Profile Wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung

Wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung

Wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung

“Petik Sendiri Ya”

 

 

Ciwidey adalah daerah yang memiliki banyak objek wisata yang dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Selain itu, daerah Ciwidey merupakan daerah yang dikelilingi oleh banyak pegunungan dengan panorama alam yang asri, membuat suhu di sekitar Ciwidey begitu sejuk dan dingin. Bagi anda yang ingin mengunjungi Ciwidey, tidak lengkap rasanya jika anda tidak mengunjungi wisata agro atau disebut juga agrowisata yang terletak di Bandung Selatan. Wisata agro merupakan kegiatan wisata yang melibatkan pertanian dan perkebunan, yang menjadi daya tarik jenis wisata ini adalah jenis tanaman strawberry di Ciwidey dimana para pengunjung bisa menanam langsung ataupun memetik sendiri buah-buah tersebut. Objek wisata agro yang dekat dengan wisata Kawah Putih, Pemandian Air Panas Cimanggu, dan Situ Patenggang ini merupakan salah satu dari sekian banyak wisata unggulan yang ada di Ciwidey dan sebaiknya anda kunjungi.

 

Tiket Masuk Kebun Strawberry Ciwidey

 

 

Setelah anda melewati Soreang, dalam perjalanan menuju Ciwidey akan terlihat deretan areal perkebunan strawberry yang menghampar luas. Berlatar belakang gunung yang menjulang tinggi, pemandangannya tampak indah bagi anda. Jangan lupa keluarkan kamera anda lalu berfotolah dengan latar belakang pemandangan tersebut. Bagi anda yang ingin memasuki kebun strawberry ini, anda tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Namun, anda akan dikenakan biaya sesuai dengan jumlah strawberry yang anda petik per kilogram. Akan tetapi, pada sebagian tempat anda akan dikenakan biaya masuk berkisar Rp. 5.000 – Rp. 10.000.

 

Mengunjungi Kebun Strawberry Ciwidey

 

 

Jika anda ingin berkunjung ke kebun strawberry di Ciwidey, anda bisa melalui rute yang dimulai dari Jalan Kopo menuju ke Soreang dan naik ke arah Ciwidey. Perjalanan anda menuju ke kebun strawberry Ciwidey akan menarik sekali, anda akan menjumpai tikungan-tikungan di jalanan yang tidak ramai dan begitu lancar. Indahnya pemandangan yang beragam dan memanjakan mata kita seperti pepohonan dan rumah berdiri gagah di sekitaran jalan di Ciwidey. Semakin ke atas, diperjalanan anda akan mulai menemui kebun strawberry di sisi kiri-kanan jalan.

 

 

Tempat wisata di Bandung Selatan ini bisa kita temukan di sepanjang jalan menuju pusat kawasan wisata di Ciwidey. Beberapa tempat yang akan anda temui antara lain perkebunan strawberry di sekitar Situ Patenggang, perkebunan strawberry sekitar Kawah Putih, perkebunan strawberry sekitar Perkebunan Teh Rancabali. “Petik Sendiri Buah Strawberry”! Ya, tulisan ini bisa kita temukan dan dapatkan di kebun-kebun strawberry pada beberapa tempat tersebut. Jika anda menemukan tulisan ini, jangan lupa untuk memarkirkan kendaraan anda di tempat yang telah disediakan. Begitu anda turun dari kendaraan, anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang begitu indah, diiringi dengan deretan pot-pot tanaman strawberry yang siap untuk anda jelajahi dan petik.

 

 

Begitu anda memasuki kebun strawberry ini, anda akan menggunakan konsep memetik buah strawberry sendiri atau disebut Strawberry Walk. Konsep Kebun Strawberry Ciwidey ini berbeda dari tempat wisata alam lainnya, anda diberikan kesempatan untuk memetik buah strawberry sesukanya, sungguh unik bukan? Selain menikmati pemandangannya yang indah, anda pun langsung bisa merasakan pengalaman memakan buah strawberry dari kebunnya langsung. Akan tetapi, setiap butir buah strawberry yang anda petik secara langsung dari pohonnya akan dihitung berdasarakan jumlah berat total buah strawberry yang berhasil anda petik dan kumpulkan yang kemudian akan ditimbang oleh pengelola kebun.

 

 

Dengan dikenakan biaya antara Rp. 35.000- Rp. 70.000 per kilogram, anda bisa membawa pulang strawberry yang telah anda petik bersama rekan dan keluarga. Wisata ke kebun strawberry Ciwidey bersama keluarga bisa menjadi wisata edukatif karena kita bisa belajar bagaimana membudidayakan strawberry secara langsung hingga menghasilkan buah yang berkualitas. Terlebih, kebun strawberry Ciwidey terkenal memiliki buah strawberry yang lebih besar, segar dengan warna merah menyala, dilengkapi rasa manis keasaman, tentunya akan sangat menggugah selera bagi siapapun untuk mengonsumsinya langsung di tempat ini. Sebagai sebuah wisata, selain aktivitas memetik buah strawberry, berkembang pula berbagai produk olahan strawberry yang menjadi oleh-oleh khas seperti selai, manisan, dodol, dan kerupuk berbahan dasar strawberry.

Bagaimana ? Anda tertarik ? Jadi apabila anda berkunjung ke Ciwidey, Bandung Selatan, jangan lupa untuk berkunjung ke lokasi-lokasi Kebun Strawberry Ciwidey berada. Rasakan sensasi memetik langsung buah strawberry, ditemani dengan dinginnya cuaca, dan indahnya panorama alam.

 

Ada Tips?

Bagi anda yang ingin berkunjung ke objek wisata Kebun Strawberry Ciwidey di Bandung Selatan, sebaiknya anda memerhatikan tips berikut demi kenyamanan anda :

  1. Sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke kebun strawberry di Ciwidey. Sebab, jika anda menggunakan angkutan umum akan kesulitan mencari dan hanya tersedia pada jam tertentu.
  2. Jika anda berkunjung, sebaiknya anda berkunjung saat cuaca cerah atau musim kemarau. Sebab, pada musim kemarau, buah strawberry yang dihasilkan berkualitas bagus karena tidak mudah rusak dan busuk.
  3. Jika berkunjung ke kebun strawberry pada musim hujan, sebaiknya anda mencari kebun yang tertutup agar buah strawberry tidak terkena air hujan dan tentunya anda tidak akan basah.
  4. Pilihlah buah berwarna merah mengkilap dan terang yang berarti buah tersebut sudah matang.
  5. Cari buah yang pada bagian bawahnya tidak lembek jika ditekan. Jika ditekan pada bagian bawahnya lembek, berarti buah tersebut kualitasnya kurang bagus.
  6. Cari dan pilih buah yang memiliki permukaan atau tekstur yang baik.

 

Transportasi Menuju Kebun Strawberry Ciwidey

Kendaraan Pribadi

              Rute menuju ke lokasi Kebun Strawberry Ciwidey di Bandung Selatan apabila anda dari arah Jakarta pasti keluar melalui Tol Padalarang Barat. Perjalanan dari Bandung ke Kebun Strawberry Ciwidey berkisar 2,5 jam. Berikut adalah akses menuju tempat Wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung :

  1. Rute 1 : Melalui Kopo

Jakarta - Tol Jakarta - Cikampek - Tol Purbaleunyi - Keluar Tol Kopo - Gerbang Tol Kopo - Belok Kanan - Jalan Kopo - Bihbul - Sayati - Katapang - Soreang - Pasirjambu – Ciwidey/ Daerah Kebun Strawberry.

  1. Rute 2 : Melalui Mohamad Toha

Jakarta - Tol Jakarta – Cikampek - Tol Purbaleunyi - Keluar Tol Mohamad Toha - Gerbang Tol Mohamad Toha - Belok Kanan - Jalan Mohamad Toha - Dayeuhkolot - Bale Endah - Pameungpeuk - Banjaran - Cimaung - Soreang - Pasirjambu - Ciwidey/ Daerah Kebun Strawberry.

  1. Rute 3 : Melalui Buah Batu

Jakarta - Tol Jakarta – Cikampek - Tol Purbaleunyi - Keluar Tol Buah Batu - Gerbang Tol Buah Batu - Belok Kanan - Jalan Terusan Buah Batu - Bojongsoang - Bale Endah - Pameungpeuk - Banjaran - Cimaung - Soreang - Pasirjambu - Ciwidey/ Daerah Kebun Strawberry.

 

Kendaraan Umum

Jakarta – Terminal Leuwipanjang, Bandung – Angkot/Mobil L300 Jurusan Leuwipanjang – Ciwidey – Daerah Kebun Strawberry. Sampaikan pada supir angkot bahwa anda ingin turun di kebun strawberry yang bisa dikunjungi.

 

Kembali ke:

Wisata di Bandung

Wisata di Jawa Barat

Wisata di Nusantara

Wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung
Wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung
Wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung
Wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung
Wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung
Wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung
Wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung
Wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung
Wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung
Wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung
Wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung
Wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung
Wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung
Wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung
Wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung
Wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung
Wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung