Bijak Memilih Kartu Kredit Sesuai Keuangan Anda

Ditulis oleh Administrator pada Jumat, 15 Januari 2016 | Dilihat 1759 kali
Bijak Memilih Kartu Kredit Sesuai Keuangan Anda

 

Tips saat bimbang memilih Kartu Kredit yang sesuai dengan kebutuhan

Bagi anda yang sedang mencari applikasi pengajuan kartu kredit atau yang sedang ingin menambah kartu kredit tambahan sebagai cadangan dana anda. Ada beberapa type kartu kredit yang harus anda perhatikan saat mengajukan aplikasi.

Tanyakan pada diri anda terlebih dahulu

Apakah anda rutin membayar semua tagihan anda sebelum jatuh tempo setiap bulannya?

Apabila anda termasuk dalam golongan ini, maka anda termasuk orang yang disiplin dalam mengatur keuangan. Anda bisa memilih kartu kredit yang suku bunganya lebih tinggi dari kartu kredit lain dengan harapan ada nilai positif/tambah atau promo – promo tertentu yang lebih banyak ditawarkan. Promo tersebut bisa berupa bebas biaya tahunan, potongan harga, cash back dan reward point saat melakukan pembelanjaan.

Apakah Anda terkadang/sering membayar tagihan dengan mencicil?

Apabila anda termasuk dalam golongan ini, maka anda wajib memilih kartu kredit dengan bunga yang ringan. Mungkin yang ada di dalam benak anda saat ini adalah membayar tagihan minimal tiap bulannya dan membayar sisa tagihannya saat memiliki keuangan yang cukup. Atau mungkin ada berpikiran dengan membayar minimal tagihan, anda bisa mengalokasikan dana untuk usaha yang lain ataupun kebutuhan yang lain yang pendapatannya jauh lebih besar untuk menutupi bunga. Yang terpenting adalah dalam hal ini anda memahami jumlah minimal rupiah yang harus dibayar dan bunga yang sedang berjalan.

Jika Anda memiliki anggapan kartu kredit sebagai sumber income tambahan ini adalah pandangan yang tidak benar. Anda harus mempunyai pendapatan yang cukup untuk bisa melunasi tagihan berserta bunga yang telah ditambahkan kedalam komponen tagihan, terlebih – lebih bila anda memakai dalam jumlah yang cukup besar. Hal ini akan lebih baik buat anda untuk menggunakan kartu debit saja untuk memudahkan transaksi.

Kapankah anda membutuhkan kartu Silver, Gold atau Platinum?

Ada beberapa bank memang menggolongkan antara Kartu Kredit Silver dengan Gold memiliki keistimewaan jauh berbeda, terkadang banyak bank yang tidak terlalu membedakan sehingga konsumen lebih cenderung memilih untuk menggunakan Kartu Kredit Gold sebagai transaksi belanjanya.

Kartu Kredit Platinum adalah kartu kredit premium bisa dikatakan kartu kredit yang eksklusif dikelasnya yang diiringi promo – promo yang menarik. Kartu Kredit ini menawarkan batas pagu kredit yang tinggi. Bank pemberi kredit akan mensyaratkan standar pendapatan yang lebih tinggi dibanding kartu kredit lainnya.

Batas kredit yang lebih tinggi dan manfaat-manfaat tambahan yang eksklusif biasanya menarik bagi para pebisnis atau mereka yang sering bepergian. Beberapa layanan atau manfaat tambahan yang diberikan biasanya asuransi kecelakaan saat perjalanan, masa garansi produk yang lebih panjang, airport lounge, dll.

Selain 3 macam Kartu Kredit diatas, pastinya tiap bank memiliki produk kartu kredit lainnya seiring tingkat kebutuhan konsumenya. Ada bank yang menawarkan kartu kredit untuk belanja bulanan, traveling, pendidikan, perjalanan keluar negeri, untuk penggemar pemain golf, dan juga korporasi yang ingin bisa mengontrol jumlah pengeluaran karyawannya yang melakukan perjalanan dinas.

Apapun kartu kredit yang sudah anda pilih, pergunakan dengan baik serta bayar tagihan sebelum jatuh tempo.

Salam pencerahan,

Rubrik Freezpage

InfoPromoDiskon.com

Tag: info supermarket, info promo finansial, info kartu kredit

 
;
;

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer