Tulisan PERIKSA di kWh-Meter, Apa Arti dan Efeknya?

Ditulis oleh Administrator2 pada Senin, 04 Mei 2020 | Dilihat 1308 kali
Tulisan PERIKSA di kWh-Meter, Apa Arti dan Efeknya?

 

Tulisan “PERIKSA” di kWh-Meter, Apa Arti dan Efeknya?

 

Di tiap rumah memiliki kWh meter baik itu pasca bayar maupun prabayar. Suatu saat meteran di kWh anda muncul tanda “PERIKSA”. Apakah makna dan tulisan tersebut? Padahal sudah 2 kali petugas PLN yang datang.

 

“PERIKSA” di kWh-Meter

Penyebab yang paling sering dari munculnya tulisan “Periksa” pada Meter Prabayar (MPB) adalah terjadinya perbedaan aliran listrik pada penghantar phase dan netral. MPB mempunyai fitur yang mengukur arus listrik yang masuk dan keluar.

Bila arus listrik yang masuk melalui penghantar phase sebesar 2A, maka arus listrik yang keluar melalui penghantar netral juga sebesar 2A. Jika terjadi perbedaan sebesar nilai tertentu (mohon maaf, kami belum tahu berapa nilai settingnya), maka akan muncul tulisan “Periksa” pada MPB. Dalam hal ini MPB menganggap ada kebocoran arus listrik ke ground, dan itu harus diperiksa.

Penyebab timbulnya arus bocor biasanya terjadi pada peralatan listrik yang terpakai. Contohnya, PC yang seringkali terasa ada setrumnya merupakan salah satu indikasi adanya arus bocor. Contoh lainnya adalah isolasi kabel yang terkelupas.

Baca juga:

Indikasi Kebocoran Instalasi listrik pada kWh-Meter

Akan tetapi, terkadang munculnya tulisan “Periksa” bisa disebabkan karena adanya koneksi antara kabel netral dan grounding yang tidak sesuai dengan ketentuan pada MPB. Untuk lebih jelasnya bisa lihat skemanya pada artikel “Bagaimana Memastikan System Grounding di Rumah Terpasang dengan Baik”.

Efek “PERIKSA” di kWh-Meter

Masalah pada MPB ini sering merepotkan pelanggan listrik, karena munculnya tulisan “Periksa” akan menyebabkan MPB tidak bisa diisi token pulsa selama kata “Periksa” tidak dihilangkan. Langkah paling mudah dan cepat adalah menghubungi PLN untuk melakukan pemeriksaan dan untuk menghilangkan tulisan “Periksa” maka perlu dimasukkan kode “Clear Tamper Token”.

Kode “Clear Tamper Token” ini hanya bisa dipakai sekali saja dan hanya pihak PLN yang berwenang untuk mengeluarkan kode ini. Kode ini unik dan berbeda untuk setiap MPB.

Masalah yang sering dialami adalah tulisan “Periksa” ternyata muncul lagi. Maka terpaksa harus menghubungi lagi pihak PLN untuk mendapatkan kode “Clear Tamper Token” ini, terutama pada saat ingin mengisi pulsa.

Solusi “PERIKSA” di kWh-Meter

Untuk solusinya, bila petugas PLN tidak menemukan masalah pada MPB maka kita sebagai pelanggan harus memeriksa instalasi listrik di rumah. Karena instalasi listrik rumah adalah tanggung jawab pelanggan. Mintalah bantuan instalatir yang kompeten untuk melakukan pemeriksaan pada instalasi listrik anda atau lakukan pemeriksaan awal pada alat-alat listrik di rumah yang berpotensi mengalami kebocoran listrik.

Ada juga merk MPB yang memasukkan tegangan drop sebagai salah satu penyebab munculnya tulisan “Periksa”, karena unit MPB yang terpasang di rumah pelanggan terdiri dari banyak merk, walaupun fiturnya hampir sama.

Baca juga:

‘’Ada Masalah Dengan Listrik PLN? Ini Cara Pelaporannya”

 

Mohon maaf jika penjelasan kami masih belum sesuai harapan. Semoga penjelasan ini masih bisa mencerahkan untuk teman-teman yang mempunyai pertanyaan serupa.

 

Salam hormat,

IPD-Team

BUTUH INFO JASA TERDEKATMU?

IPD Belajasaku Solusinya

DOWNLOAD APLIKASINYA KLIK LOGO DIBAWAH

DOWNLOAD SEKARANG JUGA,NIKMATI MUDAHNYA.

Tag: info pendidikan

 
;
;

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer