7 Jurus Sukses Ujian - Bagian Kelima

Ditulis oleh Administrator pada Minggu, 14 Februari 2016 | Dilihat 1185 kali
7 Jurus Sukses Ujian - Bagian Kelima

 

Jurus Kelima – Kerjakan Soal Yang Mudah Terlebih Dahulu

Umumnya dalam lembar soal terdapat petunjuk mengenai cara mengisi jawaban dan biasanya ada pesan yang diselipkan “Kerjakan Soal Yang Mudah Terlebih Dahulu”.

Mungkin tidak banyak yang tahu bagaimana aplikasinya, karena menentukan mana soal yang mudah atau sulit sebetulnya tidaklah mudah. Kebanyakan para murid biasanya mengerjakan soal secara berurutan mulai dari nomor pertama sampai terakhir.

Mudah-mudahan jurus kelima ini bisa menjelaskan bagaimana pesan ini bisa diterapkan dan apa saja keuntungannya. Jadi, kita langsung saja ke metodenya.

Metodenya

Aplikasi jurus kelima ini memerlukan hal pokok sebagai dasar yaitu jurus ketiga yang dilakukan secara intensif. Tanpa hal tersebut, jurus ini tidak akan berfungsi dengan baik.

Metodenya sederhana saja, yaitu ketika melakukan simulasi yang kesekian kali, cobalah lakukan salah satu dari cara ini :

  1. Jika soalnya berupa hapalan, maka lihat semua soal secara keseluruhan dan identifikasi soal yang sudah tahu pasti jawabannya. Karena simulasi yang sudah berkali-kali dilakukan akan memberikan kemampuan hafal soal dan jawabannya. Lakukan dengan cepat nomor demi nomor soal.
  2. Jika soalnya merupakan campuran antara hitungan dan materi hapalan, maka lihat dulu soal yang berupa hapalan, siapa tahu ada soal yang mudah dijawab.
  3. Jika soalnya berupa hitungan, kalau merasa cukup sulit pada soal no.1, lewati saja ke nomor-nomor selanjutnya sampai menemukan soal yang dirasa lebih mudah. Tidak apa-apa jika ternyata baru ketemu di soal nomor 10 atau lebih. Jangan paksakan untuk memeras otak di menit-menit awal. Ibaratnya, lakukan pemanasan dulu dengan soal yang lebih mudah.

Keuntungannya

Jika melakukan hal ini maka pada beberapa menit awal, maka keuntungan yang bisa diperoleh :

  1. Beberapa soal sudah dijawab dengan mudah dan cepat.
  2. Beban mental bisa berkurang karena sudah bisa menjawab beberapa soal.
  3. Energi untuk berpikir bisa dihemat dan tentunya bisa dimaksimalkan dalam menghadapi soal yang lebih sulit.

Sebaliknya, bila proses berpikir sudah dipaksakan diawal, maka bisa jadi ada materi pelajaran yang kelupaan karena pikiran sudah terlanjur berat. Jika cara mengerjakan soal tersebut sesuai dengan urutan nomor soal, bisa saja soal nomor 1 dan 2 memang adalah salah satu soal yang tersulit.

Semoga langkah ini bisa memaknai pesan yang berupa “Kerjakan Soal Yang Mudah Terlebih Dahulu”, dan hasil yang lebih maksimal bisa tercapai. Ada beberapa trik jitu yang bisa dilakukan dalam mengerjakan ujian, simak tips selanjutnya di "7 Jurus Sukses Ujian Nasional - Bagian Keenam".

Baca kembali "7 Jurus Sukses Ujian Nasional - Bagian Pertama".

 

Selamat mencoba,

Rubrik Freezpage

InfoPromoDiskon.com

Tag: info pendidikan

 
;
;

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer