7 Kunci Belanja Pintar agar Bisa Lebih Hemat

Ditulis oleh Administrator2 pada Minggu, 23 Juli 2017 | Dilihat 1384 kali
7 Kunci Belanja Pintar agar Bisa Lebih Hemat

 

Pengeluaran Untuk Belanja 1 Bulan Sering Melebihi Anggaran?

Bagi karyawan, tidak dipungkiri jika tanggal gajian adalah salah satu tanggal yang paling ditunggu. Setiap tanggal 1 atau tanggal 25 tiba, ada keinginan untuk mengetahui apakah gaji bulanan sudah ditransfer.

Aktifitas belanja sudah rutin kita lakukan, baik itu untuk membeli barang-barang pokok dan menjadi kebutuhan sehari-hari atau hanya sekadar membeli barang yang tidak termasuk dalam kebutuhan utama.

Setiap keluarga pasti memiliki anggaran tertentu untuk membeli barang kebutuhan rumah tangga, termasuk anda. Namun, terkadang pengeluaran belanja bulanan itu lebih dari yang diperkirakan.

Perencanaan keuangan anda dipengaruhi 2 hal utama yaitu jumlah penghasilan dan pengeluaran anda.

Oleh karena itu, ada baiknya anda bisa selektif dalam berbelanja agar dapat menghemat pengeluaran anda. Apakah Anda masih bingung cara melakukannya? Apa ada tipsnya? Tentu, yuk, simak ulasannya!

Buat Daftar Belanja

Membuat daftar barang yang akan kita beli memang terlihat sepele. Akan tetapi, daftar belanja ini dapat membuat anda terfokus pada barang-barang yang paling dibutuhkan atau dalam kata lain sebagai kebutuhan prioritas utama.

Sebelum berbelanja, lakukan hal berikut :

  • Buatlah daftar belanja di secarik kertas atau di notes smartphone-mu.
  • Urutkan daftar belanjaan sesuai prioritas kebutuhan dalam rumah tangga anda, agar anda bisa menahan nafsu dalam berbelanja produk yang tidak terlalu dibutuhkan.
  • Cek stok yang masih ada di rumah untuk memperhitungkan berapa banyak jumlah yang ingin dibeli.

Dengan disiplin membuat daftar belanja, anda akan menghemat banyak barang karena bisa sekali belanja.

Dari daftar belanja yang anda buat akan menentukan anggaran belanja. Sehingga diketahui berapa jumlah uang akan digunakan untuk belanja bulan ini sekaligus membantu anda melakukan manajemen keuangan di dalam rumah tangga.

 

Belanja Sekaligus Aja

Saat anda berkunjung ke suatu pusat perbelanjaan untuk berbelanja bulanan, sebaiknya anda perlu untuk membeli barang dalam jumlah banyak sekaligus.

Apa tujuannya? Tujuannya agar barang-barang tersebut bisa digunakan dalam satu hingga dua bulan ke depan. Untungnya, jika anda membeli barang dalam jumlah besar (lusin atau kodi), anda akan lebih hemat daripada anda membeli barang dengan harga satuan (eceran).

Selain itu, jika anda berbelanja sekaligus, anda tidak perlu berulang-ulang kembali balik ke pusat perbelanjaan untuk berbelanja. Sehingga pengeluaran untuk transportasi dan parkir bisa dihemat.

Alhasil, andapun akan lebih mudah untuk berhemat dan menggunakan uang anda untuk keperluan lain.

Barangnya Dibayar Tunai

Selanjutnya, yang dapat dilakukan untuk menghemat pengeluaran dan menjadi konsumen belanja pintar adalah dengan menggunakan uang tunai. Kenapa harus uang tunai?

Sebab, saat anda membayar barang belanjaan dengan menggunakan uang tunai, anda akan lebih mudah mengontrol barang belanjaan anda dan akan berimbas pada penghematan keuangan.

Apa bedanya belanja dengan menggunakan kartu kredit? Saat anda menggunakan kartu kredit dalam bertransaksi, anda lebih sulit untuk mengontrol pengeluaran belanja bulanan.

Sebuah penelitian melaporkan bahwa orang cenderung lebih banyak mengeluarkan uang sekitar 20-50% ketika membayar dengan kartu kredit maupun debit karena anda seakan merasakan tidak membeli barang dengan uang tunai. Akibatnya, tidak merasakan adanya perasaan khawatir telah berbelanja banyak dan anda sulit menghemat pengeluaran anda.

 

Jangan Lupa Bawa Kartu Member

“Selamat, anda mendapatkan potongan harga dengan kartu member ini”. Biasanya, hampir di setiap pusat perbelanjaan, supermarket, maupun minimarket menyediakan kartu member buat pelanggan setianya. (Baca juga "10 Tawaran Diskon dan Cara Menghitungnya agar Belanja Semakin Untung")

Apa untungnya? Tentu saja ada. Beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan antara lain:

  • Menjadikan anda sebagai pembeli yang loyal dengan pusat perbelanjaan/ supermaket tersebut.
  • Diskon khusus pada produk tertentu maupun produk supermarket/ private label.
  • Mendapatkan poin yang nantinya bisa ditukar dan cashback

Dengan menggunakan member card pada setiap transasksi anda saat berbelanja di pusat perbelanjaan, maka anda telah menerapkan trik belanja pintar. Alhasil, anda pun dapat menghemat pengeluaran dan menggunakan uang tersebut untuk keperluan lainnya.

Ini Atau Itu?

“Ini atau itu ya? Kalau ini...” Kalimat ini sering dipikirkan saat kita hendak membeli suatu produk. Ya, pada dasarnya anda adalah orang yang sangat teliti membandingkan harga sebuah barang, khususnya barang kebutuhan pokok sehari-hari.

Membandingkan harga adalah satu hal mendasar agar anda tidak menyesal saat telah memutuskan untuk membeli suatu produk. Di sini, anda bisa mencari produk terbaik dengan harga terjangkau.

Dengan tekun membandingkan harga, maka anda dapat menghemat pengeluaran belanja bulanan dan anda berhasil menerapkan trik belanja pintar.

Makan Dulu Ya

Ingin berbelanja? Jangan lupa makan dulu ya. Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang belanja saat kelaparan cenderung akan memilih bahan belanjaan yang berlebihan.

Riset tersebut dilakukan oleh University of Minnesota's Carlson School of Management. Hasil dari studi yang dipimpin Alison Jing Xu tersebut mengungkapkan jika rasa lapar membuat anda cenderung lebih impulsif. Artinya, pergi ke pasar atau swalayan dengan perut kosong akan mendorong anda belanja produk secara berlebihan. (Baca juga "Nafsu Belanja Produk Makanan Berlebihan? Ikuti 6 Tips Ini")

Penelitian ini dilakukan pada sejumlah koresponden yang diminta untuk tidak makan setidaknya empat jam sebelum studi. Namun ada sebagian dari mereka yang diminta untuk melakukan mencoba kue dengan mata tertutup. Hasilnya sebanyak 70% dari peserta studi yang lapar mengambil barang-barang lebih banyak dari pada mereka yang sudah makan kue.

Nikmati Alunan Nada Musik

Cara terakhir ialah dengan mendengarkan musik saat anda berbelanja. Penelitian di University of Gothenburg menunjukkan, mendengarkan lagu favorit setiap hari bisa membuat kondisi psikologis menjadi jauh lebih baik. Uniknya lagi, menurut penelitian yang terdapat di jurnal Depression and Anxiety ini, terapi musik memiliki efek menenangkan.

Secara otomatis, hal ini dapat mengatasi nafsu belanja berlebihan anda saat di swalayan. Selain itu, berdasarkan studi Ronald Milan dalam Journal of Marketing dengan mendengarkan musik terutama musik jazz ketika berbelanja di supermaket, anda dapat mengontrol keinginan untuk belanja di luar kebutuhan.

*****

 
;
;

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer