Bingung Memilih Mesin Cuci? Pertimbangkan Beberapa Hal Ini

Ditulis oleh Administrator pada Senin, 18 April 2016 | Dilihat 3485 kali
Bingung Memilih Mesin Cuci? Pertimbangkan Beberapa Hal Ini

 

Beberapa Faktor Yang Sebaiknya Anda Petimbangkan Dalam Memilih Mesin Cuci

Kehidupan modern saat ini menuntut kecepatan dan waktu yang efektif dan efisien. Praktis, cepat dan tepat sesuai keinginan adalah kuncinya. Karena itu kebutuhan akan peralatan rumah tangga yang mendukung pola kehidupan modern semakin meningkat.

Mesin cuci adalah salah satunya. Mesin cuci ini masuk ke dalam daftar peralatan primer karena akan banyak menghemat waktu dalam kegiatan mencuci pakaian dan lainnya. Saat ini, cara mencuci pakaian secara manual atau tenaga tangan sudah banyak ditinggalkan.

Masalahnya, memilih mesin cuci bisa jadi merupakan hal yang cukup membingungkan, terutama jika anda baru pertama kali membeli mesin cuci. Bahkan juga bila ingin mengganti mesin cuci lama atau pindah ke tempat tinggal yang baru. Mungkin juga para keluarga baru akan sangat bingung memilih mesin cuci seperti apa yang sesuai dengan kebutuhannya.

Pilihan Model Mesin Cuci : Bukaan Atas atau Bukaan Depan?

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih mesin cuci adalah posisi bukaan pintu.

Mengapa hal ini penting?

Pengalaman penulis yang tinggal di apartemen minimalis tentunya menghadapi konsekuensi ukuran ruangan yang serba terbatas. Awalnya ingin mencari mesin cuci yang front loading atau mesin cuci bukaan depan, akan tetapi karena pertimbangan ruang tadi maka pilihan jatuh ke mesin cuci tipe uploading atau biasa disebut mesin cuci bukaan atas.

Keuntungan front loading ini adalah pakaian yang dicuci dapat sempurna berputar karena poros rotasinya ini berada di belakang mesin cuci. Berbeda dengan mesin cuci top loading dimana poros rotasi putarnya berada di bawah mesin cuci sehingga pakaian yang berat seperti jeans akan berada di bagian bawah karena pengaruh gravitasi bumi, dimana putarannya mungkin kurang sempurna.

Pertimbangan Kapasitas Mesin Cuci

Menentukan berapa besarnya kapasitas mesin cuci akan berhubungan dengan seberapa sering kegiatan mencuci pakaian dilakukan.

Bila kegiatan mencuci dilakukan tiap hari maka kapasitas mesin cuci kecil tidak akan menjadi masalah. Akan tetapi, hal lain yang akan berdampak adalah semakin sering mencuci maka semakin besar rupiah yang akan anda keluarkan untuk listrik, air dan deterjen.

Jika keluarga anda adalah keluarga kecil dan ruang untuk meletakkan mesin cuci sempit atau terbatas, maka pemilihan mesin cuci berkapasitas 5kg bisa dijadikan sebagai pertimbangan utama.

Perlu diketahui bahwa yang disebut dengan kapasitas mesin cuci 5kg itu bukan hanya sekedar berat pakaiannya saja yang 5kg, akan tetapi merupakan jumlah pakaian dan air yang ditampung oleh mesin cuci itu sendiri.

Sedangkan konsumsi listrik dari masing-masing tipe mesin cuci relatif sama untuk kapasitas yang sama. Jika kapasitas mesin cuci semakin besar maka konsumsi listriknya juga besar karena daya putar motor yang dibutuhkan semakin besar.

Pilih Matic atau Manual?

Bukan hanya di dunia otomotif saja yang menggunakan istilah matic atau manual. Mesin cuci juga mengenal tipe mesin cuci yang matic dan manual.

Tipe mesin cuci manual dikenal juga dengan mesin cuci 2 tabung adalah generasi awal dari mesin cuci yang diproduksi. Sedangkan tipe mesin cuci matic atau otomatis adalah menggabungkan kedua tabung sehingga proses mencuci bisa dilakukan sekaligus mulai dari mencuci, memeras dan mengeringkan. Tidak perlu repot lagi memindahkan pakaian dari satu tabung ke tabung lainnya.

Faktor Harga

Faktor harga biasanya selalu menjadi faktor utama. Sebagai referensi untuk kisaran harga mesin cuci berdasarkan tipenya :

  1. Mesin cuci manual atau 2 tabung ini bisa dikategorikan sebagai tipe yang paling murah. Rata-rata harga mesin cuci tipe 2 tabung ini antara 1 sampai 2 jutaan karena secara sistem dan teknologi, mesin cuci ini tidak terlalu rumit.
  2. Mesin cuci top loading matic ini bisa dikategorikan sebagai mesin cuci kelas medium. Rata-rata harganya berkisar dari 2 sampai 3 jutaan.
  3. Sedangkan mesin cuci front loading ini merupakan tipe yang paling mahal dengan harga rata-rata berkisar lebih dari 3 jutaan. Mesin cuci ini memiliki teknologi yang cukup canggih dan sistem yang rumit, tetapi penggunaannya sangat mudah karena sistemnya sudah otomatis.

Faktor Lainnya yang Mungkin Bisa Menjadi Tips Bermanfaat

Selain beberapa faktor yang dijelaskan diatas, ada beberapa poin tambahan yang bisa menjadi pertimbangan anda :

  1. Sistem koneksi untuk supply air, apakah sudah cocok dengan keran air yang ada di rumah atau perlu modifikasi lagi.
  2. Sistem pembuangan air bekas cucian, apakah sudah tersedia tempat pembuangan yang memadai atau perlu perubahan atau tambahan.
  3. Sistem suplai listrik, yaitu berupa kabel listriknya apakah sudah bisa langsung dihubungkan ke stop kontak atau perlu tambahan kabel lagi.
  4. Karena fungsi mesin cuci yang cukup vital, maka pertimbangkan juga faktor garansinya, bagaimana kemudahan dalam melaporkan masalah dan bagaimana kecepatan dalam pelayanan pelanggan. Karena anda bisa bayangkan kerepotan yang timbul ketika kegiatan mencuci tertunda untuk waktu yang lama disebabkan gangguan dan masih menunggu teknisi yang datang untuk perbaikan.
  5. Terkait dengan poin 4 diatas adalah mengenai kehandalan mesin cuci itu sendiri. Penulis tidak merekomendasikan salah satu merk dalam tulisan ini, tetapi sebaiknya anda mencari tahu merk atau jenis mesin cuci apa yang handal dan banyak direkomendasikan.
  6. Semakin canggih teknologi dan sistem pada mesin cuci tentunya akan semakin memudahkan penggunaannya. Tetapi ada kalanya hal ini merepotkan dalam perbaikan ketika mengalami gangguan. Komponen elektronik mungkin bisa saja menjadi penyebab masalah. Karena itu kepastian jaminan garansi untuk penggantian komponen, durasi dan kecepatan perbaikan, seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, sebaiknya masuk dalam pertimbangan anda selain faktor harga.

Dalam hal kecanggihan mesin cuci, penulis pernah mengalami masalah ketika menggunakan mesin cuci yang serba otomatis. Terjadi error di tengah proses pencucian dan tidak dapat berlanjut ke proses setelahnya. Beberapa kali diulang prosesnya tetap terjadi error yang sama. Air sisa pencucian tidak dapat dibuang karena tidak tahu bagaimana melakukannya secara manual. Hal ini terjadi di tengah malam. Terpaksa cucian dibilas dan diperas secara manual. Sedangkan air cucian didiamkan sampai didapat informasi lebih lanjut dari pusat pengaduan. Karena ternyata penulis lupa dimana menyimpan buku petunjuk mesin cuci ini.

Mungkin sebaiknya anda perlu menanyakan lebih detail mengenai buku petunjuk yang tersedia, apakah sudah memuat petunjuk yang cukup memadai jika terjadi masalah dan mungkin saja tersedia layanan pengaduan 24 jam ketika terjadi kesulitan.

Selamat memilih mesin cuci, atau setidaknya artikel ini bermanfaat bagi anda ketika menemukan promo mesin yang menarik minat anda untuk membeli.

Salam Cuci-Mencuci,

Rubrik Freezpage

InfoPromoDiskon.com

ANDA ALAMI MASALAH KELISTRIKAN???

CARI SAJA PELAYANAN JASA LISTRIK DI

APLIKASI IPD Belajasaku..

DOWNLOAD KLIK LOGO DIBAWAH INI

Tag: info pendidikan

 
;
;

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer