Kalau Bisa Cermat, Kartu Kredit dapat menguntungkan

Ditulis oleh Administrator pada Selasa, 12 Januari 2016 | Dilihat 1758 kali
Kalau Bisa Cermat, Kartu Kredit dapat menguntungkan

 

Tips Menjadikan Kartu Kredit sebagai alat pembayaran yang menguntungkan

 

Pandangan umum yang berkembang di masyarakat mengenai kartu kredit yang dianggap dapat membuat pemiliknya bisa terlilit hutang dalam jangka waktu yang lama ada benarnya. Hal ini terjadi jika si pemilik hanya melakukan pembayaran minimum dari setiap tagihan kartu kreditnya. Sedangkan komponen tagihan terdiri atas hutang pokok dan bunga. Semakin lama hutang berjalan maka perhitungan bunga akan semakin besar.

Kejadian-kejadian seperti ini sebetulnya sudah biasa terdengar di masyarakat, terutama yang berada di kota besar, dimana kartu kredit sudah menjadi pelengkap dalam kehidupan sehari-hari. Sudah banyak tips, saran atau artikel yang memberikan saran-saran mengenai penggunaan kartu kredit yang cermat dan tepat.

Artikel ini mencoba membahas salah satu sisi dari manfaat kartu kredit yang bisa menguntungkan. Memang sih hal ini bukan sesuatu yang baru, tapi mudah-mudahan masih bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mempertimbangkan untuk mengajukan aplikasi kartu kredit atau menyegarkan kembali pemahaman mengenai kartu kredit

Kartu Kredit adalah Alat Penunda Pembayaran

Ini adalah hal pokok yang harus kita pahami dalam menggunakan kartu kredit secara cermat. Membeli suatu barang dengan berhutang dengan kartu kredit untuk kemudian dicicil bukanlah cara yang tepat dalam skema kredit. Untuk keperluan seperti itu, anda bisa memanfaatkan skema kredit dari lembaga pembiayaan.

Buatlah kartu kredit sebagai alat yang menunda pembayaran. Dana untuk pembayaran mungkin sudah tersedia atau akan tersedia saat tagihan kartu kredit jatuh tempo. Anda hanya menunda pembayaran cash dengan kartu kredit, semata-mata untuk memanfaatkan benefit atau keuntungan yang disediakan oleh kartu kredit tersebut.

Manfaat Kartu Kredit

Cukup banyak manfaat atau benefit yang ditawarkan oleh kartu kredit yang bisa menjadi hal yang menguntungkan bagi penggunanya. Beberapa diantaranya :

Tidak repot-repot menentukan berapa uang tunai yang harus dibawa

Saat anda hendak bertransaksi dalam nilai yang cukup besar dan ternyata nilai tersebut melebihi jumlah uang tunai yang dibawa, kartu kredit akan sangat membantu dalam kondisi ini. Dan juga anda bisa terhindar dari resiko kehilangan uang tunai karena kelalaian atau menjadi korban tindak kejahatan.

Walaupun bisa menguntungkan, sebaiknya anda harus tetap berhati-hati. Jangan sampai terlepas dari pandangan kartu kredit anda, terlebih kartu kredit yang belum mempunyai PIN sebagai pengaman, hal ini mengurangi resiko kejahatan atau biasa yang disebut sebagai “Cyber Crime”. Jangan lupa untuk menyimpan struk belanja sebagai bukti. Periksa tagihan kartu kredit anda dengan struk belanja apakah ada perbedaan atau tidak.

Benefit saat melakukan pembelian barang

Dalam program tertentu, toko besar berkerja sama dengan bank – bank penyedia kartu kredit memberikan promo pembelian barang yang dapat dicicil dengan Bunga 0% (nol persen) atau diskon besar atau bonus pembelian.  Silahkan lihat promo detailnya di “Informasi elektronik”

Benefit saat makan di resto atau rumah makan

Resto atau rumah makan seringkali menawarkan promo-promo menarik untuk pembelian jenis makanan tertentu, paket tertentu atau pada jam-jam tertentu yang bisa anda manfaatkan sesuai kebutuhan. Tetapi jangan mudah tergiur dengan promo yang ada, sehingga anda melakukan pembelian untuk sesuatu yang tidak anda butuhkan. Silahkan lihat promo detailnya di “Informasi makanan-minuman”

Benefit saat melakukan perjalanan udara

Beberapa maskapai bekerja sama dengan bank penyedia kartu kredit saat ini sudah menyediakan kartu kredit khusus untuk anda yang sering melakukan perjalanan. Selain tersedia promo menarik untuk tiket pesawat dan poin reward yang besar, juga tersedia lounge yang bisa anda manfaatkan saat di bandara. Silahkan lihat promo detailnya di “Informasi tiket pesawat terbang”

 

 

Memilih Kartu Kredit

Berbagai bank sangat gencar menawarkan kartu kredit. Dari mulai yang bebas biaya admin hingga satu tahun ataupun program promo-promo yang ditawarkan dari bank tersebut. Ataupun menawarkan skema poin reward yang besar.

Pilihlah kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan atau gaya hidup anda. Bila anda sering berbelanja di supermarket besar, maka perhatikanlah kartu kredit yang paling banyak menawarkan benefit. Jika anda sering makan-makan bersama keluarga dan sahabat, lakukan cara yang sama. Begitu pula jika anda sering berpergian dengan pesawat. Karena tiap kartu kredit berbeda dalam benefitnya, disesuaikan dengan gaya hidup penggunanya.

 

Satu hal pokok yang harus anda lakukan, jangan tunda pembayaran kartu kredit sebelum jatuh tempo seperti yang telah dijelaskan diatas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Salam pencerahan,

Rubrik Freezpage

InfoPromoDiskon.com

Tag: info promo finansial, info kartu kredit

 
;
;

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer