Bright Gas Sebagai Alternatif Setelah Penerapan Subsidi Tertutup Elpiji 3Kg Pada Maret 2017

Ditulis oleh Administrator2 pada Rabu, 18 Januari 2017 | Dilihat 3639 kali
Bright Gas Sebagai Alternatif Setelah Penerapan Subsidi Tertutup Elpiji 3Kg Pada Maret 2017

 

Elpiji Tabung 3Kg Akan Disesuaikan Dengan Harga Keekonomian

InfoPromoDiskon.com - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan pelaksanaan subsidi Liquefied Petroleum Gas (LPG) ukuran 3 kilogram (kg) tertutup tepat sasaran akan diberlakukan pada bulan Maret 2017.

Subsidi untuk elpiji tabung 3 kilogram (kg) hanya akan diberikan pada masyarakat miskin dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Sedangkan untuk masyarakat yang tergolong mampu maka harganya akan disesuaikan dengan harga keekonomian sekitar Rp. 10.000 per kg atau 30.000 per tabung. Jadi harganya akan mengalami kenaikan.

Diharapkan implementasinya akan berjalan lancar dan tepat sasaran kepada masyarakat. Setiap keluarga miskin akan mendapat jatah 3 tabung elpiji 3 kg per bulan. Sedangkan UMKM mendaptkan maksimal 9 tabung elpiji 3 kg per bulan.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja menjelaskan, pelaksanaan subsidi langsung elpiji 3 kg untuk masyarakat miskin dan rentan miskin akan dilakukan bertahap mulai Maret 2017. Kementerian ESDM dan Kementerian Sosial telah bekerja sama terkait pendataan dan pembagian kartu kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

"Kita akan menggunakan skema subsidi langsung, bekerja sama dengan Kementerian Sosial. Jadi keluarga yang berhak dapat satu kartu yang nantinya dapat jatah elpiji 3 kg sebanyak 3 tabung per bulan. Kalau yang usaha mikro mendapatkan 9 tabung," jelas IGN Wiratmaja Puja seperti dikutip dari laman resmi Ditjen Migas, Jakarta, Senin (9/1/2016).

Dia juga memastikan, bahwa harga untuk masyarakat miskin akan lebih murah ketimbang masyarakat biasa yang harganya ditetapkan sesuai dengan keekonomian atau Harga Eceran Tertinggi (HET) sesuai provinsi masing-masing.

Sementara itu, untuk aturan yang terkait kebijakan ini masih dalam tahap penggarapan oleh pemerintah dan ditargetkan akan diterbitkan dalam waktu dekat. 

Agar pelaksanaan program berjalan lancar, Kementerian ESDM melakukan diskusi yang intensif dengan Kementerian Sosial. Saat ini, Kementerian Sosial telah menyebarkan sekitar 800.000 kartu ke beberapa daerah.

Dari penyebaran kartu itu akan diteliti daerah mana yang paling siap untuk penerapan subsidi elpiji 3 kg kg ini. IGN Wiratmaja Puja menambahkan, satu kartu yang diberikan kepada masyarakat miskin tersebut tidak hanya dikhususkan untuk pembelian elpiji 3 kg semata, namun juga untuk program bantuan khusus lainnya yang tengah dijalankan pemerintah.

Dan penerapan subsidi elpiji 3 kg tepat sasaran tidak dilaksanakan serentak se-Indonesia. Program ini dimulai di beberapa daerah dulu dan secara bertahap diperluas hingga ke seluruh Indonesia. 

 

ilustrasi e-money

 

Adapun kartu yang digunakan dalam pelaksanaan program ini merupakan sejenis kartu uang elektronik (e-money). Pemerintah bekerja sama dengan perbankan nasional seperti PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk dan PT Bank Mandiri Tbk. dalam penyediaan kartu tersebut dan alat EDC.

Untuk diketahui, warga yang menerima subsidi elpiji 3 kg adalah 26 juta rumah tangga miskin dan 2,3 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dengan penerapan subsidi langsung tersebut, harga elpiji akan mengalami kenaikan. 

 

Bright Gas Sebagai Alternatif

 

Masyarakat tidak perlu khawatir dengan ketersediaan elpiji tabung non-subsidi dipasaran, karena Pertamina telah menghadirkan Bright Gas sebagai gas alternatif bagi ibu-ibu rumah tangga.

Apa itu Bright gas?

Bright Gas merupakan produk terbaru yang dikembangkan oleh Pertamina yang aman dan nyaman untuk keluarga. Bright Gas tersebut diproduksi dengan berbagai varian agar dapat digunakan keluarga dari berbagai kondisinya.

Setiap varian Bright Gas punya keunggulan dan kegunaan masing-masing. Ukuran 12 kg cocok bagi keluarga aktif, yang sering memasak. Untungnya, Bright Gas 12 kg memiliki Program Promo Tukar Tabung Gratis dengan tabung ELPIJI 12 kg. Konsumen hanya diharuskan membayar isi ulangnya saja. Sebagai referensi anda dalam menentukan Elpiji atau Bright Gas dapat membaca lebih lanjut "Apa Itu LPG, Bright Gas, dan Ease Gas?".

Jika anda keluarga yang tinggal di apartemen atau rumah minimalis, sebaiknya menggunakan Bright Gas ukuran 5,5 kg yang ringan, mudah dibawa, dan mudah diletakan di mana saja. Bagi anda yang ingin naik gunung atau kemah, anda bisa menggunakan Bright Gas Can kemasan 220 gram dengan ukuran kecil dan mudah dibawa kemana saja.

Kelebihan Tabung Bright Gas ini adalah terpasangnya fitur Katup Ganda DSVS (Double Spindle Valve System) yang dua kali lebih aman dalam mencegah kebocoran pada kepala tabung. Selain itu, bentuknya yang ringan dan sederhana membuatnya sangat ringan untuk dijinjing.

Jika anda ingin membeli produk ini, anda bisa mengunjungi Agen Bright Gas, SPBU yang menjual Bright Gas, dan Indomaret yang memasarkan produk Bright Gas ini. Berikut beberapa daftar provinsi yang memasarkan produk Bright Gas :

 

Nama Provinsi

Nanggroe Aceh Darussalam

Sumatera Utara

Sumatera Barat

Riau dan Kepulauan Riau

Jambi

Bengkulu

Sumatera Selatan

Lampung

Jabodetabek

Jawa Barat

Banten

DIY

Jawa Tengah

Jawa Timur – Bali – NTB

Kalimantan Timur

Kalimantan Utara

Kalimantan Tengah

Kalimantan Selatan

Kalimantan Barat

Sulawesi Barat

Sulawesi Selatan

Sulawesi Tenggara

Sulawesi Utara

Sulawesi Tengah

Gorontalo

 

 

 

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

 

Salam Hemat Energi,

FP – News Dept.

Rubrik FreezPageInfoPromoDiskon.com

 

Beberapa Referensi :

Tribun Jateng

Detik.com

Liputan6

Tag: info promo finansial

 
;
;

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer