Tabel Lengkap Tegangan Listrik dan dan Model Stop Kontak Colokan di Berbagai Negara di Seluruh Dunia

Ditulis oleh Administrator3 pada Rabu, 11 Januari 2017 | Dilihat 8872 kali
Tabel Lengkap Tegangan Listrik dan dan Model Stop Kontak  Colokan di Berbagai Negara di Seluruh Dunia

 

Perhatikan Tegangan Listrik Yang Tersedia dan Model Stop Kontak di Negara Tujuan Anda

 

Bagi anda yang berencana akan berkunjung ke negara tertentu sebaiknya memperhatikan dengan cermat spesifikasi tegangan listrik yang di suplai oleh perusahaan listrik setempat beserta model stop kontak dan colokan listriknya.

Hal ini sangat penting karena harus dipastikan bahwa berbagai macam peralatan listrik yang dibawa tidak bermasalah dengan suplai listriknya. Jangan sampai rusaknya charger HP, laptop, dan peralatan listrik lainnya karena salah tegangan dan frekuensi bisa menghambat aktifitas yang sudah direncanakan.

Secara umum, suplai tegangan listrik berkisar antara 220 - 240 volt dengan frekuensi 50 atau 60 Hz. Ada juga negara tertentu yang memberikan suplai tegangan listrik sebesar 100-127 volt. Karena itu perhatikan range tegangan dan frekuensi listrik dari peralatan anda. Contohnya adalah seperti gambar dibawah ini.

Spesifikasi input tenaga listrik peralatan diatas mempunyai range tegangan antara 100-240V dan frekuensi 50-60Hz. Artinya peralatan listrik ini bisa digunakan di negara manapun.

Hal berikutnya adalah model stop kontak dan colokan listriknya. Bila tegangan listrik dan frekuensi sudah sesuai tetapi model colokan dari peralatan listrik tidak sesuai maka akan cukup menyulitkan karena harus mencari adapter yang sesuai. Dan mungkin saja harganya lebih mahal dari seharusnya.

Ada baiknya menggunakan jenis universal adapter untuk meminimalkan jenis adapter yang dibawa. Tetapi untuk memastikan bahwa adapter yang dibawa sudah sesuai dengan model stop kontak di negara tujuan, sebaiknya perhatikan sejenak informasi berikut ini.

Download tabel lengkap daftar tegangan dan colokan yang dipakai di semua negara di dunia di bawah ini. Tabel ini juga memberikan informasi besar frekuensi listrik yang disuplai di negara tersebut. Klik huruf yang ada di sebelah kanan untuk detail model stop kontak dan colokannya.

                    

 

Simbol

Simbol grafis ini adalah standar yang digunakan pada gambar arsitektur dan single line diagram untuk mewakili soket. Standar symbol ini digunakan untuk memberikan presepsi yang sama antara pembaca dan penulis/desiner.

Soket listrik umum

Multi Soket

Soket untuk telekomunikasi

Referensi

  • AS/NZS 1102.111:1997 - Graphical symbols for electrotechnical documentation
  • IEC 60617-11:1996 - Graphical symbols for diagrams

Semoga informasi ini memudahkan anda untuk mempersiapkan peralatan listrik yang diperlukan untuk aktifitas di negara tujuan.

Salam,

FP – Electrical Dept.

Rubrik Frezpage - InfoPromoDiskon.com

Tag: info pendidikan

 
;
;

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer