Camilan Pengusir Kantuk Saat Menyetir

Ditulis oleh Administrator2 pada Kamis, 15 Juni 2017 | Dilihat 1920 kali
Camilan Pengusir Kantuk Saat Menyetir

 

Konsentrasi Menurun dan Mengantuk

Ngantuk? Ya, setiap orang termasuk anda pasti pernah merasakan ngantuk, entah di kantor, sekolah, rumah, ataupun saat menyetir. Banyak orang bertanya-tanya, apa yang membuat kantuk itu begitu menghantui kita terutama saat mengemudi di perjalanan panjang. Terlebih jika kita melakukan perjalanan melewati area tol yang pastinya memakan waktu yang panjang.

Kantuk saat berkendara kerap menjadi kendala saat menempuh perjalanan cukup jauh, apalagi jika tubuh dalam kondisi lelah. Kejadian seperti ini sangat disayangkan oleh Dr Phaidon Toruan, pengarang buku Fat-Loss not Weight Loss. Menurutnya, kecelakaan akibat mengantuk bisa dihindari.

Apa yang anda makan, akan memengaruhi proses aktivitas anda sepanjang hari, termasuk saat anda mengemudikan kendaraan. Pengendarayang lapar atau haus, kemampuan konsentrasinya akan menurun/ mengantuk serta lebih mudah marah.

Dengan demikian, anda perlu memakan camilan yang dapat membantu anda tetap terjaga. Camilan yang dapat melawan kantuk biasanya memiliki glisemik yang rendah atau mengandung sedikit gula. Jadi, jangan pernah meninggalkan rumah tanpa bekal camilan, makanan atau minuman berikut ini :

Air & Isotonik

/userfiles/uploads/camilan2.jpg

Siapa yang tidak mengenal khasiat air mineral? Jika anda ingin menyetir kendaraan, jangan lupa untuk selalu membawa air untuk mencegah dehidrasi karena AC dan panas matahari. Sebab, dehidrasi dapat membuat kantuk, pikiran stres, kulit, bibir, dan tenggorokan kering, pusing sampai pingsan.

Kopi

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan penghilang rasa kantuk yang satu ini. Ya, kopi mengandung banyak kafein yang dapat membuat mata anda segar kembali. dr. Tirta Prawita SpGK, dosen, spesialis dan aktivis gizi, menyatakan bahwa Kopi sangat bagus untuk meningkatkan kerja syaraf. Itu yang membuat orang bisa lebih berkonsentrasi setelah minum kopi. Konsumsi 2 cangkir sehari masih aman,

Stimulan dari kafein ini sangat membantu anda untuk tetap terjaga saat berkendara. Dilansir dari laman Medicmagic, dari serangkaian studi para peneliti di Inggris menemukan bahwa meminum kopi kemudian diikuti dengan tidur selama 15 menit merupakan cara yang paling efektif untuk memerangi rasa kantuk.

Teh

Siapa sih yang tidak menyukai teh? Apalagi diseduh dengan air panas, ditambah dengan aromanya yang harum. Tahukah kamu, bahwa teh juga menyimpan kandungan kafein di dalamnya.

Teh hangat mengandung kafein yang berguna mencegah kantuk. Meskipun kadar kafeinnya nggak sebesar jumlah kafein pada kopi, namun cukup ampuh untuk membuat kita jadi rileks dan segar.

Jus Buah

Anda suka meminum jus? Jika Anda suka dengan minuman jus, jangan ragu untuk mengonsumsinya demi kesegaran tubuh. Jus yang terbuat dari buah-buahan banyak mengandung vitamin dan sumber gula, nantinya vitamin tersebut akan menjadi energi bagi tubuh saat beraktivitas seperti menyetir.

Dengan meminum jus, berarti anda menjaga tubuh tetap fit sepanjang hari, terutama mencegah lelah dan sakit saat menghadapi perjalanan panjang. Ahli gizi, Dr. dr. Annie Kurniawan M.Sc, SpGK mengatakah bahwa Semua vitamin bagus untuk ketahanan tubuh. Rata-rata buah itu kaya vitamin.

Vitamin A dan C ada di buah yang berwarna merah dan kuning seperti mangga, jambu, tomat, strawberry dan sebagainya. Selain itu, buah yang mengandung zat besi dan seng ada pada buah berwarna hijau dan sayuran.

Roti Gandum, Sereal, Cornflake

Jika anda ingin menempuh perjalanan panjang sambil menyetir, roti gandum, sereal, dan cornflake sangat cocok untuk dijadikan bekal perjalanan, terutama di pagi hari saat waktu sarapan. Makanan berserat ini sangat praktis karena sudah dikemas sedemikian rupa, ditambah dengan rasa kenyangnya yang bertahan lama.

Camilan diatas memiliki berbagai kandungan seperti vitamin B, E, tembaga, seng, riboflavin, tiamin, niasin dan mangan. Biji-bijian seperti gandum sangat efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga dapat memberikan kesegaran dan mengurangi stress.

Kacang-Kacangan

Kriuk..kriuk... Begitulah suara di mulut kita saat mengunyah kacang-kacangan sebagai camilan. Almond, pistachio dan aneka jenis kacang lainnya, tidak hanya renyah, namun kandungan vitamin B2, magnesium, dan seng-nya membantu meredakan stres serta mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Menurut sebuah situs kesehatan AskDrSears.com, yang dikelola oleh William Sears, MD, seorang dokter anak dan Martha Sears, seorang perawat, kacang-kacangan dan biji-bijian padat nutrisi mengungkapkan bahwa kacang-kacangan mengandung kadar protein yang tinggi, sehingga akan memberikan cukup energi dan membantu tubuh untuk beraktivitas seharian. Kacang, ya, itulah camilan yang gampang dibawa dan dicomot selagi nyetir atau macet.

Coklat

Coklat memiliki rasa manis yang khas, sehingga membuat makanan inihampir dikonsumsi setiap orang di dunia. Manfaat kesehatan dari coklat ialah kandungan senyawa antioksidan bernama flavonoid. Coklat berasal dari tanaman kakao, dan kakao adalah luar biasa kaya flavanols.

Terutama dark coklat, yang ampuh meredakan stres. Ini karena coklat memicu produksi serotonin, hormon yang membuat mood lebih stabil dan menurunkan agresi. Coklat juga memicu produksi endorphin yang dapat meningkatkan kinerja dan kewaspadaan, menekan stres, membuat rileks, dan perasaan senang.

Biskuit

Biskuit. Ya, camilan paling praktis, gampang dibawa, dan dimakan dimanapun dan kapanpun. Sebagai tips, pilihlah biskuit yang mengandung kacang-kacangan, coklat, buah, atau gandum. Sebab, selain mengganjal perut, kandungan tersebut juga menambah energi dan mengusir ngantuk sekaligus usir stres.

Dalam segi manfaat kesehatan dari biskuit, tergantung dari bahan yang digunakan dalam proses pembuatannya. Biskuit pada umumnya banyak mengandung karbohidrat, protein, dan gula, Tentunya hal ini membuat rasa biskuit manis dan menimbulkan rasa kenyang dan sumber tenaga bagi kita untuk berakitivitas.

Itulah beberapa cemilan dan minuman yang sebaiknya anda sediakan selama aktivitas menyetir terutama saat perjalanan jarak jauh yang tentunya akan membutuhkan konsentrasi yang konstan.

Semoga bermanfaat.

*****

 
;
;

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer