Jenis Mata Bor dan Penggunaannya

Ditulis oleh Administrator2 pada Selasa, 30 Mei 2017 | Dilihat 33284 kali
Jenis Mata Bor dan Penggunaannya

 

Mengenal Jenis Jenis Mata Bor

Mata bor merupakan suatu komponen dari peralatan bor yang berfungsi untuk membuat lubang pada material kaca, logam, besi, dinding, plastic dan kayu. Dengan beragamnya jenis material ini maka pemilihan mata bor harus sesuai dengan material yang akan dibor.

Untuk itu mengetahui jenis-jenis mata bor akan sangat penting agar pekerjaan yang dilakukan bisa mencapai kualitas yang baik.

 

Twist Bits

Dari segi sejarah penemuannya, mata bor jenis twist bits ini ditemukan oleh Steven A. Morse dari East Bridgewater, Massachusetts pada era tahun 1861.

Ukuran mata bor twist bits berdiameter mulai dari 0,002 sampai 3,5 in, atau mulai dari 0,051 sampai 88,9 mm. Untuk panjangnya drill bit sendiri bisa mencapai 25,5 in (650 mm).

Mata bor twist bits merupakan jenis mata bor yang paling sering digunakan. Mata bor ini dapat digunakan pada mesin bor duduk dan juga pada mesin bor tangan/portable.

Dalam penggunaanya mata bor ini dapat dipakai secara vertical maupun horizontal. Mata bor twist bits digunakan untuk membuat lubang pada plastik, kayu, logam, dan PCB pada elektronika.

Mata bor twist bits ini sangat mudah di jumpai di toko-toko peralatan umum.

Gbr. Mata bor twist bits

 

Masonry Bits

Mata bor jenis Masonry Bits digunakan untuk membuat lubang pada concrete/tembok, beton dan batu. Ciri khas dari mata bor ini adalah pada ujung mata bornya terdapat mata pisau.

Mata bor ini terbuat dari bahan yang mempunyai karakteristik sangat keras, sebab penggunaan mata bor Masonry Bits ini selain berputar namun juga memukul.

Mata bor ini tersedia dalam diameter ukuran mulai 3-40 mm. Mata bor ini sangat cocok untuk memasang kabel dan pipa air keran di rumah atau gedung.

Gbr. Mata bor Mansory Bits

 

Spur Bits

Spur Bits adalah pengembangan dari mata bor jenis twist bits yang dioptimalkan untuk pengeboran berbahan kayu.

Pada bagian ujung mata bor jenis ini terdapat bor runcing , dan pada bagian kelilingnya terdapat pisau pengiris.  Ujung runcing pada mata bor ini berfungsi untuk menjaga mata bor supaya tetap lurus sehingga lubang yang dihasilkan presisi.

Ukuran yang tersedia adalah 6-15 mm.

Gbr. Mata bor Spur bits

 

Countersink Bits

Mata bor jenis Countersink bits digunakan untuk membuat lubang pada kayu untuk kepala sekrup supaya permukaan sama rata.

Pada bagian ujung mata bor ini bersudut 90 derajat yang berfungsi untuk membuat lubang 45 derajat terhadap permukaan kayu.

Gbr. Mata bor Countersink Bits

 

Forster Bit

Mata bor jenis Forster Bit digunakan untuk membuat lubang engsel sendok.

Mata bor ini sebaiknya dioperasikan dengan mesin bor duduk supaya lebih stabil. Jika dioperasikan dengan mesin bor tangan maka akan sangat sulit mengendalikan kestabilan posisi mata bor dan lubang yang dihasilkan pun kurang berkualitas.

Gbr. Mata bor Foster bits

 

Hole Saw Bits

Mata bor jenis Hole Saw Bits disebut pula sebagai gergaji lubang sebab bentuk mata bor ini seperti gergaji dengan diameter yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Berdiameter sekitar 25-60mm.

Gbr. Mata bor Hole Saw bits

 

Mata Bor Metal Standar

Mata bor jenis ini digunakan untuk mengebor plat besi, kuningan, alumunium, dan akrilik. Terdapat dua jenis yang tersedia di pasaran yaitu High Speed Steel (HSS) dan HSS-Co (Cobalt).

HSS-Co lebih keras dari HSS, sehingga dalam penggunaannya lebih awet, dari segi harga tentu lebih mahal dari HSS.

Gbr. Mata bor standar

 

Auger Bit

Mata bor jenis ini digunakan untuk mengebor aneka jenis kayu ataupun material lunak lainnya. Diameternya lebih besar dari mata bor kayu standar.

Mata bor ini berbentuk ulir tunggal atau single flute dan digunakan untuk mesin bor dengan putaran rendah.

Gbr. Mata bor Auger bit

 

Flat Bit

Mata bor jenis ini sama seperti Mata Bor Auger Bit yang digunakan untuk pengeboran aneka jenis kayu dan material lunak lainnya. Hanya saja mata bor ini berbentuk pipih rata (flat).

Mata bor jenis Flat Bit biasa dioperasikan dengan bor tangan manual dengan putaran mesin sangat rendah, tidak disarankan menggunakan bor tangan listrik.

Gbr. Mata bor Flat bit

 

Hinge Borring Bit

Mata Bor jenis ini digunakan untuk membuat lubang pada kayu atau material lunak lainnya.

Lubang yang dihasilkan mempunyai diameter cukup besar yang mana sudah tidak ada lagi diameter yang lebih besar pada mata bor kayu standar.

Gbr. Mata bor Hinge Borring bit

 

Chisel Bit

Mata bor jenis Chisel Bit digunakan untuk membuat lubang berbentuk kotak pada material kayu.

Dioperasikan pada mesin Hollow Chisel Mortiser.

Gbr. Mata bor Chisel bit

 

Mortiser Bit

Mata bor jenis Mortiser Bit digunakan untuk membuat lubang geser pada kayu,

Dioperasikan pada mesin Mortising.

Gbr. Mata bor Mortiser bit

 

Router Bit

Mata bor jenis Router Bit digunakan untuk membuat aneka bentuk profile pada kayu atau material lunak lainnya.

Mata bor jenis ini dioperasikan pada mesin Router atau Trimmer.

Gbr. Mata bor Router bit

 

Mata Bor Kaca

Mata bor jenis ini digunakan untuk melubangi kaca. Bentuknya yang seperti tombak sehingga mata bor ini sering disebut sebagai mata bor tombak.

Gbr. Mata bor Kaca

 

Hole Saw Metal

Mata bor jenis Hole Saw Metal digunakan untuk membuat lubang pada metal dengan diameter tertentu, dimana biasanya untuk diameter yang berukuran cukup besar.

Gbr. Mata bor Hole Saw Metal

 

Core Drill Bit

Mata bor jenis Core Drill Bit digunakan untuk membuat lubang pada beton, dinding, marmer, granit dan jenis batuan lainnya dengan diameter tertentu, biasanya untuk diameter yang cukup besar.

Gbr. Mata bor Core Drill bit

 

Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis mata bor, semoga bermanfaat bagi anda.

Tag: info pendidikan

 
;
;

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer