Cara Kerja Kontrol Level Tangki Air

Ditulis oleh Administrator3 pada Jumat, 26 Oktober 2018 | Dilihat 11468 kali
Cara Kerja Kontrol Level Tangki Air

 

Fungsi Tandon Air dan Sistem Otomatis

Catatan Admin: Artikel ini adalah migrasi dari artikel dengan judul dan isi yang sama, sebelumnya berada di InstalasiListrikRumah.com

Tangki penampungan air atau sering disebut toren atau tandon sangat umum dipakai di perumahan. Fungsinya cukup vital sebagai cadangan air yang siap digunakan untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari, terutama bila terjadi masalah dengan suplai dari pompa air atau karena pemadaman listrik.

Keuntungan lainnya adalah juga dalam sisi penghematan listrik karena pompa air tidak seringstart-stopdalamintervalsingkat saat berlangsung pemakaian air

(Lihat artikel Apa dampaknya bila mesin pompa air sering start stop dalam interval yang singkat?").

Umumnya toren air dikontrol secara otomatis oleh suatu mekanisme pengaturan yang akan mengisi air bila volume air tinggal sedikit dan menghentikannya bila sudah penuh.

Cukup merepotkan bila kontrol pengisian air dilakukan manual oleh penghuni rumah. Karena selain harus menunggu sekian lama sampai air mulai naik hingga keluar di keran air, juga air yang sudah penuh berpotensi terbuang disebabkan penghuni rumah lupa untuk mematikan pompa air.

Cara kerja mekanisme pengaturan level air ini cukup sederhana dan semoga bisa dipahami dengan mudah. Mari kita kupas mengenai sistem kontrol level otomatis ini dan mudah-mudahan bisa bermanfaat terutama saat ada masalah dengan alat ini.

Model Pengaturan Level Air

Ada dua model kontrol level yang banyak digunakan. Yang pertama adalah menggunakanball-floaterdan yang kedua menggunakanlevel switch.

Ball Floater

Kontrol Level Model Ball-Floater

Kontrol Level Model Ball-Floater

Modelball-floaterberbentuk bola pelampung yang mengatur buka-tutup air sesuai dengan level air dalam toren.

Sistem ini murni mekanis. Saat level air dalam toren turun mencapai levellowdariball-floater, maka alat ini secara mekanis akan membuka aliran air untuk pengisian.

Bila level air sudah mencapai levelhighdariball-floater, maka aliran air akan ditutup secara mekanis juga. Jadi sistem kerjanya adalah keran yang bisa buka-tutup secara otomatis.

Kelemahan model ini adalah mudah bocor pada bagian keran tersebut, karena dia juga harus bisa menahan tekanan air dalam pipa yang keluar dari mesin pompa air.

Modelball-floatertidak berhubungan langsung dengan mesin pompa air.Start-stopmesin pompa air terjadi karena faktor tekanan air dalam pipa yang sudah cukup tinggi disebabkan aliran air ditutup oleh keranball-floater.

Level Switch

Level Control Switch

Tangki Air dengan Level Control Switch

Sedangkan modelLevel Switchmenggunakan kontakrelay yang bersifat elektrik,dan ada juga yang menyebutnyaliquid level relay.

Nama yang lebih familiar di beberapa tempat untuk model ini adalah Radar. Sebetulnya ini adalah nama merk. Jadi seperti kita menyebut Kodak untuk kamera atau Odol untuk pasta gigi.

Hampir mirip dengan modelball-floater, hanya saja bola pelampungnya diganti dengan 2 buah sinker (pemberat) yang dipasang menggantung dalam satu tali.

Kemudian sistem pengaturannya menggunakan kontakrelayyang dihubungkan dengan mesin pompa air melalui kabel listrik.

Saat level air di toren rendah maka mesin air akanstartdan kemudianstopbila levelnya sudah tinggi, sesuai dengansettingposisi dari dua buah sinker tersebut.

Sistem ini relatif lebih handal dalam menghindari kebocoran seperti pada modelball-floater, karena mesin pompa air bisa dimatikan secara langsung. Untuk lebih jelasnya mengenai model ini, silahkan dilanjut.

Cara kerjaLevel Control Switch

Skema Level Control Switch

Seperti gambarini, sistemlevel switchmempunyai cara kerja yang cukup sederhana.

Saat Air Menuju Level Low

Saat air mencapai setengah dari pemberat yang bawah(levellow) maka dua pemberat (sinker) akan menggantungdimana total beratnya akan mampu menarikswitchyang ada padaswitch bodydi bagian atas.

Switchyang tertarik pemberat akan membuat kontakrelay menjadiclosedan arus listrik akan mengalir melalui kabel ke mesin pompa airyang kemudianstartdan mengisi air ke dalam toren hingga mencapai levelhigh.

Saat Air Menuju Level High

Saat air mendekati levelhigh, maka pemberat bagian bawah akan mengambang dan saat level air mencapai setengah dari pemberat bagian atas makalevel switchakan kembali ke posisi awal (dengan bantuan pegas yang ada dalamswitch body) sehingga kontakrelay akan menjadiopendan arus listrik terputus sehingga mesin pompa airstopsecara otomatis.

Setting Pemberat

Batas levelhighdan levellowdalam toren ini dapat di-settingsesuai keinginan, dengan mengatur ketinggian dari dua pemberat ini. Cukup dengan mengatur panjang talinya dan kemudian dikencangkan kembali ikatannya.

Jikasettinglevellow-nya dinaikkan (pemberat bagian bawah posisnya lebih naik), maka volume air dalam toren akan masih tersisa banyak sesaat sebelum air diisikan kembali.

Begitu pula jikasettinglevelhigh-nya dinaikkan (dengan menaikkan lagi posisi pemberat bagian atas), maka volume air akan bisa mendekati maksimum kapasitas yang bisa ditampung dalam toren sesaat setelah mesin air dimatikan.

Hanya perlu diperhatikan, bila jarak antara kedua pemberat sangat pendek (sehingga jarak levellowdanhighberdekatan) maka akibatnya interval pengisian air akan lebih singkat sehingga mesin pompa air akan semakin seringstart-stop.

Apalagi jika toren yang digunakan memiliki kapasitas kecil, misalnya 250 liter. Ingat,startmesin pompa air akan menyerap daya listrik yang cukup besar.

(Lihat artikel Apa dampaknya bila mesin pompa air sering start stop dalam interval yang singkat?").

Karena itusettingpemberat ini lebih disesuaikan pada kebutuhan dengan pertimbangan aspek volume cadangan air dalam toren dan penghematan daya listrik.

Bagian-bagianLevel Control Switch

Bagian-bagian Level Control Switch

Bagian-bagian dari Level Control Switch

Gambar diatas diambil darimanual sheet Liquid Level Relay merk "Radar" (hanya sebagai contoh saja). Sedangkan pada umumnya untuk merk lain juga mempunyai bagian-bagian yang sama.

Bagian yang terpasang di sebelah dalam toren adalah dua buahsinkerdanL shape bracket. Sedangkanswitch bodydanwater proof coverdipasang pada bagian luar.

Perlu diperhatikan pemasanganwater proof coverini harus benar-benar baik, karena letaknya yang ada dibagian luar akan terkena panas dan hujan (toren biasanya dipasang diluar), sedangkan di dalamnya terdapat terminal kabel listrik dari kontakrelay.

Padaswitch body, terdapat dua pasang terminal untuk kabel listrik yaitu terminal A1-A2 dan B1-B2. Dua pasang terminal ini merupakan dua macam kontakrelay yang mempunyai fungsi berkebalikan.

Untuk keperluan yang paling umum gunakan terminal A1-A2, karena fungsi ini yang sesuai dengan cara kerjalevel switchseperti dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Selain itu pihak pabrik pembuat biasanya mempermudah konsumen dengan memberikan tanda dengan hanya memasang 2 buah baut saja pada terminal A1-A2.

(Lihat artikel Illuminated Push Button dan Simbolnya Berdasarkan Standar Internasional").

Perbedaan Dua Pasang Terminal

Penjelasan mengenai dua pasang terminal ini adalah sebagai berikut :

Kontak Relay Level Control Switch

Dua Macam Kontak Relay Level Control Switch

Pada saat air mencapai levellow, maka dua pemberat tadi akan menariklevel switchkearah bawah dan kontakrelay A1-A2 akan terhubung, sedangkan kontakrelay B1-B2 akan terputus.

Karena itu listrik akan mengalir dan mesin pompa air akanstart.

Saat air mencapai levelhigh, maka dua pemberat tadi akan mulai mengambang danlevel switchakan kembali ke posisi semula dengan bantuan pegas.

Akibatnya kontakrelay A1-A2 akan terputus dan sebaliknya kontakrelay B1-B2 akan terhubung. Sehingga aliran listrik akan terputus dan mesin pompa air akan mati.

Untuk menambah pengetahuan yang sifatnya nice to knowsaja, di dalam istilah instrumentasi nama kontak A1-A2 dikenal sebagai Normally Open(NO) dan kontak B1-B2 dikenal sebagaiNormally Close(NC).

Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi anda semua dan silahkan beri masukan atau koreksi bila ada kekurangan atau kesalahan dalam artikel ini.

*****

Informasi jasa listrik dan lainnya bisa diakses dengan mudah menggunakan aplikasi IPD Belajasaku,bisa pilih lokasi terdekat.Bagi pengguna android bisa downlod aplikasinya klik logo di bawah ini

Tag: listrik

 
;
;

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer