MCB Sering Trip, Tambah Daya SOLUSINYA? Apa SEBABNYA?

Ditulis oleh Administrator2 pada Senin, 04 Mei 2020 | Dilihat 1242 kali
MCB Sering Trip, Tambah Daya SOLUSINYA? Apa SEBABNYA?

 

MCB Sering Trip, Tambah Daya SOLUSINYA? Apa SEBABNYA?

MCB (Miniature Circuit Breaker) atau biasa disebut dengan pengaman berfungsi sebagai pendeteksi dan pemutus aliran listrik bila terjadi gangguan seperti hubung singkat, beban lebih (overload) atau gangguan ke tanah (ground fault).

Baca juga:

MCB Sebagai Alat Proteksi Instalasi Listrik Tidak Wajib Dipasang

 

Apakah bila MCB di rumah sering trip atau jeglek tambah daya sebagai SOLUSINYA? Ini pertanyaan dan saran yang sering muncul pada masyarakat umumnya. Tidak selalu denga adanya trip ini tambah daya selalu sebagai pilihan terbaik. Mengapa demikian? Berikut ini adalah salah satu contoh kejadian dimana breaker di rumah sering jeglek.

 

Contoh Kasus

Listrik di rumah 900 watt. Sebelumnya mcb pln tidak trip ketika TV, magic com, pompa air dan komputer dipakai bersamaan. Itu berlangsung selama 3 tahun rumah ditempati. Tapi sekarang hanya menghidupkan komputer selama 10-20 menit MCB jadi trip, sedangkan menyalakan elektronik selain komputer MCB tidak trip. Penasaran dengan keadaan ini, saya beberapa kali menyalakan di rumah tetangga ternyata komputer normal-normal saja, bahkan di pos satpam komplek yang berdaya 450watt pun normal. Tolong beri solusinya ada apa sebenarnya dengan listrik yang di rumah?

 

Solusinya

Berikut ini adalah Analisa dari kejadian MCB sering jeglek. 

Meminjam istilah yang sering digunakan, kemungkinan besar MCB-nya sudah “lemah” sehingga mudah trip walaupun beban listriknya tidak terlalu besar.

Coba amati, apakah dengan menyalakan TV, magic com dan pompa air (tanpa komputer) MCB-nya tetap trip? Atau jika dicoba dengan peralatan listrik lain yang tidak terlalu besar juga mudah trip?

Jika memang mudah trip, kemungkinan memang MCB-nya sudah “lemah”. Bisa lapor PLN untuk diperiksa, karena kWh-meter adalah otoritas PLN untuk membukanya.

Baca juga:

Ada Masalah Dengan Listrik PLN? Ini Cara Pelaporannya

 

Tips Lainnya

Cara lainnya, coba nyalakan komputer tersebut pada stop kontak yang berbeda-beda di rumah, apakah hasilnya tetap trip? Jika tidak, kemungkinan ada masalah di salah satu jalur instalasi listrik rumah. Bisa lakukan pemeriksaan dengan bantuan instalatir yang kompeten.

 

Semoga penjelasan ini membantu buat teman-teman yang sedang mengalami kejadian MCB sering trip di rumah atau permasalahan yang serupa.

 

Salam hormat,

IPD-Team

BUTUH INFO JASA TERDEKATMU?

IPD Belajasaku Solusinya

DOWNLOAD APLIKASINYA KLIK LOGO DIBAWAH

DOWNLOAD SEKARANG JUGA,NIKMATI MUDAHNYA.

Tag: info pendidikan

 
;
;

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer