Bagaimana memilih buah yang segar? Simak tipsnya!

Ditulis oleh Administrator pada Jumat, 13 November 2015 | Dilihat 2871 kali
Bagaimana memilih buah yang segar? Simak tipsnya!

 

Tips memilih buah-buahan segar

Buah-buahan memiliki beraneka ragam manfaat bagi tubuh kita. Walaupun belanja buah-buahan tidak sebesar belanja bahan makanan pokok, tapi setidaknya kita cukup sering membeli buah. Mungkin diantara kita pernah dimintakan oleh untuk membeli buah tapi bingung saat memilih buah-buahan yang bagus.

Pertanyaan yang sering muncul adalah :

“Buah yang bagus itu seperti apa?

“Bagaimana cara mengetahui matang atau tidaknya buah tersebut?”.

Nah, tips dibawah ini mudah-mudahan bisa membantu anda dalam memilih buah-buahan yang baik.

Apel

  1. Pilih apel yang harum, kulitnya mulus berwarna cerah dan tidak memiliki bercak.
  2. Untuk memeriksa kerenyahan buah apel, coba ketuk-ketuk buah dengan jari. Kalau bunyinya nyaring, tandanya buah apel renyah dan mengandung banyak air.
  3. Cari buah apel yang tidak terlalu lembek, karena buah apel yang lembek itu tidak renyah dalamnya.

Pisang

  1. Warna pisang yang kuning menunjukkan bahwa pisang sudah matang dan bisa langsung dimakan. Sedangkan pisang yang berwarna hijau membutuhkan waktu untuk matang
  2. Jika pisang ingin disimpan dulu untuk kosumsi nanti, pilihlah pisang berwarna hijau
  3. Simpan pisang di suhu ruangan. Dan jangan disimpan ke dalam kulkas, karena akan membuat buah pisang menjadi lebih cepat hitam dan lembek.

 

Anggur

  1. Anggur yang baik adalah anggur yang butirannya padat, tidak berkerut, tidak pucat/berwarna pekat, tidak berlubang dan melekat kuat pada tangkainnya.
  2. Ketebalan kulit anggur juga bisa menandakan kandungan air dalam anggur, dimana kulit yang semakin tipis berarti semakin mempunyai banyak kandungan air.
  3. Jangan membeli buah anggur yang sudah lengket, lepas dari tangkai dan memiliki bintik-bintik berwarna putih atau abu-abu, karena bisa jadi bintik-bintik itu adalah jamur yang bisa dengan cepat menyebar ke butiran anggur lain dan mempercepat proses pembusukan.

 

Jeruk

  1. Buah jeruk yang segar memiliki kulit yang halus, pori-pori kulit jeruk jelas, harum dan memiliki berat yang pas dengan ukurannya.
  2. Cobalah tancapkan kuku ibu jari ke bagian tengah jeruk, kalau lunak artinya jeruk sudah matang.
  3. Untuk jeruk mandarin, pilih yang kulitnya kendur karena daging jeruk lebih kecil daripada kulitnya.

Alpukat

  1. Alpukat adalah buah yang tidak bisa matang di pohon, jadi buah ini harus dipetik terlebih dahulu dan disimpan sampai matang.
  2. Warna hijau alpukat yang cerah menandakan buah alpukat masih belum matang.
  3. Alpukat yang matang tidak terasa keras saat digenggam melainkan lembut dan tidak mengandung terlalu banyak air. Selain itu bijinya juga sudah tidak menempel lagi didaging buah. Bisa dicoba dengan mengguncang-guncangkan sedikit, jika terasa bijinya bergoyang artinya alpukat sudah matang.
  4. Jangan membeli alpukat yang berwarna sangat gelap, terlalu lembek dan memiliki penyok atau memar di bagian luarnya, karena alpukat seperti itu artinya sudah terlalu matang dan lama sehingga tidak bagus untuk dikonsumsi.

 

Pepaya

  1. Pepaya yang manis dan segar dapat dilihat dari warnanya yang hampir oranye atau merah dan bebas memar. Kalaupun ada beberapa bintik gelap yang terdapat di kulitnya tidak masalah.
  2. Pepaya yang matang memiliki tekstur yang sedikit empuk kalau diremas perlahan, jadi bukan terlalu keras dan bukan juga terlalu lembek.
  3. Kalau kita membeli papaya yang masih berwarna hijau dan ingin di rumah hingga matang, bisa juga buah pepaya ini didekatkan dengan buah pisang atau apel yang membantu mempercepat kematangan pepaya.

 

Semangka

  1. Semangka yang sudah matang cirinya adalah tangkainya kering, mudah lepas dari buahnya dan bila di ketuk-ketuk bunyinya tidak nyaring.
  2. Semangka yang berat menandakan bahwa semangka memiliki kandungan air yang banyak.
  3. Semangka yang manis bisa dilihat dari warna kulitnya yang tidak pucat, bergaris lebih rapih, mempunyai batang yang keriting.
  4. Jangan lupa untuk memeriksa bagian bawah semangka yang terdapat lingkaran kecil, semakin kecil lingkarannya semakin baik!

Melon

  1. Buah melon yang sudah matang ditandai dengan jaringan/guratan kulitnya terlihat banyak dan tebal, buah juga mengeluarkan aroma yang manis dan harum yang bisa dicium dari pangkal tangkainya.
  2. Buah melon ini kalau sudah matang akan membuat banyak biji yang ada di dalamnya terlepas dari daging buah, jadi seperti buah alpukat. Cobalah dengan mengguncang-guncangkan buah melon dan merasakan apakah ada biji yang ikut terguncang.

 

Nanas

  1. Nanas yang matang dan segar memiliki bentuk yang gemuk, berat dan memiliki aroma yang kuat.
  2. Pilih nanas yang berwarna kuning keemasan cerah di bagian badan dan daun yang masih hijau tidak layu.
  3. Ada juga yang bilang, nanas yang matang daunnya bisa dipetik dari bagian atas dengan mudah. Silahkan dicoba.

Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda dalam membeli buah-buahan.

Salam InfoPromoDiskon.com

Tag: buah segar

 
;
;

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer