Allium Sativum, Si Putih yang Berkhasiat Bagi Tubuh

Ditulis oleh Administrator2 pada Rabu, 02 Agustus 2017 | Dilihat 886 kali
Allium Sativum, Si Putih yang Berkhasiat Bagi Tubuh

 

Makanan itu Adalah Obat Alami

Alam menyimpan begitu banyak khasiat dari apa yang telah dihasilkannya, sehingga jika kita menyadarinya maka kita akan mendapatkan manfaat dari khasiat tersebut.

Begitu banyak bahan disekitar kita yang bisa dimanfaatkan sebagai penyembuh penyakit seperti buah, bahkan bahan-bahan bumbu dapur, seperti jeruk nipis, dan bawang putih.

Seorang dokter Yunani Kuno pernah mengatakan, “Biarkan makanan menjadi obatmu dan obat-obatan menjadi makananmu”.

Ungkapan ini ternyata sangat tepat untuk menggambarkan manfaat bawang putih yang sering menjadi bumbu penyedap makanan yang kita konsumsi sekaligus bisa menjadi obat bagi tubuh kita.

Apa sebenarnya yang terkandung di dalam bawang putih? Lalu apa saja fungsi dari kandungan tersebut sehingga bisa menjadi obat bagi tubuh kita? Berikut adalah beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan manusia:

 

Sebagai Antibiotik Alami

Tahukah anda, bahwa bawang putih ternyata lebih aktif ketimbang antibiotik?

Berdasarkan penelitian dari Washington University, ditemukan bahwa bawang putih 100 kali lebih efektif dalam mengobati infeksi bakteri dibanding antibiotik, dimana bawang ini sejak dulu memang berguna sebagai penyedap rasa sekaligus bahan obat tradisional.

Apa kandungan yang terdapat di dalam bawang putih? Bawang putih diketahui memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi, yang berguna mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Selain itu, bawang putih juga berfungsi memperkuat respon kekebalan tubuh yang berfungsi sebagai antibiotik sejati karena dapat membunuh mikro-organisme yang menyerang.

Bawang putih juga dikenal efektif melawan berbagai macam bakteri-bakteri resisten seperti Staphylococcus dan Salmonella.

Mencegah Flu

Begitu anda merasakan bahwa hidung anda terkena flu, sebaiknya anda jangan langsung mengonsumsi obat-obatan kimia. Segera pergi ke dapur, lalu ambilah bawang putih.

Zat yang terkandung dalam bawang putih dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh sehingga menghindarkan kita dari serangan batuk, pilek, serta infeksi. Tahukah anda, jika anda mengonsumsi bawang putih maka anda dapat mengurangi flu dengan peluang sebanyak 70 persen.

Selain itu, kandungan minyak yang terdapat di bawang putih dapat membuka saluran pernapasan dan membuat anda merasa lega.

Apa dimakan mentah? Bisa saja. Namun, berikut beberapa cara lain untuk memanfaatkan bawang putih untuk menyembuhkan flu:

  1. Setelah sarapan, telanlah satu siung kecil bawang putih karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda, sehingga mengurangi flu dan batuk.
  2. Letakkan 3-4 siung bawang putih cincang dalam segelas air. Aduk rata, dan segera minum. (Baca juga artikel "Kapan Anda Harus Minum Air? Lihat Indikator Ini")
  3. Cincang 3-4 siung bawang putih, tambah madu/ minyak zaitun/ mentega cair yang dipanaskan, lalu tambahkan ke dalam makanan anda.
  4. Masukkan beberapa siung bawang putih ke dalam teflon yang telah diisi dengan sedikit minyak wijen. Lalu, masukkan ke dalam botol yang siap anda keluarkan jika suatu waktu terserang flu.

 

Mengobati Sakit Gigi

“Daripada sakit hati, lebih baik sakit gigi ini, biar tak mengapa...” Jika mendengar sakit gigi, entah kenapa lagu ini biasanya terlintas di kepala kita. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa sakit gigi memang menyebalkan.

Rasa nyeri yang dialami oleh gigi kadang membuat kepala juga merasakan pusing sehingga dapat mengganggu aktivitas keseharian kita. Oleh sebab itu, kita harus mencari cara yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi, dari cara modern hingga tradisional.

Salah satu cara tradisional yang biasa digunakan adalah menggunakan bawang putih karena bawang merupakan obat tradisional yang bersifat anti-inflamasi. 

Berikut cara mengobati sakit gigi dengan bawang putih:

  1. Ulek dua siung bawang putih, 1 siung cengkeh, dan 1 sdt garam.
  2. Setelah menyatu, tempelkan ramuan tersebut pada bagian yang sakit ± 30 menit.
  3. Ulangi terus perlakuan tersebut dan rasakan khasiatnya.

Menurunkan Tekanan Darah/ Hipertensi

Salah satu pemicu paling utama dari serangan jantung dan stroke adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Dengan mengonsumsi bawang putih, anda dapat menurunkan tekanan darah anda.

Bahkan, tahukah anda bahwa bawang putih seberat 600-1.500 mg sama efektifnya dengan obat atenolol yang mampu mengurangi tekanan darah selama 24 minggu?

Silahkan konsumsi bawang putih dan rasakan khasiatnya.

Menurunkan Gula Darah

Bagi penderita diabetes, pada umumnya pasien memiliki batasan makanan dan minuman yang harus dikontrol. Sebab, kadar makanan dan minuman ini berkaitan dengan berbagai asupan yang bisa menaikan gula darah pada tubuh.

Tahukah anda bahwa bawang putih bisa menurunkan kadar trigliserida pada tubuh dan kadar tinggi glukosa dalam darah? Bawang putih mengandung berbagai kandungan seperti allicin yang bisa mencegah kadar gula darah meningkat.

Mengurangi Penyakit Reumatik

Permasalahan sendi dan juga otot yang biasanya diderita oleh masyarakat umum adalah reumatik, dimana anda akan merasakan nyeri atau pegal-pegal pada anggota gerak.

Dengan mengonsumsi bawang putih, maka anda bisa mengurangi sakit karena reumatik anda. Bagaimana caranya? Cukup konsumsi secara rutin bawang putih tersebut dalam pengolahan apapun, karena bawang putih mengandung bahan seperti natrium dan zink yang penting untuk syaraf, otot, dan juga sendi.

Mempertahankan Stamina dan Kekuatan Tulang

Bagi anda yang mudah lelah atau letih setelah beraktivitas seharian, bawang putih bisa menjadi penguat stamina secara alami. Kandungan protein pada bawang putih dapat menjadi sumber stamina pada tubuh.

Khasiat lain dari bawang putih, yakni dapat membantu dalam meningkatkan kepadatan tulang pada pasien yang menderita penyempitan dan pengerasan pembuluh darah.

Selain itu, bagi wanita, mengonsumsi bawang putih dapat meningkatkan kesehatan tulang yang menurun karena berkurangnya hormon estrogen seiring bertambahnya usia.

 

Obat Anti Penuaan

Bawang putih memiliki khasiat tersendiri pada kulit khususnya sebagai obat anti penuaan. Dengan cara mengonsumsi secara rutin maka bawang putih bisa menutrisi kulit anda dan mencegah penuaan. Sebab, di dalam bawang p0utih terkandung vitamin C dan B1 yang bagus untuk peremajaan kulit anda.

Membersihkan Kotoran Telinga

Telinga memang bagian tubuh yang cukup sulit untuk dibersihkan, karena telinga memiliki organ yang tersusun sangat rapat dan juga rentan rusak.

Di China, banyak literatur pengobatan tradisional yang menggunakan bawang putih sebagai pembersih telinga. Bawang putih yang mengandung zat fosfor ternyata bisa membantu membersihkan kuman dan bakteri di telinga.

Bagimana caranya? Pertama kupas bawang putih sampai bersih, setelah itu pilih umbi bawang bagian tengahnya yang warnanya lebih kuning dibanding bagian luarnya. Lalu, tempel irisan tersebut ke lubang telinga.

Buat ukurannya sesuai agar tidak masuk ke telinga. Setelah itu, diamkan sampai pagi lalu rasakan hasilnya dimana telinga anda terasa lebih bersih dan lembut.

Sebagai tips, sebaiknya gunakan bawang putih organik untuk menghindari pestisida pada bawang putih yang tidak organik.

 

Demikian beberapa diantara manfaat dari bawang putih. Semoga bermanfaat dan membantu memulihkan kesehatan anda dan keluarga.

Silahkan bagikan karena mungkin saja ada yang memerlukan informasi ini.

*****

 
;
;

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer