Ini Dia 5 Kunci Dalam Memberikan Diskon

Ditulis oleh Administrator2 pada Kamis, 15 Juni 2017 | Dilihat 1208 kali
Ini Dia 5 Kunci Dalam Memberikan Diskon

 

5 Tips Yang Harus Dikuasai Oleh Penjual dan Dimengerti Oleh Pembeli

Diskon? Wow, siapa yang tidak suka diskon? Dapat suatu produk dengan harga lebih murah, pasti siapapun tergiur mendengarnya. Seperti yang kita tahu, hampir setiap hari kita menjumpai promo di setiap pertokoan.

Sebab, bisa dikatakan hampir semua konsumen haus akan diskon. Berbagai macam event promosi yang menawarkan diskon di suatu pusat perbelanjaan, selalu penuh didatangi oleh konsumen yang ingin mendapatkan beragam jenis produk dengan harga terjangkau.

Fenomena inilah yang membuat para pelaku usaha beramai-ramai memberikan diskon kepada para konsumen.

Bagaimana pendapat anda tentang memberikan diskon untuk pelanggan? Strategi diskon adalah praktik bisnis yang umum dilakukan. Namun, sebuah penjualan yang baik pasti memiliki kemampuan untuk menarik pelanggan baru, dan mencapai target penjualan.

Bagaimana caranya? Berikut ini tips dan kunci beberapa strategi promosi, agar diskon anda terlihat menarikdi mata konsumen.

Beri Batasan Waktu

Diskon merupakan momen spesial yang paling ditunggu oleh para konsumen. Bahkan, banyak dari konsumen yang rela menunggu antrean panjang agar mendapatkan promo dari produk tersebut. Namun, apa alasan dari para konsumen rela antre panjang demi suatu produk?

Kuncinya adalah dengan memberi batasan waktu pada suatu produk yang sedang diskon. Wah promonya hanya 2 hari, Duh, hari ini hari terakhir promo.

Semakin singkat waktu diskon yang anda tawarkan kepada konsumen, maka semakin besar pula rasa penasaran para konsumen terhadap produk tersebut. Alasan inilah yang menjadi daya tarik bagi para konsumen untuk rela antre berjam-jam agar mendapatkan diskon yang jarang diberikan terhadap produk tersebut.

Gunakan Pengaruh Psikologi Harga

Jika anda berjalan-jalan di suatu pusat perbelanjaan seperti supermarket, anda mungkin bertanya-tanya di dalam benak, mengapa pihak penjual mengurangi Rp. 1,- dari suatu produk yang diperjualbelikan? Padahal selisih tersebut sangat kecil. Contohnya seperti apel yang dijual Rp. 9.999/ Kg.

Mengapa mereka tidak membulatkannya saja? Bukankah selisih harga yang ditawarkan hanya sedikit?

Jawabannya adalah Pengaruh Psikologis Harga. Ini merupakan strategi marketing yang dilatarbelakangi oleh efek psikologis konsumen terhadap barang yang akan dibelinya. Banyak retailer besar memanfaatkan apa yang disebut dengan konsep nomor 9 yang cukup menawan. Sehingga, tak heran jika anda berkunjung ke suatu pusat perbelanjaan, anda akan melihat harga produk yang ujungnya diakhiri dengan angka 0,79, 89, .99.

Banyak sekali produk yang menggunakan strategi ini, misalnya harga sebuah telepon genggam senilai Rp 10.000.000,-. Banyak konsumen akan berpikir ulang jika melihat harga itu. Namun, jika anda mengubah angkanya menjadi Rp. 9.999.999,-., banyak konsumen akan tertarik untuk melihatnya dan tidak menutup kemungkinan untuk langsung membelinya.

Inilah yang disebut psikolog dengan meninggalkan efek digit dimana konsumen cenderung fokus pada jumlah bukan pada pembulatannya. Mengapa nominal di ujung kiri begitu penting? Ini dikarenakan terlibatnya otak kita dalam mengodekan nilai-nilai numerik. Otak kita mengodekan nomor begitu cepat dan di luar kesadaran, sehingga saat konsumen melihat angka 10 dan 9, maka konsumen akan tertarik dengan angka 9 yang lebih murah.

Perusahaan/bisnis yang sukses, menggunakan harga psikologis ini untuk dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan yang didapat.

Beli X gratis Y

Beli satu gratis satu. Suatu kalimat yang biasanya kita baca di pusat perbelanjaan. Hanya dengan kata-kata gratis, konsumen jadi bersemangat untuk berbelanja. Penawaran beli satu gratis satu, merupakan cara yang cukup ampuh dalam menarik perhatian pelanggan.

Di dalam dunia pemasaran, konsep beli satu gratis satu ini juga dikenal sebagai BOGO (Buy One Get One), dimana cara ini sangat memengaruhi daya beli konsumen terhadap suatu produk. Selain gratis produk, anda juga bisa memberikan tawaran berupa free terdahap pengiriman produk atau biasanya dikenal dengan bebas ongkir.

Analisis & Persentasekan Minat Diskon

Analisis dan evaluasi adalah hal terpenting dalam mengetahui hasil dari suatu kebijakan yang telah kita laksanakan. Begitupun dengan pemasaran terhadap suatu produk. Menawarkan diskon berdasarkan persentase suatu produk adalah salah satu cara yang paling populer untuk memberikan insentif pembelian.

Diagram di atas merupakandata yang dikumpulkan oleh Hub Walletpada penawaran Black Friday tahun 2016. Dari diagram ini, anda bisa melihat kategori produk mana yang banyak didiskon sekaligus menunjukan produk yang paling diminati dan diharapkan konsumen.

Buat Event Diskon

Lebaran sebentar lagi, berpuasa dengan gembira. Lagu yang biasa terdengar di telinga kita setiap berkunjung ke pusat perbelanjaan, khususnya saat mendekati Hari Raya Idul Fitri. Momen-momen seperti ini harus anda manfaatkan selaku pihak yang ingin memikirkan cara-cara untuk mempertahankan minat pelanggan dan menjaga penjualan.

Sekali lagi, anda harus jeli untuk memanfaatkan momen-momen spesial seperti Hari Raya Idul Fitri, Tahun Baru Masehi, Natal, dan hari liburan lainnya untuk memanjakan konsumen dengan memberikan diskon besar-besaran.

Sebab, saat memasuki momen tersebut, minat konsumen untuk berbelanja semakin tinggi. Jadi, sebaiknya anda juga menyediakan event diskon terhadap produk-produk yang ada agar meningkatkan omset penjualan anda.

Itu merupakan kunci-kunci yang dapat anda gunakan untuk memberikan diskon terhadap konsumen anda. Jadi, terapkanlah, lalu lihat hasil dari tips yang diberikan.

*****

Rubrik Freezpage InfoPromoDiskon.com

 
;
;

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer