Profile Wisata NuArt Sculpture Park Bandung

Wisata NuArt Sculpture Park Bandung

Wisata NuArt Sculpture Park Bandung

Wisata NuArt Sculpture Park Bandung

Galeri Nyoman Nuarta

                                          

Bandung merupakan kota yang kaya akan tempat wisata bertemakan alam seperti De’ Ranch Lembang Bandung, Tangkuban Perahu, dan wisata lainnya maupun wisata kulinernya. Namun, wisata kali ini bukan tentang wisata alam atau wisata kulier di daerah Bandung, melainkan tempat wisata bagi anda para pecinta seni berupa sebuah museum galeri seni yang sangat eksotis dan anda akan terkagum-kagum melihat karyanya. Ya, tempat ini bernama NuArt Sculpture Park Lembang, Bandung. Tempat wisata ini merupakan sebuah museum galeri seni patung dan lukisan karya seniman kelahiran Tabanan, Bali. Museum seni ini juga dibangun dan dikelola langsung olehnya, yaitu seniman yang membuat patung Garuda Wisnu Kencana..

 

Jam Buka dan Tiket Masuk NuArt Sculpture Park

Kawasan NuArt Sculpture Park Bandung buka setiap hari yaitu hari Senin - Minggu. Sedangkan untuk waktu berkunjung, anda akan diberikan waktu yang berbeda, di antaranya  pukul :

  1. Minggu – Kamis        : 09.00 – 17.00 WIB
  2. Jumat – Sabtu          : 09.00 – 21.00 WIB

Jadi anda bisa datang pada jam-jam operasional tersebut. Sebaiknya anda datang pagi hari di saat udara sedang sejuk ditemani dengan nuansa eksotis galeri seni di tempat ini, serta anda bisa menikmati wisata ini lebih lama. Untuk dapat memasuki wisata ini serta menikmati wahana yang ada, anda harus membayar tiket sebesar :

 

Harga Tiket NuArt Sculpture Park

No

Jenis Tiket

Harga Sewa

1

Umum

Rp. 50.000/ orang

2

Pelajar/ Mahasiswa (Menunjukkan Kartu Pelajar/ Mahasiswa)

Rp. 25.000/ orang

3

Anak < 2 tahun

GRATIS

 

 

Berwisata ke NuArt Sculpture Park Bandung

Galeri Berfilosofi

NuArt Sculpture Park Bandung yang berada di Setra Duta Bandung ini dimiliki oleh Bapak Nyoman Nuarta yang merupakan salah satu pematung Indonesia dan pelopor Gerakan Seni Rupa Baru pada tahun 1976. Karya-karya Nyoman Nuarta yang paling dikenal adalah Patung Garuda Wisnu Kencana di Badung Bali, Monumen Proklamasi di Jakarta, dan patung Jalesveva Jayamahe di Surabaya. Jika anda berkunjung ke NuArt Sculpture Park Bandung, ada banyak kegiatan wisata seru dan edukatif yang bisa anda lakukan di tempat ini. Di galeri ini, anda bisa menikmati karya seni dari jarak dekat berupa patung dan lukisan yang mengedepankan detil filosofi yang kuat, keindahan bentuk, estetika, ukuran dan hal lainnya. NuArt Sculpture Park Bandung berdiri di atas lahan seluas 3 hektar dan kawasannya mengusung konsep layaknya taman. Jika anda berkunjung ke sini, anda bisa melihat karya-karya seni di bagian halaman luar (outdoor) dan di dalam ruangan (NuArt Buliding).

Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan dan nikmati di NuArt Sculpture Park Bandung ?

 

Sculpture Park

Pertama kali anda memasuki kawasan wisata NuArt Sculpture Park Bandung, mata anda akan disuguhkan dengan beraneka ragam karya seni patung yang tampak eksotis dan mengandung filosofi yang sangat dalam di halaman depan dan samping museum, layaknya taman patung. Begitu anda datang dan membayar tiket, anda akan ditemani seorang pemandu wisata (tour guide) yang akan menjelaskan kepada anda mengenai lokasi dan posisi serta filosofi dari sejumlah bentuk patung yang terdapat di NuArt Sculpture Park Bandung ini, mulai dari luar ruangan (outdoor)  maupun di dalam gedung galerinya sendiri. Dengan berkeliling di Sculpture Park ini, maka anda akan melihat sejumlah karya seni artistik patung yang sangat indah. Banyak patung-patung bertemakan hewan dan manusia, seperti patung kuda dengan wajah wanita di bagian punggungnya, patung “Man and Cosmos”, patung “Waiting, dan patung lainnya. Patung tangan yang di atas ternyata memiliki makna tentang kehidupan yang sangat kental. Tentang manusia yang tidak akan pernah bisa lepas dari takdir Tuhan. Ya, apapun yang terjadi pada setiap detik kehidupan manusia, sudah diatur oleh Tuhan, karena takdir ada di tangan Tuhan. Itulah filosofi dari patung tersebut.

Patung ini bernama “Waiting” yang memiliki filosofi dan penggambaran tentang keadaan manusia yang sedang menunggu sesuatu, seperti keadaan saat penumpang yang menunggu kedatangan pesawat yang sedang delay di airport. Patung ini menggambarkan aktivitas dari para penumpang yang sibuk dengan kegiatannya masing-masing dalam kegelisahannya masing-masing.

Patung ini bernama “Man and Cosmos”, yaitu patung yang berbentuk lingkaran dengan poros pusaran di tengahnya. Di bagian atasnya ada sebuah tangan lengkap dengan jam tangan, dan di sebelah kiri terdapat sekumpulan manusia dengan berbagai bentuk, yang saling bertumpukan. Patung ini ingin menyuguhkan kepada anda mengenai sebuah lingkaran kehidupan, artinya apa yang manusia lakukan di dunia, pasti akan berakibat dan terjadi juga pada diri manusia itu sendiri. Adanya jam tangan pada patung tersebut menunjukkan waktu. Ya, timbal-balik dari perbuatan tangan manusia hanya tinggal menunggu waktu untuk terjadi pada manusia itu sendiri. Biasanya dikenal dengan “Karma”. Seraya anda berjalan langkah demi langkah kaki ditemani dengan sejuknya udara yang ada, anda akan melihat pengunjung yang berfoto dengan berlatar karya-karya eksotis ini. Bagi anda yang berkunjung, jangan lupa keluarkan kamera anda, lalu berfotolah!

 

Gallery Nuart Building

Jika anda telah selesai berkeliling di bagian luar dari NuArt Sculpture Park Bandung ini, selanjutnya anda bisa menuju ke galeri dari NuArt yang berada di dalam gedung. Dengan luas hampir 1.000 m2, di dalamnya terdapat 2 lantai. Lantai 1 digunakan sebagai ruang pameran dari sang pemilik yaitu Nyoman Nuarta, salah satunya adalah berisi proses pembuatan patung Garuda Wisnu Kencana yang sangat populer itu. Kemudian ada sejumlah foto dokumentasi pembuatan patung Garuda Wisnu Kencana yang memiliki ukuran sangat besar dan tinggi. Begitu anda masuk, anda akan melihat desain bangunan dengan bahan transparan yang memungkinkan sinar matahari atau bulan tembus ke ruangan. Lantainya pun menggunakan potongan-potongan kayu serta pintu yang dibuat berjeruji murni hasil kreasi Nyoman Nuarta.

Nyoman Nuarta mendesain galerinya sendiri dengan gaya yang orisinal, sehingga jika anda berkeliling di dalam gedung ini, anda akan terkesan dengan interior gedungnya ditambah dengan indahnya patung-patung hasil kreasi tangan Nyoman Nuarta. Karya-karya Nyoman Nuarta yang dipamerkan menjadi rekaman perjalanannya sebagai seorang pematung. Gedung yang baru diresmikan pada 17 Maret 2016 oleh Anies Baswedan yang waktu itu menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini memiliki beberapa fitur baru, yaitu coffee shop, teater, dan boutique shop.

Setelah anda selesai mengelilingi gedung di lantai 1, anda bisa naik ke lantai 2 yang berisi sebagian karya seni patung Nyoman Nuarta seperti patung-patung yang memvisualisasikan proses kelahiran dari anak dan cucunya. Contohnya ialah patung dua ana kecil identik dimana anak pertama berada di bawah, patung anak kecil menunjuk ke cicak, dan patung anak yang terbang menggunakan sayapnya. Bermakna tentang proses kelahiran cucu kembar Pak Nyoman, dimana satu cucunya gagal lahir secara selamat. Selain itu, lantai ke 2 juga dipakai untuk pameran hasil karya seniman-seniman lain yang sifatnya sewaktu-waktu alias temporer seperti pada ajang pameran dan kegiatan seni lainnya.

Karya-karya yang berada di tempat ini pasti menyimpan filosofi yang dalam. Salah satu contohnya ialah patung di atas. Patung ini menggambarkan tentang sifat manusia. Manusia memiliki dua sisi, sisi baik dan sisi buruk. Sisi baik digambarkan dengan sayap malaikat di sebelah kanan dan sisi buruk di sebelah kiri. Patung ini memiliki nilai yang tersimpan di dalamnya, jika kita perhatikan, wajah manusia pada patung tersebut menoleh ke arah kiri. Ada artinya? Tentu, artinya manusia lebih mudah untuk melihat dan terus mengingat manusia lainnya dari sisi yang buruknya saja. Jika kita perhatikan, karya-karya Nyoman Nuarta memiliki ciri khas bahan karyanya, yaitu memanfaatkan medium kuningan dan tembaga. Selain itu, ada beberapa karyanya yang juga memanfaatkan media kawat baja dan polyester.

 

Ikuti Kegiatan Workshiopnya dan Bersantai di N Cafe

Setelah anda puas melihat berbagai macam karya yang terdapat di galeri  NuArt Sculpture Park Bandung, selanjutnya anda bia mengikuti workshop yang lokasinya berada di paling bawah kawasan NuArt dekat dengan sungai. Tempat ini adalah lokasi ruang kerja Nyoman Nuarta dan akan dibuka untuk umum hanya setiap akhir pekan, yaitu hari Sabtu dan Minggu dengan diantar pemandu wisata. Di sini anda bisa melihat bagaimana seniman dibantu asistennya membuat karya-karya patungnya. Di tempat Workshop ini juga, anda bisa berpartisipasi membuat karya-karya seni mulai dari membuat patung, mewarnai, membuat seni grafik, membatik, dan masih banyak yang lainnya. Jika anda ingin lebih memperdalam dalam membuat karya, anda bisa mengikuti kursus dengan minimal 3 peserta, nantinya anda akan diajarkan oleh ahli berpengalaman NuArt yang dibuka setiap harinya. Namun, untuk melihat sang maestro berkarya dan mengikuti program kursus singkat, anda harus membuat reservasi terlebih dahulu dan menghubungi pemandu di NuArt Sculpture Park Bandung.

Setelah anda mengenal serta menikmati pesona wisata karya seni patung dan mengikuti workshop yang ada, maka kegiatan selanjutnya adalah menikmati sajian menu kuliner di cafe yang ada di NuArt Sculpture Park, yaitu N Cafe sebagai bagian dari penunjang kawasan NuArt Sculpture Park yang buka pada pukul 09.00 – 18.00 (Senin-Jumat) dan 11.00 – 22.00 (Sabtu-Minggu). Cafe ini hadir dengan menu tradisional Bali, resep keluarga besar Nyoman Nuarta ini sudah diwariskan secara turun temurun, dan diolah kembali oleh cucu-cucu Ni Nyoman Semuda yaitu Putu Tania dan Made Tasya dan lahirlah resep unggulan yang menjadi menu andalan N cafe seperti Bebek Crispy Tegalinggah, Ayam Betutu Rejasa, Ayam Crispy Pesiapan, dan menu unggulan lainnya.

 

Fasilitas di Wisata NuArt Sculpture Park

Dikarenakan telah dikembangkan sebagai kawasan wisata terpadu, Wisata NuArt Sculpture Park mempunyai fasilitas yang lengkap seperti :

  1. Karya Patung Outdorr
  2. Galeri Seni di Gedung
  3. Tempat Penjualan Oleh-oleh
  4. Workhsop
  5. Theatre
  6. Information Desk
  7. Office
  8. Tempat Makan
  9. Tempat Parkir Motor & Mobil
  10. Toilet

Jadi tunggu apa lagi? Segera kunjungi NuArt Sculpture Park Bandung. Nikmati keindahan karya-karya dari tangan Sang Maestro. Rasakan jiwa-jiwa anda menyatu dengan karya-karya tersebut. Jadilah seniman dengan mengikuti workshop yang ada dan nikmati makanan khas bali yang tersedia di N cafe.

 

Kontak Wisata NuArt Sculpture Park

  1. Alamat            : Jalan Sutra Duta Kencana II/ 11, Bandung, Jawa Barat, Indonesia 40151
  2. Telp                : (022) 201-7812/ 201-7816/ 202-0414
  3. Fax                 : 022-20158
  4. Email              : sculpturepark@nuarta.com

 

Transportasi Menuju Wisata NuArt Sculpture Park

Kendaraan Pribadi

                Jarak dari pusat Kota Bandung ke lokasi Wisata NuArt Sculpture Park berjarak sekitar 11 km dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 25 menit. Berikut rute Wisata NuArt Sculpture Park Bandung yang bisa anda lewati jika berangkat dari Bandung :

  1. Jalan Baranang Siang – Jalan Sunda – Jalan Banda – Jalan Diponegoro Citarum – Jalan Layang Pasupati – Jalan Dr. Djunjunan – Jalan Surya Sumantri – Jalan Terusan Perintis di Ciwaruga - NuArt Sculpture Park Bandung.
  2. Jalan Baranang Siang – Jalan Sunda – Jalan Jawa – Jalan Sumatera – Jalan Merdeka – Jalan Wastukencana – Jalan Cipaganti – Jalan Jurang Pasteur – Jalan Cemara – Jalan Bungur – Jalan Sindang Sirna – Jalan Prof. Dr. Sutami – Jalan Lemahnendeut – Jalan Terusan Perintis di Ciwaruga - NuArt Sculpture Park Bandung.

 

Kendaraan Umum

  1. Rute dimulai dari Terminal Kebon Kelapa, Naik Angkot ke – Jurusan Abdul Muis – Ledeng – Turun di Cipaganti – Lanjutkan dengan Angkot Biru Tua ke Sukajadi – Anda bisa berjalan kaki atau naik ojek ke NuArt Sculpture Park Bandung.

 

Kembali ke:

Wisata di Bandung

Wisata di Jawa Barat

Wisata di Nusantara

Wisata NuArt Sculpture Park Bandung
Wisata NuArt Sculpture Park Bandung
Wisata NuArt Sculpture Park Bandung
Wisata NuArt Sculpture Park Bandung
Wisata NuArt Sculpture Park Bandung
Wisata NuArt Sculpture Park Bandung
Wisata NuArt Sculpture Park Bandung
Wisata NuArt Sculpture Park Bandung
Wisata NuArt Sculpture Park Bandung
Wisata NuArt Sculpture Park Bandung
Wisata NuArt Sculpture Park Bandung
Wisata NuArt Sculpture Park Bandung
Wisata NuArt Sculpture Park Bandung
Wisata NuArt Sculpture Park Bandung
Wisata NuArt Sculpture Park Bandung
Wisata NuArt Sculpture Park Bandung
Wisata NuArt Sculpture Park Bandung
Wisata NuArt Sculpture Park Bandung
Wisata NuArt Sculpture Park Bandung
Wisata NuArt Sculpture Park Bandung
Wisata NuArt Sculpture Park Bandung
Wisata NuArt Sculpture Park Bandung
Wisata NuArt Sculpture Park Bandung

 
Share this: