7 Jurus Sukses Ujian - Bagian Ketiga

Ditulis oleh Administrator pada Minggu, 14 Februari 2016 | Dilihat 1377 kali
7 Jurus Sukses Ujian - Bagian Ketiga

 

Jurus Ketiga – Berlatih

Setelah berdoa sudah kita lakukan dan kendala mental sudah dipahami, maka inilah ikhtiarnya. Jurus ketiga ini adalah langkah dasar bagi pengembangan diri menuju kemampuan tahap lanjut. Tolong untuk memahami dan melakukannya dengan sungguh-sungguh bagian ini.

Simulasikan Ujiannya

Agar mencapai tingkat keberhasilan yang bagus saat ujian sesungguhnya, maka diperlukan latihan yang mendekati kondisi riil-nya.

Dua hal terpenting adalah :

  1. Biasakan dengan soal-soal yang diujikan
  2. Biasakan dengan durasi atau lamanya waktu ujian

Karena itu diperlukan suatu simulasi.

Buatlah simulasi ujian sebagai latihan yang terus menerus dan berulang sehingga anak akan sangat terbiasa dengan hal ini. Memang betul langkah ini adalah semacam try out seperti yang kita kenal. Tapi try out seperti ini sebaiknya dilakukan sendiri di rumah, dengan model seperti ujian sesungguhnya. Mudah dan murah, hanya perlu disiplin saja.

Apa Saja Yang Perlu Disiapkan

Agar bisa mendekati riilnya, maka persiapkan 2 hal ini :

  1. Buku kumpulan soal ujian tahun-tahun yang lalu. Akan lebih baik jika sampai 2-3 tahun kebelakang. Pastikan ada kunci jawaban yang tersedia. Perhatikan juga kesesuaian kurikulum dari pelajaran yang diujikan. Kemungkinan besar akan kemiripan soal dari tahun ke tahun. Semakin banyak buku kumpulannya akan semakin baik.
  2. Timer atau penunjuk waktu. Jika tidak ada, maka jam dinding atau penunjuk waktu yang lain bisa digunakan.

Alat tulis sudah pasti harus disiapkan. Selain itu sediakan kertas untuk jawaban dan corat-coret perhitungan jika ada. Akan sangat baik jika tersedia ruangan yang tanpa gangguan. Kondisi yang mendekati suasana ujian ingin diciptakan disini.

Bagaimana Metodenya

Metode untuk simulasinya dilakukan sebagai berikut :

  1. Pilih mata pelajaran yang ingin disimulasikan, misalnya Matematika
  2. Lihat waktu ujian untuk pelajaran Matematika tersebut, misalnya 120 menit.
  3. Setting timer untuk 90 Menit. Karena targetnya adalah ujian untuk pelajaran matematika harus sudah selesai dalam waktu 90 menit.
  4. Jika tidak ada timer, gunakan jam yang ada dan tentukan waktu mulai dan akhirnya.
  5. Jika waktu ujiannya ada yang 150 menit, maka setting waktu pengerjaan 120 menit. Intinya hanya gunakan waktu 75 – 80% dari waktu normal.
  6. Siapkan kertas kosong untuk lembar jawaban dan kertas lainnya untuk corat-coret hitungan.
  7. Selesai 90 menit, cocokan lembar jawaban dengan kunci jawabannya dan hitunglah nilai yang didapat.

Hal yang harus diperhatikan dalam melakukan simulasi ini :

  1. Kerjakan benar-benar serius selama 90 menit. Jangan sampai ada gangguan apapun, termasuk panggilan telepon. Kondisikan hal ini seperti waktu ujian sesungguhnya.
  2. Jangan mencoba melihat-lihat kunci jawaban atau melihat buku pelajaran. Tujuan simulasi tahap ini adalah untuk mengetahui kemampuan sesungguhnya dan berapa nilai yang didapat. Mengintip kunci jawaban akan membuat hasil simulasi tidak maksimal.

Mengapa Hanya 75-80% Dari Waktu Normal?

Ada selisih waktu sekitar 30 menit atau lebih dibandingkan dengan waktu ujian sebenarnya. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

  1. Dalam simulasi ini tidak menggunakan lembar jawaban seperti pada ujian sesungguhnya, yang biasanya harus membuat bulatan hitam dengan pensil B2. Karena itu waktu untuk mengisi lembar jawaban tidak dialokasikan disini.
  2. Antisipasi jika anak mengalami keterlambatan hadir karena kendala di perjalanan.
  3. Selisih waktu ini dapat menjadi keuntungan, dimana akan terdapat waktu yang lebih dari cukup untuk melakukan pemeriksaan akhir lembar jawaban dan melihat kembali soal-soal yang belum terjawab.
  4. Anak terbiasa dengan waktu yang lebih ketat.

Bolehkah “Menembak” Jawaban Pada Simulasi Ini?

Boleh saja, tapi setelah melihat jurus keenam. Pada langkah tersebut akan dibeberkan tips bagaimana “menembak” jawaban dengan lebih baik. Karena diakui atau tidak, dalam ujian yang menggunakan pilihan berganda, cara “menembak” ini adalah salah satu pilihan terakhir yang "biasanya" pernah dilakukan banyak orang. Oleh karena itu cara ini sebenarnya bisa dimaksimalkan untuk mendapat hasil yang lebih baik.

Evaluasi dan Pendalaman Materi

Setelah selesai simulasi, maka lakukanlah evaluasi sebagai berikut :

  1. Lakukan pendalaman materi untuk soal-soal yang tidak bisa dijawab atau kurang jelas.
  2. Lakukan pengembangan materi untuk soal-soal yang mungkin akan banyak variasi pertanyaannya.

Jika semua paket soal sudah pernah dikerjakan, maka ulangi terus sampai benar-benar terbiasa dan bahkan hafal dengan jawabannya tanpa banyak berpikir. Karena hal inilah yang sebetulnya diharapkan, yaitu terbiasa dengan soal ujian dan waktunya.

Kalau sudah merasa bosan dengan paket soal yang ada, cobalah mencari paket atau buku kumpulan soal lainnya. Mudah dan murah, hanya perlu disiplin saja.

Ini adalah langkah inti, tetapi jurus-jurus berikutnya akan memaksimalkan kemampuan yang didapat pada langkah ini. Apa saja yang perlu di asah sebelum ujian, simak tipsnya di "7 Jurus Sukses Ujian Nasional - Bagian Keempat"

Baca kembali "7 Jurus Sukses Ujian Nasional - Bagian Pertama"

 

Semoga bermanfaat,

Rubrik Freezpage

InfoPromoDiskon.com

Tag: info pendidikan

 
;
;

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer