Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Promo

Ditulis oleh Administrator2 pada Kamis, 06 Oktober 2016 | Dilihat 2363 kali
Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Promo

 

Hemat Biaya dengan Tiket Promo

Kami ucapkan terimakasih karena Anda bersedia meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel ini. Pada kesempatan ini kami akan memberikan tips yang sangat berguna yaitu bagaimana cara mendapatkan tiket pesawat promo atau tiket pesawat dengan harga yang murah.

 

Jika Anda adalah orang yang sering bepergian dengan pesawat terbang maka tips yang akan kami jelaskan berikut akan sangat berguna bagi Anda. Mudah-mudahan dengan mengikuti tips ini Anda bisa menghemat biaya untuk perjalanan Anda. Yuk kita langsung saja ke topik utama tentang cara mendapatkan tiket pesawat promo.

 

Jenis-jenis Tiket Pesawat Promo

Secara garis besar, tiket pesawat promo terbagi menjadi dua jenis, yaitu :

 

1. Tiket Promo Spesial

Tiket promo spesial adalah tiket pesawat promo yang diberikan oleh maskapai pada saat-saat tertentu. Misalnya pada saat hari ulang tahun (anniversary) maskapai tersebut, pembukaan rute baru, pameran dan event spesial lainnya. Biasanya maskapai memberikan tiket pesawat promo berupa potongan harga (diskon) yang menarik.

 

2. Tiket Kelas Promo

Perlu di ketahui bahwa ada aturan dalam menentukan harga jual tiket pesawat. Harga tiket pesawat dibagi kedalam kelas-kelas tertentu dan harga tiket pada masing-masing kelas berbeda-beda. Secara garis besar, harga tiket pesawat dibagi kedalam tiket kelas promo (promo class), kelas ekonomi (economy class) dan kelas bisnis (business class). Harga tiket di kelas promo adalah yang paling murah sedangkan harga tiket di kelas bisnis adalah yang paling mahal.

 

Tips kami adalah fokus kepada cara untuk mendapatkan tiket pesawat promo pada kategori no 2 di atas. Mengapa? karena untuk tiket pesawat promo spesial pada no 1 sudah jelas merupakan tiket pesawat promo dengan harga di bawah dari harga normal dan hanya terjadi ada event khusus.

 

Tips Untuk Mendapatkan Tiket Pesawat Promo

Berikut adalah cara mendapatkan tiket pesawat promo :

 

1. Periksa Rute dan Maskapai yang Melayani Rute Tersebut

Logikanya begini. Jika suatu rute penerbangan dilayani oleh lebih dari satu maskapai, ada kemungkinan persaingan harga di antara kedua maskapai tersebut untuk mendapatkan lebih banyak penumpang.

Jika rute tujuan Anda dilayani lebih dari satu maskapai, ada kemungkinan Anda bisa mendapatkan harga yang kompetitif.

Sebaliknya jika rute tujuan Anda hanya dilayani oleh satu maskapai ini kabar yang kurang bagus karena maskapai biasanya tahan harga karena tidak memiliki pesaing.

 

2. Menentukan Tanggal Keberangkatan

Harga tiket pesawat promo biasanya berlaku untuk hari-hari biasa yang bukan merupakan peak season. Jadi kecil kemungkinan Anda akan mendapatkan tiket pesawat promo untuk momen Lebaran, liburan sekolah, Natal dan sebagainya. Saran kami, Anda harus lebih fliksibel dalam menentukan waktu keberangkatan, karena ya itu tadi, tiket pesawat promo biasanya ada di hari-hari kerja biasa.

 

3. Waktu Yang Tepat Untuk Membeli Tiket

Banyak yang menyatakan bahwa untuk mendapatkan tiket pesawat promo maka kita harus membeli tiket jauh-jauh hari.

Benarkah demikian? Menurut kami hal tersebut benar adanya namun tidak mutlak 100% benar.

 

Maksudnya begini, ada kondisi tertentu dimana jika kita membeli tiket jauh-jauh hari maka itu lebih bagus dan sangat dianjurkan. Namun ada kalanya harga tiket justru lebih murah saat mendekati hari keberangkatan.

 

Membeli tiket jauh-jauh hari sangat dianjurkan jika Anda berencana bepergian pada saat peak season.

Sebagai contoh, kami pernah membeli tiket rute BATAM JOGJA untuk lebaran tahun 2014 yang jatuh pada bulan Juli 2014. Kami sudah beli tiketnya sejak bulan September 2013. Harga tiket yang kami dapatkan hanya sekitar 700-800rb saja ! Sangat murah jika dibandingkan membeli tiket dekat hari keberangkatan yang bisa mencapai harga 1,7jt an.

 

Sebaliknya, jika Anda berencana bepergian bukan pada saat peak season, tidak usah terburu-buru membeli tiket. Berdasarkan pengalamam kami, harga tiket untuk non peak season sangat fluktuatif (berubah-ubah).

Hal-hal yang mempengaruhi perubahan harga tiket diantaranya load factor atau jumlah kursi kosong yang tersedia. Logikanya, jika kursi kosong masih banyak tersedia sementara hari keberangkatan sudah dekat, maka harga tiket akan turun.

Sebagai contoh, bulan November 2014 adalah non peak season dan pada saat itu kami pantau harga tiket berada pada level paling murah untuk berbagai rute bahkan jika dibeli saat H-1. Tiket BATAM JAKARTA misalnya hanya 450rb an saja walaupun dibeli beberapa hari sebelum keberangkatan.

 

4. Selalu Update Informasi Tiket Pesawat Promo

Selalu up to date merupakan hal yang sangat penting untuk mendapatkan tiket pesawat promo. Dengan kemajuan teknologi, berbagai informasi tentang tiket pesawat promo dapat Anda dapatkan dengan mudah.

Misalnya maskapai Air Asia sering menampilkan iklan di TV jika mengadakan promo. Bisa juga Anda like facebook fan fage, follow twitter dan berlangganan email newsletter dari maskapai kesayangan Anda.

Biasanya pihak maskapai akan menyebarkan informasi tiket promo melalui situs sosial media tersebut dan melalui email newsletter. Selain itu Anda juga bisa mengunjungi website resmi tiap maskapai. Kadangkala informasi tiket pesawat promo juga diupdate di website.

 

5. Hadir Ke pameran atau Event-event Khusus

Banyak maskapai biasanya hadir di acara pameran seperti Air Travel Show dan sebagainya. Disana ada stand/booth dan ada diskon khusus untuk pembelian tiket di acara/pameran seperti itu. sayangnya acara seperti ini bersifat lokal yang hanya bisa didatangi oleh mereka yang dekat dengan lokasi pameran tersebut.

 

6. Dapatkan Informasi dari Agen Tiket

Tidak semua informasi tiket pesawat promo diberikan oleh pihak maskapai kepada masyarakat umum. Terkadang mereka menyampaikan informasi tiket pesawat promo hanya kepada agen tiket. Kemudian agen tiket menyebarkan informasi tiket pesawat promo tersebut melalui jalur-jalur promosi mereka.

Agen tiket pesawat adalah tempat yang mudah ditemukan di sekitar Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya meminta informasi tiket pesawat promo kepada agen tiket kepercayaan Anda. Biasanya agen tiket pesawat juga mempunyai akun sosial media seperti facebook dan twitter yang bisa Anda ikuti.

 

Terimakasih atas waktu Anda membaca artikel tentang cara mendapatkan tiket pesawat promo. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan informasi tentang tiket pesawat promo terbaru, kami sediakan jalur sosial media yang bisa Anda ikuti. Dengan like facebook atau follow twitter Jagoan Tiket, Anda akan mendapatkan informasi tentang tiket pesawat promo terbaru. Anda juga bisa share artikel ini jika bermanfaat.

Artikel ini dipersembahkan oleh:

http://jagoantiket.com

"Jagoan Tiket Batam dapat juga ditemukan di InfoPromoDiskon.com"

Tag: info promo finansial, promo diskon

 
Share this:

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer