  3. Disarankan menggunakan masker karena aroma belerang yang begitu menyengat.
  4. Ikuti dan patuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola.
  5. Jika anda ingin berfoto dengan latar berkabut, datanglah pada musim hujan. Namun, jika anda ingin berfoto dengan latar belakang hijaunya belerang Kawah Putih,  datanglah pada musim kemarau.
  6. Pastikan anda datang dan tiba di lokasi saat pagi hari. Jika ingin tiba di puncak Gunung Patuha jam 9 pagi, maka sebaiknya anda berangkat dari Bandung sebelum jam 7 pagi. Hal ini penting karena menjelang siang biasanya kawasan Wisata Kawah Putih tertutup kabut tebal dan bahkan hujan lebat.

 

Transportasi Menuju Wisata Kawah Putih

Kendaraan Pribadi

             Rute menuju ke lokasi Kawah Putih Ciwidey apabila anda dari arah Jakarta, maka pastikan anda keluar melalui Tol Padalarang Barat. Perjalanan dari Bandung ke Kawah Putih Ciwidey berkisar 2,5 jam.

Berikut adalah akses menuju tempat Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung :

  1. Rute 1 : Melalui Kopo

Jakarta - Tol Jakarta - Cikampek - Tol Purbaleunyi - Keluar Tol Kopo - Gerbang Tol Kopo - Belok Kanan - Jalan Kopo - Bihbul - Sayati - Katapang - Soreang - Pasirjambu - Ciwidey - Gerbang Kawah Putih.

  1. Rute 2 : Melalui Mohamad Toha

Jakarta - Tol Jakarta – Cikampek - Tol Purbaleunyi - Keluar Tol Mohamad Toha - Gerbang Tol Mohamad Toha - Belok Kanan - Jalan Mohamad Toha - Dayeuhkolot - Bale Endah - Pameungpeuk - Banjaran - Cimaung - Soreang - Pasirjambu - Ciwidey - Gerbang Kawah Putih.

  1. Rute 3 : Melalui Buah Batu

Jakarta - Tol Jakarta – Cikampek - Tol Purbaleunyi - Keluar Tol Buah Batu - Gerbang Tol Buah Batu - Belok Kanan - Jalan Terusan Buah Batu - Bojongsoang - Bale Endah - Pameungpeuk - Banjaran - Cimaung - Soreang - Pasirjambu - Ciwidey - Gerbang Kawah Putih.

  1. Rute 4 : Melalui Cimahi

Jakarta - Tol Jakarta – Cikampek - Tol Purbaleunyi - arah Pasteur - Keluar Baros Cimahi - Belok Kanan - Jl. Akses Tol Baros - Belok Kanan Jl. Leuwigajah - Nanjung - Marga Asih - Patrol - Stadion Si Jalak Harupat - Soreang - Pasirjambu - Ciwidey - Gerbang Kawah Putih.

 

Kendaraan Umum

Jakarta – Terminal Leuwipanjang, Bandung – Angkot/Mobil L300 Jurusan Leuwipanjang – Ciwidey – Situ Patenggang (Warna Kuning). Sampaikan pada supir angkot bahwa anda ingin turun di Pintu Gerbang Kawah Putih Ciwidey.

 

Kembali ke:

Wisata di Bandung

Wisata di Jawa Barat

Wisata di Nusantara

Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung
Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung
Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung
Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung
Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung
Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung
Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung
Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung
Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung
Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung
Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung
Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung
Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung
Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung
Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung
Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung
Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung
Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung
Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung
Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung
Wisata Kawah Putih Ciwidey - Bandung